Lahirnya’ Paman Sam, Julukan Bagi ASSamuel Wilson

Paman Sam

Lahirnya’ Paman Sam, Julukan Bagi ASSamuel Wilson

Paman Sam
Paman Sam

Padai 203 tahun silam, Amerika Serikat

Mendapat julukan sebagai negeri “Uncle Sam” (Paman Sam). Nama ini berasal dari Samuel Wilson, seorang pengepak daging dari Troy, New York. Dia menyuplai daging sapi segar untuk Angkatan Darat AS di masa perang saudara pada 1812.

 

Menurut situs History, Wilson (1766-1854)

Bertugas mengantarkan daging dengan tong yang diberi cap “US”, yang artinya United States atau Amerika Serikat.

Namun, singkatan ini sontak menjadi bahan lelucon bagi para tentara. United States lalu dipelesetkan menjadi Uncle Sam.

 

Pelesetan ini akhirnya menjadi populer

Sampai surat kabar lokal ikut-ikutan menggunakan julukan tersebut. Periode 1860-1870, kartunis politik Thomas Nast (1840-1902) mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Dalam goresan tangannya, Nast menggambarkan sosok pria tua berjanggut putih yang mengenakan jas bermotif bintang dan garis-garis.

 

Akan tetapi, gambar Paman Sam

Yang paling terkenal hingga kini adalah buatan James Montgomery Flagg (1877-1960). Paman Sam versi Flagg memakai topi tinggi dan jaket biru.

Sosoknya populer berkat poster lowongan menjadi tentara pada Perang Dunia I. Saat itu, AS membutuhkan sebanyak mungkin warga negaranya untuk bergabung sebagai prajurit.

 

Dalam poster tersebut, Paman Sam

digambarkan sedang menunjuk dengan kata-kata “I Want You for USArmy” (Saya Ingin Anda Bergabung dengan AD AS). Kemudian, pada September 1961, Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai “nenek moyang dari simbol nasional Amerika Serikat”.

Wilson sendiri meninggal dunia pada usia 88 tahun dan dimakamkan di samping pusara istrinya, Betsey Mann, di Pemakaman Oakwood, Troy, New York.

Sumber : http://bkpsdm.pringsewukab.go.id/blog/teks-ulasan-dan-contoh-teks-ulasan/

You might be interested in …

KPK Gelar Diseminasi Pencegahan Korupsi Bagi Daerah

KPK Gelar Diseminasi Pencegahan Korupsi Bagi Daerah

Pendidikan

KPK Gelar Diseminasi Pencegahan Korupsi Bagi Daerah BANDUNG-Puluhan perserta perwakilan dari sejumlah kota, kabupaten serta provinsi di Indonesia, mengikuti Desiminasi Strategi Nasional Pencegahan Korupsi dan Aksi Pencegahan Korupsi yang diselenggarakan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Koordinator Sekretariat Nasional Pencegahan Korupsi , Asep Rachmat Suwanto mengatakan,kegiatan yang melibatkan 45 kementerian dan lembaga serta pemerintah daerah ini bertujuan […]

Read More
Kritik Atas Standar Internasional

Kritik Atas Standar Internasional

Pendidikan

Kritik Atas Standar Internasional   Internasionalisasi standar akuntansi juga menuai kritik. Pada awal tahun 1971 (sebelum pembentukan IASC), beberapa pihak mengatakan bahwa penentuan standar internasional merupakan solusi yang terlalu sederhana atas masalah yang rumit. Dinyatakan pula bahwa akuntansi, sebagai ilmu sosial, telah memiliki flesibilitas yang terbangun dengan sendiri di dalamnya dan kemampuan untuk menyesuaikan diri dengan […]

Read More

Tindakan Guru dalam Menghadapi Permasalahan Kelas

Pendidikan

Tindakan Guru dalam Menghadapi Permasalahan Kelas             Setiap peserta didik pastilah memiliki karakteristik masing-masing, ada peserta didik yang hipperaktif, pendiam, santun, bandel, dan lain sebagainya. Maka dari itu guru dituntut untuk menguasai beberapa pendekatan-pendekatan yang mana dapat diadaptasi jika dihadapkan dengan berbagai tingkah laku peserta didik. Pendekatan yang perlu dikuasi oleh guru yaitu pendekatan pengubahan tingkah […]

Read More