Konsep Pendapatan Nasional

Konsep Pendapatan Nasional

Salah satu indikator penting untuk mengetahui kondisi ekonomi di suatu negara dalam suatu periode tertentu adalah data Produk Domestik Bruto (PDB). Pendapatan nasional adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode, biasanya selama satu tahun. Dalam pengertian lain, pendapatan nasional adalah ukuran nilai output berupa barang dan jasa yang dihasilkan suatu Negara dalam periode tertentu atau jumlah seluruh pendapatan yang diterima oleh masyarakat dalam suatu Negara dalam satu tahun.

Konsep pendapatan nasional pertama kali dicetuskan oleh Sir William Petty dari Inggris yang berusaha menaksir pendapatan nasional negaranya (Inggris) pada tahun 1665. Dalam perhitungannya, ia menggunakan anggapan bahwa pendapatan nasional merupakan penjumlahan biaya hidup (konsumsi) selama setahun. Namun, pendapat tersebut tidak disepakati oleh para ahli ekonomi modern, sebab menurut pandangan ilmu ekonomi modern, konsumsi bukanlah satu-satunya unsur dalam perhitungan pendapatan nasional. Menurut mereka, alat utama sebagai pengukur kegiatan perekonomian adalah Produk Nasional Bruto (Gross National Product, GNP), yaitu seluruh jumlah barang dan jasa yang dihasilkan tiap tahun oleh negara yang bersangkutan diukur menurut harga pasar pada suatu negara (Azani, 2017).

  1. Pengertian Pendapatan Nasional menurut Para Ahli

Menurut Sadono Sukirno dalam bukunya “Teori Pengantar Makroekonomi” Pendapatan nasional menggambarkan tingkat produksi negara yang dicapai dalam suatu tahun tertentu dan perubahannya dari tahun ke tahun (Azani, 2017).

Menurut Soediyono Reksopryitno dalam bukunya “Pengantar Ekonomi Makro” Pendapatan nasional adalah jumlah barang-barang dan jasa-jasa yang dihasilkan oleh perekonomian suatu negara (Azani, 2017).

Menurut N. Gregory Mankiw Pendapatan nasional adalah total pendapatan yang diperoleh penduduk suatu negara dalam produksi barang dan jasa. Pendapatan nasional tidak menghitung pajak usaha tidak lansung (seperti pajak penjualan) dan tidak menghitung subsidi usaha(Azani, 2017).

Menurut Karl E & Ray C (2007:29) Pendapatan nasional adalah pendapatan total yang dihasilkan oleh faktor-faktor produksi yang dimiliki oleh warga suatu negara.

sumber :

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Subordinasi di bawah lebih dari satu orang.

Perikanan

Subordinasi di bawah lebih dari satu orang. Subordinasi lebih dari satu orang lebih ojektif daripada subordinasi di bawah satu orang. Objektivitas ini menghasilkan perlakuan yang lebih adil (merata) terhadap subordinat. Oleh sebab itu, subordinasi lebih dari satu orang ternyata lebih disukai. Subordinasi dibawah suatu prinsip ideal Subordinasi dibawah suatu prinsip ideal adalah subordinasi dibawah suatu […]

Read More
Jenis Jenis Ikan Koi Terpopuler

Jenis Jenis Ikan Koi Terpopuler

Perikanan

Jenis Jenis Ikan Koi Terpopuler Ogon Ogon adalah koi yang mempunyai badan berwarna emas (golden). Ogon merupakan koi yang di-temukan oleh Sawati dan anak laki-lakinya pada tahun 1946. Pada awalnya, mereka menemukan koiyang garis punggungnya berwarna kuning, yang kemudian dipakainya sebagai induk. la memilih koi yang terbaik, dan setelah empat atau lima generasi kemudian, didapatnyalah […]

Read More
Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat

Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat

Perikanan

Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat Bagaimana cara memilih induk ikan guppy? Ada banyak orang yang mengaku suka memelihara ikan guppy. Alasannya alasannya ialah ikan air tawar ini tampak begitu rupawan dengan sirip lebar yang dimilikinya. Selain itu, warna ikan ini pun terlihat sangat menarik. Walaupun sekilas menyerupai mirip ikan cupang, sifatnya ternyata bertolak […]

Read More