Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

Menurut Wwilbur Schramm, dalam suatu proses komunikasi paling sedikit harus terdiri dari 3 komponen yaitu:

  • Sumber
  • Pesan
  • Penerima

Sementara menurut Harold Lasswell, komponen-komponen komunikasi dan proses komunikasi dalam suatu kalimat tanya:

Who says what in which channel to whom with what effect.

Berdasarkan pada formula Lasswell di atas, maka komponen komunikasinya adalah:

sumber = who
pesan = says what
saluran = in which channel
penerima = to whom
efek = with what effect

Secara umum komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Sumber (source)

Adalah seorang atau organisasi/lembaga yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau memutuskan untuk berkomunikasi dengan menyampaikan informasi, gagasan, sikap dan perasaannya kepada orang lain.

  1. Pesan (message)

Merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator. Menurut CS. Pierce, tanda-tanda dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu: ikon, indeks dan simbol atau lambing.

  • Ikon adalah tanda yang memiliki kesamaan dengan objek yang digambarkan.
  • Indeks adalah tanda-tanda yang memiliki hubungan langsung dengan keberadaan realitas atau objek yang ditunjuknya.
  • Sedang simbol merupakan tanda yang hubungannya dengan realitas yang diungkapkan tidak dekat, melainkan berdasarkan kesepakatan masyarakat dan budaya yang menggunakannya.
  1. Saluran Komunikasi (channel/media)

Merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima. Lambang/simbol merupakan media primer dalam komunikasi. Lambang berupa bahasa, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan paling banyak digunakan karena dianggap paling mampu menterjemahkan perasaan dan pikiran kepada orang lain.

Sedang media sekunder dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi media nir massa dan media massa. Media nir massa antara lain telepon, surat, telegram. Sedang media massa berupa suratkabar, radio, televisi, film, buku, majalah, dll.

sumber

Dank Tanks 2.0.0 Apk for android

You might be interested in …

Sistem Manajemen Basis Data

Sistem Manajemen Basis Data

Pendidikan

Sistem Manajemen Basis Data Sistem Manajemen Basis-Data (Data Base Management System / DBMS) adalah perangkat lunak sistem yang memungkinkan para pemakai membuat, memelihara, mengontrol, dan mengakses basis data dengan cara praktis dan efisien. DBMS dapat digunakan untuk mengakomodasikan berbagai macam pemakai yang memiliki kebutuhan akses yang berbeda – beda. DBMS pada umumnya menyediakan fasilitas atau […]

Read More

Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Pendidikan

Faktor Eksternal Penarik Perhatian Apa yang kita perhatikan ditentukan oleh faktor-faktor situasional dan personal. Faktor situasional terkadang disebut sebagai determinan perhatian yang bersifat eksternal atau penarik perhatian (attention getter). Stimuli diperhatikan karena mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain: gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, dan perulangan. Gerakan : Seperti organisme yang lain, manusia secara visual tertarik pada objek-objek yang […]

Read More
Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Penerapan kurikulum 2013 berisiko

Pendidikan

Penerapan kurikulum 2013 berisiko Penerapan kurikulum 2013 dianggap berisiko jika dilakukan tanpa pembekalan pelatihan kompetensi guru dan sosialisasi kurikulum yang memadai. Sebab pada kurikulum baru 2013, dilakukan pendekatan tematik yang terintegrasi. Sehingga peluang salah implementasi di lapangan sangat besar tanpa kemampuan yang cukup dari tenaga pendidik, sekalipun sekolah itu adalah sekolah unggulan yang terakreditasi A. […]

Read More