Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial
Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang dilakukan antara Universitas

Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat diharapkan akan segera mewujudkan upaya pencetakan sarjana ulama zaman now dan mengangkat marwah santri bermartabat.

Rektor Universitas Indonesia Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Mahmud mengatakan, saat ini keberadaan sarjana ulama zaman now yang berasal dari santri, lulusan pondok pesantren di tengah masyarakat sangat dibutuhkan.

”Karena mereka (sarjana ulama zaman now) menggunakan teknologi dalam melakukan dakwahnya,

” kata Mahmud, saat pembukaan Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan PBSB Dalam Negeri Provinsi Jawa Barat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Hotel Mutiara Bandung, belum lama ini.

Dia mengaku, saat ini tahapan untuk mencetak ulama zaman now terus ditingkatkan dan ditempuh prosesnya. Sebab menurutnya, konsep ini tidak hanya untuk mencetak kiai dan ulama biasa, tapi bertujuan untuk membentuk, mengkader dan menghasilkan kiai, ulama yang benar-benar memahami ilmu agama dan melek dengan perkembangan zaman dan teknologi.

”Oleh karena itu, kami sebut sebagai sarjana ulama zaman now. Salah satu cara menyiapkannya, ya melalui PBSB ini,” paparnya.

Menurutnya, saat ini santri tidak lagi sulit untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi.

Sebab, Kementerian Agama sudah memfasilitasi pendidikan para santri hingga kejenjang yang lebih tinggi.

”Santri merupakan generasi unggulan yang sangat lengkap, baik dari segi keilmuan dan yang terpenting segi akhlak dan akidah sehingga kecerdasan emotional dan spiritual dapat menciptakan generasi terbaik,” ujarnya.

Dengan adanya lulusan PBSB di UIN, lanjutnya, maka Mahmud bertekad jika UIN mendukung penuh lahirnya ulama milenial dengan membuat program khusus bagi mahasiswa yang berasal dari Program PBSB ini.

”Ulama Milenial yang saya maksud adalah para calon ulama ini selain menempuh pendidikan, mereka akan difasilitasi oleh UIN untuk berceramah serta membimbing masyarakat setempat. Sehingga apa yang dipelajarinya dapat langsung dipraktekkan ilmunya kepada masyarakat,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/comment/view/827/0/227587

You might be interested in …

Pahlawan Perempuan Dari Aceh

Pahlawan Perempuan Dari Aceh

Pendidikan

Pahlawan Perempuan Dari Aceh Tidak diketahui apa sebab nama tokoh wanita Yang rela berkorban nyawa demi kemerdekaan Nusantara ini seolah seperti hilang tertelan bumi. Bisa dibilang meskipun nama besarnya boleh sejajar dengan Pahlawan Nasional macam Tjut Nyak Dhien, tetapi tidak banyak orang yang mengetahuinya. Padahal dengan tinta emas, nama Laksamana Malahayati adalah perempuan pertama di […]

Read More
Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Pendidikan

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa […]

Read More
Pemeringkat Efek

Pemeringkat Efek

Pendidikan

Pemeringkat Efek Kegiatan pemeringkat Efek menurut Penjelasan Pasal 43 Peraturan Pemerintah 45 tahun tentang Penyelenggaraan Kegiatan di Bidang Pasar Modal sebagaimana diubah dengan Peratruan Pemerirntah Nomor 12 tahun 2004 adalah kegiatan membuat penilaian mengenai kualitas atas suatu Efek dalam bentuk kode yang dibakukan. Perusahaan Investasi yang melakukan kegiatan sebagai pemeringkat Efek harus berbentuk perseroan dengan […]

Read More