Langkah Selanjutnya Setelah Membeli Ikan Discus

Langkah Selanjutnya Setelah Membeli Ikan Discus

Langkah Selanjutnya Setelah Membeli Ikan Discus

Langkah Selanjutnya Setelah Membeli Ikan Discus
Langkah Selanjutnya Setelah Membeli Ikan Discus

Setelah kita mendapatkan ikan yang sesuai dengan apa yang kita inginkan, ada kalanya saat pertama kali discus dipindahkan ke tempat yang baru dengan pada suhu yg signifikan (lebih dingin), discus akan sangat kaget dan efeknya yg pertama jelas penurunan nafsu makan ataupun mungkin lebih rentan terkena penyakit. Cara mengatasinya, bisa dipancing supaya mau makan dengan cara makanannya saya pegang ketika memberi makan. Biasanya setelah 3-4 hari discus akan kembali normal nafsu makannya.

Beberapa langkah yg dapat terapkan setiap akan mengkondisikan discus ke suhu dingin adalah:

budidaya ikan discus dibiasakan untuk mau makan dengan cara pakan yg masih dipegang. Ini sekaligus melatih mental discus agar akrab dengan majikannya. pakannya biasanya berupa bloodworm atau cacing beku.

Biasanya discus akan mulai mengenali pakan dalam tangan setelah 2-4hari. Jangan melakukan gerakan yg bisa mengagetkan discus. Karena biasanya discus akan menjadi malas untuk makan (stress).

Setelah discus terbiasa diberi pakan dengan tangan cobalah pemberian pakan burger. pada awal 3-4 hari discus akan mogok makan,dan jangan karena dia mogok makan lalu kita berikan pakan lain,tapi paksa terus sampai dia mau,berikan sedikit demi sedikit. lama- kelamaan dia pasti akan mau juga (ramuan burger tergantung selera kita). Burger akan sangat mempengaruhi kecemerlangan warna discus. Berdasarkan hasil tersebut, discus menjadi jauh lebih sehat dan tidak mudah terserang penyakit, selain itu daya tahannya juga jauh lebih unggul dari discus yg dipelihara dengan suhu standar.

Penggunaan heater

Penggunaan heater (jika menggunakan) mulai dikurangi intensitasnya. Sebagai contoh heater hanya digunakan selama paling lama 5 jam dan usahakan penggunaan heater hanya untuk kondisi tertentu saja, misalnya saat hujan atau malam hari. Tahap diatas membutuhkan waktu aklimatisasi (adaptasi) 5-6hari.

Discus mulai dibiasakan dengan intensitas cahaya tinggi secara bertahap

Biasanya untuk jenis- jenis discus dengan warna yang solid (marlboro,blue diamond,pigeon,rising sun,red melon dll) akan timbul spot hitam yang biasa disebut pasir oleh hobies yg mulai muncul dari bagian kepala dan sirip. Ini disebabkan kualitas indukan yg memang sudah memiliki spot hitam sebelumnya atau juga karena penggunaan lampu dengan intensitas spektrum warna merah berlebih (contohnya lampu UV). Jika diskus anda memiliki hal demikian maka kualitas diskus anda termasuk kurang bagus,karena bila dikawinkan spot hitam itu akan menurun ke anaknya. Setelah discus terbiasa pada cahaya terang dan tanpa heater maka dia akan seterusnya seperti itu.

You might be interested in …

CARA PEMBENIHAN IKAN KOI Cyprinus Carpio

CARA PEMBENIHAN IKAN KOI Cyprinus Carpio

Perikanan, Uncategorized

CARA PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) Latar Belakang             Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias yang berpuluh – puluh tahun secara turun – temurun dibudidayakan oleh orang Jepang, bahkan dijadikan lambang bagi bangsa Jepang dan diangkat sebagai ikan nasional Jepang. Warna koi yang indah dan beraneka ragam, mendorong orang Jepang untuk menghasilkan berpuluh […]

Read More
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati

Perikanan

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati Bagaimana cara merawat burayak ikan cupang semoga tidak mati? Dalam rangka membudidayakan ikan cupang, mau tidak mau Anda harus merawat burayak yang menetas dari telur ikan tersebut. Bentuk perawatannya harus dilakukan secara hati-hati mengingat burayak masih memiliki kondisi yang sangat lemah. Tidak duduk perkara apakah Anda ingin […]

Read More

Manusia Sebagai Objek Hukum

Perikanan

Manusia Sebagai Objek Hukum Manusia sebagai subyek hukum dikatakan juga sebagai pembawa hak atau pendukung hak. Sebagai subyek hukum manusia mempunyai hak dan kewajiban untuk melakukan tindakan-tindakan dalam lapangan hukum, seperti mengadakan perjanjian jual beli,mengadakan pernikahan, mengadakan pembagian warisan, dan sebagainya. Dalam ilmu pengetahuan hukum barat, manusia sebagai pembawa hak atau sebagai subyek hukum dinamakan […]

Read More