Kontravensi Intensif

Proses Sosial Disosiatif

Proses Sosial Disosiatif

1. Kontravensi

Kontravensi adalah suatu proses sosial antara pihak yang satu dengan pihak yang lain saling tidak cocok, tetapi keduanya masih menahan diri untuk tidak terjadi suatu pertikaian. Kontravensi ini mempunyai lima macam tingkatan antara lain :
A. Kontravensi Umum
Kontravensi umum adalah kontravensi dalam bentuk yang masih umum yaitu suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok, tetapi masing – masing pihak masih bisa bergaul dan menahan diri untuk tidak saling bermusuhan.

B. Kontravensi Sederhana
Kontravensi sederhana adalah suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok, tetapi ketidakcocokannya ini sudah disampaikan kepada pihak ketiga.

C. Kontravensi Intensif
Kontravensi Intensif adalah suatu bentuk pergaulan antara dua belah pihak atau lebih yang tidak cocok, tetapi ketidakcocokannya sudah disampaikan kepada pihak ketiga dengan ditambahnkan isu – isu atau fitnah – fitnah kepada pihak lawan.

D. Kontravensi Rahasia
Kontravensi rahasia adalah suatu bentuk pergaulan antara dua pihak atau lebih yang saling tidak cocok serta ketidakcocokannya itu telah disampaikan kepada pihak ketiga dengan ditambahi isu – isu dan fitnah serta berusaha melakukan perlawanan secara rahasia kepada pihak lawan.

E. Kontravensi Taktis
Kontravensi taktis adalah misteri kontravensi yang sudah berkembang menjadi tindakan – tindakan untuk membuat pihak lawan takut dan terkejut, tetapi belum sampai menimbulkan suatu konflik.

2. Persaingan (Competition)
Pada dasarnya kompetisi merupakan suatu proses sosial dalam bentuk komunikasi timbal balik langsung maupun tidak langsung yang masing – masing pihak saling bersaing untuk memperebutkan segala sesuatu yang sifatnya terbatas. Persaingan mempunyai 2 sifat :
A. Personal competition (persaingan antar individu yang terjadi secara langsung.
B. Impersonal competition (persaingan antarkelompok)

Persaingan memiliki beberapa fungsi, yaitu sebagai berikut.
A. Menyalurkan keinginan individu atau kelompok yang sama – sama menuntut untuk dipenuhi, padahal sulit dipenuhi semuanya secara serentak.
B. Menyalurkan kepentingan serta nilai – nilai dalam masyarakat terutama yang menimbulkan konflik.
C. Menyeleksi individu yang pantas memperoleh status dan peran yang sesuai dengan kemampuannya.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Plate Orifice

Plate Orifice

Pendidikan, Umum

Plate Orifice Pengertian plate orifice Orifice merupakan salah satu komponen dari perangkat primer (primary device) untuk mengukur aliran dengan menggunakan prinsip mengubah kecepatan aliran, riilnya yaitu mengubah luasan yang dilalui aliran fluida tersebut (orifice). Orifice adalah salah satu alat yang digunakan untuk mengukur laju aliran volum atau massa fluida di dalam saluran yang tertutup (pipa) […]

Read More
Rumput Tetangga Lebih Hijau

Rumput Tetangga Lebih Hijau

Umum

Rumput Tetangga Lebih Hijau Hari minggu kemarin, ada acara reuni bertemu dengan teman teman sma. Banyak yang sudah pada banyak berubah. Ada yang sudah punya momongan, ada juga yang mau menikah, ada yang baru merencanakan untuk menikah pada tahun depan, macam macam. Ketika saling bertemu, beberapa dari kita tidak saling mengenal lagi. Mulailah semuanya bertindak […]

Read More

Bill Watson meneliti autobiografi orang-orang Indonesia

Umum

Ketiadaan ungkapan kehidupan batin ini semakin menonjol bila biografi atau memoar Indonesia dibandingkan dengan beberapa biografi mengenai orang Indonesia yang ditulis orang asing. Dalam psikoanalisa ditawarkan cara untuk mengkaji kehidupan batin, juga kehidupan pada subjek bukan-barat. Misalnya, soekarno digambarkan sebagai politisi-seniman, berlatar belakang pendidikan arsitektur dan seorang yang mencinta lukisan. Kehalusan jiwa seni Soekarno adalah […]

Read More