Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial
Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang dilakukan antara Universitas

Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat diharapkan akan segera mewujudkan upaya pencetakan sarjana ulama zaman now dan mengangkat marwah santri bermartabat.

Rektor Universitas Indonesia Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati Bandung, Prof Mahmud mengatakan, saat ini keberadaan sarjana ulama zaman now yang berasal dari santri, lulusan pondok pesantren di tengah masyarakat sangat dibutuhkan.

”Karena mereka (sarjana ulama zaman now) menggunakan teknologi dalam melakukan dakwahnya,

” kata Mahmud, saat pembukaan Kegiatan Rapat Koordinasi Persiapan PBSB Dalam Negeri Provinsi Jawa Barat Tingkat Provinsi Jawa Barat Tahun 2019, di Hotel Mutiara Bandung, belum lama ini.

Dia mengaku, saat ini tahapan untuk mencetak ulama zaman now terus ditingkatkan dan ditempuh prosesnya. Sebab menurutnya, konsep ini tidak hanya untuk mencetak kiai dan ulama biasa, tapi bertujuan untuk membentuk, mengkader dan menghasilkan kiai, ulama yang benar-benar memahami ilmu agama dan melek dengan perkembangan zaman dan teknologi.

”Oleh karena itu, kami sebut sebagai sarjana ulama zaman now. Salah satu cara menyiapkannya, ya melalui PBSB ini,” paparnya.

Menurutnya, saat ini santri tidak lagi sulit untuk mendapatkan pendidikan yang tinggi.

Sebab, Kementerian Agama sudah memfasilitasi pendidikan para santri hingga kejenjang yang lebih tinggi.

”Santri merupakan generasi unggulan yang sangat lengkap, baik dari segi keilmuan dan yang terpenting segi akhlak dan akidah sehingga kecerdasan emotional dan spiritual dapat menciptakan generasi terbaik,” ujarnya.

Dengan adanya lulusan PBSB di UIN, lanjutnya, maka Mahmud bertekad jika UIN mendukung penuh lahirnya ulama milenial dengan membuat program khusus bagi mahasiswa yang berasal dari Program PBSB ini.

”Ulama Milenial yang saya maksud adalah para calon ulama ini selain menempuh pendidikan, mereka akan difasilitasi oleh UIN untuk berceramah serta membimbing masyarakat setempat. Sehingga apa yang dipelajarinya dapat langsung dipraktekkan ilmunya kepada masyarakat,” ungkapnya.

 

Sumber :

https://ejournal.unitomo.ac.id/index.php/jsk/comment/view/827/0/227587

You might be interested in …

Inovasi Kota Bogor Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Inovasi Kota Bogor Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik

Pendidikan

Inovasi Kota Bogor Masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik   Dua inovasi Pemerintah Kota Dua inovasi Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor yang masuk TOP 99 Inovasi Pelayanan Publik Tahun 2018 menurut Wali Kota Bogor Bima Arya pada intinya adalah memberikan ruang kepada para staf untuk berkreasi dan berinovasi. Yakni mulai dari kepala dinas hingga staf dibawahnya, […]

Read More

 Kerajaan Islam di Aceh

Pendidikan

 Kerajaan Islam di Aceh       Kerajaan Samudra Pasai Kerajaan Islam pertama di Indonesia adalah kerajaan Samudra Pasai, yang didirikan pada abad ke-10 M dengan raja pertamanya Malik Ibrahim bin Mahdum. Yang kedua bernama Al-Malik Al-Shaleh dan yang terakhir bernama Al-Malik Sabar Syah (tahun 1444 M/ abad ke-15 H).[22] Pada tahun 1345, Ibnu Batutah dari Maroko sempat singgah […]

Read More
Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata

Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata

Pendidikan

Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata     Pemerintah berjanji untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat. Pemerintah juga berkomitmen memberikan pendidikan secara merata di seluruh Indonesia. Berkaitan janji tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi Provinsi Bengkulu. Puan mengawali dengan mengunjungi SD Negeri 61 dan PAUD Melati […]

Read More