Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

Menurut Wwilbur Schramm, dalam suatu proses komunikasi paling sedikit harus terdiri dari 3 komponen yaitu:

  • Sumber
  • Pesan
  • Penerima

Sementara menurut Harold Lasswell, komponen-komponen komunikasi dan proses komunikasi dalam suatu kalimat tanya:

Who says what in which channel to whom with what effect.

Berdasarkan pada formula Lasswell di atas, maka komponen komunikasinya adalah:

sumber = who
pesan = says what
saluran = in which channel
penerima = to whom
efek = with what effect

Secara umum komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Sumber (source)

Adalah seorang atau organisasi/lembaga yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau memutuskan untuk berkomunikasi dengan menyampaikan informasi, gagasan, sikap dan perasaannya kepada orang lain.

  1. Pesan (message)

Merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator. Menurut CS. Pierce, tanda-tanda dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu: ikon, indeks dan simbol atau lambing.

  • Ikon adalah tanda yang memiliki kesamaan dengan objek yang digambarkan.
  • Indeks adalah tanda-tanda yang memiliki hubungan langsung dengan keberadaan realitas atau objek yang ditunjuknya.
  • Sedang simbol merupakan tanda yang hubungannya dengan realitas yang diungkapkan tidak dekat, melainkan berdasarkan kesepakatan masyarakat dan budaya yang menggunakannya.
  1. Saluran Komunikasi (channel/media)

Merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima. Lambang/simbol merupakan media primer dalam komunikasi. Lambang berupa bahasa, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan paling banyak digunakan karena dianggap paling mampu menterjemahkan perasaan dan pikiran kepada orang lain.

Sedang media sekunder dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi media nir massa dan media massa. Media nir massa antara lain telepon, surat, telegram. Sedang media massa berupa suratkabar, radio, televisi, film, buku, majalah, dll.

sumber

Dank Tanks 2.0.0 Apk for android

You might be interested in …

UPH Wisuda 1.962 MahasiswaUPH Wisuda 1.962 Mahasiswa

UPH Wisuda 1.962 Mahasiswa

Pendidikan

UPH Wisuda 1.962 Mahasiswa Universitas Pelita Harapan (UPH) menggelar upacara wisuda dengan melantik 1.962 wisudawan yang berasal dari berbagai program studi dan jenjang pendidikan, Kamis (20/6) dan Jumat (21/6). Mulai dari Sarjana Strata Satu (S1), Sarjana Strata Dua (S2), Sarjana Strata Tiga (S3) hingga wisudawan untuk program Dual Degree kerja sama antara UPH dan University […]

Read More
Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah

Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah

Pendidikan

Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah Keluarga Sakinah adalah sebuah keluarga yang didamba dan diimpikan oleh semua orang, karena melalui Keluarga Sakinah ini akan terlahir generasi penerus yang berkualitas, beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Keluarga yang dilandasi dengan ajaran agama tentunya akan meningkatkan ketahanan keluarga ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Namun untuk mewujudkan dambaan dan impian itu bukanlah hal […]

Read More
PAUD TERPADU

PAUD TERPADU

Pendidikan

PAUD TERPADU Berdasarkan kajian di atas, maka pemerintah menerbitkan Undang Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 1 butir 14 menyatakan bahwa “Pendidikan anaik usia dini adalah suatu upaya pembinaan yang ditujukan kepada anak sejak lahir sampai dengan usia enam tahun yang dilakukan melalui pemberian rangsangan pendidikan untuk membantu pertumbuhan dan perkembangan […]

Read More