Manfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya

Manfaat Daun Kelor Beserta Cara PengolahannyaManfaat Daun Kelor Beserta Cara Pengolahannya

Daun kelor telah sering digunakan untuk ritual atau bahan tradisional. Namun, secara ilmiah, manfaat daun kelor juga telah dipelajari secara luas. Daun ini, juga dikenal sebagai Moringa oleifera, diyakini membantu menjaga kadar gula darah dan memiliki kandungan antioksidan yang tinggi. Selain itu, kandungan nutrisi daun kelor sama baiknya.

Menurut laporan Organisasi Kesehatan Dunia, konsumsi daun kelor oleifera membantu perkembangan tubuh manusia dan telah menjadi bahan obat tradisional untuk pengobatan berbagai penyakit.

Daun kelor kaya akan vitamin A, vitamin B1 (tiamin), vitamin B2 (riboflavin), vitamin B3 (niasin), vitamin B6 dan vitamin C, mineral dan senyawa tanaman bermanfaat lainnya.
Selain itu, kandungan polifenol dalam daun kelor memiliki sifat anti kanker, yang dapat mengurangi risiko penyakit jantung dan diabetes.

Daun kelor dapat dimakan mentah, diolah menjadi teh, dan menjadi sayuran bening. Daun kelor juga mengandung bahan-bahan penting lainnya, seperti kalsium, kalium, zat besi, magnesium, fosfor, dan seng, serta memiliki kalori rendah.

WHO menyebut daun kelornya pohon ajaib karena khasiatnya. Semua senyawa ini diperlukan untuk kesehatan yang baik. Daun kelor yang bergizi, membuat manfaat tanaman ini selalu menarik bagi pecinta herbal.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan jelajahi lebih lanjut manfaat kesehatan dari daun kelor di bawah ini.

Manfaat daun kelor untuk Kesehatan
Sebagai bahan yang sering digunakan dalam pengobatan tradisional, manfaat kesehatan dari daun kelor tidak mitos. Beberapa penelitian mengatakan bahwa daun ini dapat memberikan berbagai manfaat kesehatan, seperti:

1. Memberi Nutrisi untuk Tubuh

Daun kelor bisa dikatakan sebagai sumber vitamin dan sumber mineral yang baik. Dalam sekitar 20 gram daun kelor yang diiris tipis, mereka mengandung nutrisi berikut:
• Protein: 2g
• Vitamin B6: 19% dari asupan harian yang direkomendasikan
• Vitamin C: 12% dari asupan harian yang direkomendasikan
• Zat besi: 11% dari asupan harian yang direkomendasikan
• Riboflavin (vitamin B2): 11% dari asupan harian yang direkomendasikan
• Vitamin A: 9% dari asupan harian yang direkomendasikan
• Magnesium: 8% dari konsumsi harian yang direkomendasikan
Selain mengurangi stres, kandungan asam amino dalam daun kelor juga memainkan peran penting dalam menjaga sistem pencernaan manusia. Nutrisi dalam daun kelor dapat secara efektif memperbaiki kerusakan pada jaringan manusia dan proses pertumbuhan.
Konsumsi daun kelor secara teratur, Anda akan memiliki sistem kekebalan tubuh yang kuat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit.

2. Mengandung Banyak Antioksidan
Daun kelor memiliki sifat antioksidan dan dapat melindungi tubuh dari serangan radikal bebas. Sifat antioksidan yang tinggi dapat meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga menahan berbagai penyakit seperti penyakit kronis. Antioksidan berperan dalam melindungi tubuh dari radikal bebas. Tingkat radikal bebas yang tinggi meningkatkan risiko berbagai penyakit seperti diabetes tipe 2.

