Manfaat Menkonsumsi Bone Broth (Kaldu dari Tulang) bagi kesehatan

Manfaat Menkonsumsi Bone Broth (Kaldu dari Tulang) bagi kesehatan

Manfaat Menkonsumsi Bone Broth (Kaldu dari Tulang) bagi kesehatanManfaat Menkonsumsi Bone Broth (Kaldu dari Tulang) bagi kesehatan

Bone broth mengandung kolagen, sebuah protein yang ditemukan jaringan ikat pada hewan vertebrata, banyak terdapat pada tulang, sum-sum, tulang rawan, otot, dan ikatan sendi tulang (ligamen).

Manfaat Menkonsumsi Bone Broth (Kaldu dari Tulang) bagi kesehatan. Bone broth mengandung kolagen, sebuah protein yang ditemukan jaringan ikat pada hewan vertebrata
Sebuah studi yang dilakukan oleh University of Nebraska Medical Center mengenai chicken broth menemukan bahwa asam amino yang diproduksi ketika membuat chicken broth dapat mengurangi radang pada sistem pernapasan dan meningkatkan pencernaan. Gelatin dalam bone broth bisa menyembuhkan usus yang lemah (leaky gut), dimana keuntungan spesifiknya yaitu mencegah radang dan autoimmune disorders. Senyawa ini juga mengurangi nyeri sendi, radang, mencegah hilangnya tulang (bone loss), dan membuat kulit, rambut, dan kuku yang sehat.

Manfaat Bone Broth (Kaldu dari Tulang)

Kalsium, magnesium, dan fosfor membantu pertumbuhan sel-sel tulang.
Dapat Membantu penyembuhan influensa, pilek dan batuk. Meminum kaldu ini pada saat flu dapat mengurangi produksi sel darah putih yang menyebabkan gejala flu.
Lemak yang ada pada tulang menyembuhkan kebocoran usus, yang adalah suatu keadaan dimana penceraan terganggu karena berkembangnya jamur candida secara berlebihan. Kaldu ini baik untuk menyempurnakan sistem penceranaan.
Dapat Mengurangi sakit sendi dan inflamasi. Glukosamin yang terdapat pada tulang merangsang pertumbuhan kolagen yang membantu mengurangi sakit dan memperbaiki persendian.
Kolagen dan gelatin dari tulang dalam kaldu ini menyehatkan kulit dan menguatkan pertumbuhan rambut dan kuku.
Mengandung amino acid yang membuat tidur lebih nyenyak dan tenang.
Mengandung anti-inflamatory amino acids glycine dan proline.
Mengandung banyak nutrisi dan mineral yang diekstrak dari tulang dan tendon, jauh lebih kaya daripada mengkonsumsi suplemen vitamin.
Melawan inflamasi dalam tubuh.

Resep Bone Broth (Kaldu dari Tulang)
Bahan : 2 buah ayam organik utuh (potong seperti biasa, minta penjual pasar potong2 bagiannya), wortel organik 2 biji, bawang putih 4 biji geprek, 1 bawang bombay, cengkeh 2 sdt, star anis 3 biji, pala utuh 1 biji belah dua, air amidis yang banyak (lupa berapa liter, pokoknya sampai memenuhi panci besarku, kira2 5 cm dari permukaan)

Cara membuat :
Siapkan air dipanci.
Kemudian Masukkan semua bahan tadi ke air tersebut.
Nyalakan api kompor.
Diamkan kira-kira 3 jam, lalu ambil dulu ayamnya menggunakan saringan, pisahkan daging dari tulangnya, masukkan daging tadi ke dalam tupperware, tulang kembali dimasukkan ke dalam panci untuk meneruskan proses pemasakan. Daging suwir-suwir tadi masukkan ke freezer, bisa untuk dibuat sop bersama bone broth/ soto/ dll
Lanjutkan proses pemasakan sampai 12 jam berikutnya Hal yang perlu diingat pastikan ketersediaan air didalam panci, bahaya air sedikit bisa gosong. Kalau mau menambahkan air, wajib air yang sudah panas (didihkan dulu dipanci terpisah) biar waktu pembuatan bone broth ga mulur mulur lagi.
Setelah proses memasak selesai. matikan api. Bone broth yang sudah disaring masukkan ke tupperware untuk sekali buat sop/ porsi sekali untuk diminum, simpan dalam freezer.

 

Sumber: https://robinschone.com/facebook-tampilkan-logo-untuk-kenali-sumber-artikel/

You might be interested in …

Plate Orifice

Plate Orifice

Pendidikan, Umum

Plate Orifice Pengertian plate orifice Orifice merupakan salah satu komponen dari perangkat primer (primary device) untuk mengukur aliran dengan menggunakan prinsip mengubah kecepatan aliran, riilnya yaitu mengubah luasan yang dilalui aliran fluida tersebut (orifice). Orifice adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran volum atau massa fluida di dalam saluran yang tertutup (pipa) […]

Read More
Fakta Bahaya Mengorek Kuping

Fakta Bahaya Mengorek Kuping

Umum

Fakta Bahaya Mengorek Kuping Banyak orang beranggapan Korek Kuping itu untuk membersihkan telinga dari kotoran, Tapi sebenernya korek kuping itu justru Berbahaya. Kenapa? Bukannya korek kuping itu membersihkan telinga? Iya memang betul. Korek kuping akan membuat kuping kita Benar-benar bersih. Tetapi jangan salah, Telinga kita adalah bagian tubuh yang terdiri dari berbagai saraf yang rumit. […]

Read More
Manfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya

Umum

Manfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya Daun kelor telah sering digunakan untuk ritual atau bahan tradisional. Namun, secara ilmiah, manfaat daun kelor juga telah dipelajari secara luas. Daun ini, juga dikenal sebagai Moringa oleifera, diyakini membantu menjaga kadar gula darah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor sama baiknya. Menurut […]

Read More