Mekanisme Pelaporan

Mekanisme Pelaporan

Berdasarkan lingkup sasaran kegiatan, terdapat dua jenis laporan hasil supervisi yang disusun pengawas sekolah yaitu:
a.   Setiap pengawas  sekolah membuat laporan per sekolah binaan dan seluruh sekolah binaan. Laporan ini lebih ditekankan kepada pencapaian tujuan dari setiap butir kegiatan supervisi yang telah dilaksanakan pada setiap sekolah binaan.
b.   Laporan   hasil -hasil supervisi di semua sekolah binaannya sebanyak laporan untuk semua sekolah binaan dengan sistematika yang telah ditetapkan. Laporan ini lebih merupakan informasi komprehensif tentang keterlaksanaan, hasil yang dicapai, serta kendala yang dihadapi oleh pengawas yang bersang kutan dalam melaksanakan tugas pokok pada semua sekolah binaan.
c.   Setiap pengawas Sekolah membuat laporan per sekolah dan seluruh sekolah binaan diserahkan kepada koordinator pengawas (KORWAS) atau ketua kelompok kerja pengawas Sekolah (KKPS) setiap jenjang pendidikan.  Laporan secara lengkap, kemudian menyampaikan laporannya kepada Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten/Kota.
d.  Penulisan laporan supervisi harus lengkap, dengan data yang akurat, komunikatif dan mudah dipahami, penyajiannya menarik, dan enak dibaca.

C. Kesimpulan

Dari uraian di atas, dapat kami simpulkan beberapa hal sebagai berikut:
1.  Pengawas sekolah adalah Pegawai Negeri Sipil yang diberi tugas, tanggungjawab, dan wewenang secara penuh oleh pejabat yang berwenang untuk melakukan pengawasan pendidikan di sekolah dengan melaksanakan penilaiandan pembinaandari segi teknis pendidikan dan administrasipada satuan pendidikan prasekolah, dasar, dan menengah.
2.  Supervisi akademik adalah suatu upaya bantuan secara kontinu yang diberikan oleh pengawas atau supervisor kepada para guru baik secara individual maupun secara kolektif agar guru dapat mengembangkan kegiatan belajar mengajar yang kondusif dan efektif untuk mencapai tujuan pendidikan.
3. Supervisi manajerial adalah kegiatan supervisi yang dilakukan untuk memberikan bantuan kepada kepala sekolah dan seluruh staf yang berkaitan dengan aspek-apek pengelolaan sekolah yang dimulai dengan perencanaan, pelaksanaan, penilaian, koordinasi dan pengembangan sumber daya tenaga pendidik dan kependidikan serta sumber daya lainnya yang dimiliki sekolah sehingga dapat berjalan secara efektif dan efisien untuk mencapai tujuan pendidikan.
4.  Penilaian supervise akademik adalah Supervisor melakukan penilaian atas kinerja guru dalam kegiatan pembelajaran, misalnya apakah instrument rencana kegiatan pembelajaran yang disusun oleh guru telah memenuhi kriteria perumusan perencanaan yang sesuai dengan ketentuan BSNP atau tidak, melaksanakan kegiatan pembelajaran terkini sesuai dengan perkembangan ilmu pengetahuan dan tekhnologi atau tidak, serta menilai hasil pembelajaran dan lain-lain sebagainya.
5.Penilaian supervisi manajerial   adalah kegiatan evaluasi supervisor yang meliputi pemantauan, pengawasan dan pembinaan secara umum terhadap kepala sekolah dan seluruh elemen sekolah, yang berkaitan dengan pengelolaan, pengadministrasian dan pelaksanaan seluruh aktivitas sekolah.
6.  Pengawas dan guru harus membangun kolegalitas yang harmonis untuk meningkatkan professional guru agar penyelenggaraan pendidikan, terutama kegiatan pembelajaran dapat berlangsung secara efektif dan efisien dan terinovasi secara berkelanjutan sehingga terwjudnya tujuan pendidikan yang berkualitas.
sumber :

You might be interested in …

AKUNTANSI KOMPARATIF

AKUNTANSI KOMPARATIF

Pendidikan

AKUNTANSI KOMPARATIF AKUNTANSI KOMPARATIF Standar Akuntansi dan Penentuan Standar Standar akuntansi dapat dikatakan sebagai pedoman umum penyusunan laporan keuangan yang merupakan pernyataan resmi tentang masalah akuntansi tertentu yang dikeluarkan oleh badan berwenang dan berlaku dalam lingkungan tertentu. Standar akuntansi biasanya terdiri dari: deskripsi tentang masalah yang dihadapi diskusi logis atau cara memecahkan masalah terkait dengan […]

Read More

 Kurikulum Bidang Studi

Pendidikan

 Kurikulum Bidang Studi Sebagian ahli berpandangan bahwa kurikulum bidang studi (broadfield curriculum) ini termasuk kedalam jenis kurikulum berkolerasi. Pandangan ini ada benarnya, karena bidang studi (broadfield) sudah merupakan perpaduan atau fusi sejumlah mata pelajaran sejenis, yang memiliki ciri-ciri yang sama. Batas-batas mata pelajaran yang telah berpadu tersebut sesungguhnya sudah tidak terlihat lagi. Ciri-ciri umum dari kurikulum […]

Read More
Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata

Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata

Pendidikan

Pemerintah Janji Berikan Pendidikan Berkualitas dan Merata     Pemerintah berjanji untuk memberikan pendidikan berkualitas kepada seluruh masyarakat. Pemerintah juga berkomitmen memberikan pendidikan secara merata di seluruh Indonesia. Berkaitan janji tersebut Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Puan Maharani mengunjungi Provinsi Bengkulu. Puan mengawali dengan mengunjungi SD Negeri 61 dan PAUD Melati […]

Read More