3. Dapat Menurunkan Kadar Gula Darah
Dikatakan bahwa daun kelor juga membantu menurunkan kadar gula darah. Sayangnya, beberapa penelitian telah menunjukkan manfaat daun kelor dalam hal ini. Karena kandungan insulin alami pada daun Moringa oleifera, itu dianggap mampu mengatasi diabetes. Makan daun kelor dapat mencegah diabetes dan menurunkan kadar gula darah agar tetap stabil.

4. Bisa Membantu Meredakan Peradangan
Mengonsumsi daun kelor dapat mengurangi peradangan di tubuh. Daun kelor mengandung isothiocyanate, yang merupakan obat anti-inflamasi. Karena itu, diyakini bahwa tanaman ini membantu meringankan peradangan yang terjadi di dalam tubuh.

5. Menurunkan Kolesterol
Manfaat selanjutnya dari mengonsumsi daun kelor oleifera adalah mengurangi kadar kolesterol jahat (LDL). Kandungan glikosida thiocarbamate dan nitril dalam daun kelor oleifera juga dapat menurunkan tekanan darah. Manfaat daun kelor diketahui membantu menurunkan kolesterol, menjadikannya tujuan bagi banyak orang. Pada daun kelor, efek penurun kolesterol mirip dengan almond dan gandum.

6. Melindungi Tubuh dari Keracunan Arsen
Dalam penelitian pada hewan-hewan laboratorium, daun kelor oleifera dikatakan melindungi tubuh manusia dari keracunan arsenik, yang jarang memasuki tubuh manusia karena polusi makanan dan air.

7. Membantu Mengatasi Kanker
Manfaat lain daun kelor adalah kemampuannya untuk memperlambat pertumbuhan sel kanker. Ini membuat daun kelor juga membantu kemoterapi lebih efektif.

8. Bantu Tingkatkan Daya Ingat
Kandungan antioksidan dan bahan kimia yang terkandung dalam daun kelor diyakini dapat menghilangkan stres dan peradangan di otak. Ini sangat berguna untuk meningkatkan memori.

9. Baik Untuk Kesehatan Jantung
Ekstrak daun kelor oleifera dikenal sebagai jenis penyakit jantung yang dapat mengatasi dislipidemia karena meningkatnya kadar kolesterol dan trigliserida dalam tubuh.

 

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Sejarah Pertempuran Medan Area

Sejarah Pertempuran Medan Area

Umum

Sejarah Pertempuran Medan Area Pada tanggal 9 November 1945, pasukan sekutu dibawah pimpinan Brigadir Jendral T.E.D. Kelly mendarat di Sumatera Utara yang diikuti oleh pasukan NICA. Pemerintah Republik Indonesia di Sumatera Utara memperkenankan mereka untuk menempati beberapa hotel yang terdapat di kota Medan, seperti hotel de Boer, Grand Hotel, Hotel Astoria dan hotel-hotel lainnya. Selanjutnya […]

Read More
Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral.

Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral

Umum

Peranan & Tanggung Jawab Bank Sentral Tugas Bank Sentral Bank sentral memiliki tugas penting dalam setiap aktifitasnya yaitu menjaga kestabilan setiap unsur perekonomian dalam negeri dan juga menjadi sebuah lembaga yang bertanggung jawab dalam kestabilan harga kebutuhan atau nilai mata uang dalam hal ini valas yang sedang berlangsung di suatu negara. Kenaikan inflasi atau yang […]

Read More
TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON'S BOLD

TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON’S BOLD

Umum

TUMBUHAN PENGHASIL DRAGON’S BOLD Dracaena croton Dracaena croton adalah famili dari Dracaenaceae. Tumbuhan ini berasal dari Kamerun, yang ciri-cirinya tumbuh dalam semak dengan batang ramping dan lentur, dengan daun yang memanjang. Di Indonesia tumbuhan ini dapat dibudidayakan dengan cara stek. 2.1.2. Pterocarpus Pterocarpus merupakan famili dari Fabaceae. Pterocarpus menghasilkan kayu yang diperdagangkan sebagai padauk (mukwa atau […]

Read More