Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

  Komponen Komunikasi

Menurut Wwilbur Schramm, dalam suatu proses komunikasi paling sedikit harus terdiri dari 3 komponen yaitu:

  • Sumber
  • Pesan
  • Penerima

Sementara menurut Harold Lasswell, komponen-komponen komunikasi dan proses komunikasi dalam suatu kalimat tanya:

Who says what in which channel to whom with what effect.

Berdasarkan pada formula Lasswell di atas, maka komponen komunikasinya adalah:

sumber = who
pesan = says what
saluran = in which channel
penerima = to whom
efek = with what effect

Secara umum komponen-komponen komunikasi adalah sebagai berikut:

  1. Sumber (source)

Adalah seorang atau organisasi/lembaga yang mempunyai kebutuhan untuk berkomunikasi atau memutuskan untuk berkomunikasi dengan menyampaikan informasi, gagasan, sikap dan perasaannya kepada orang lain.

  1. Pesan (message)

Merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator. Menurut CS. Pierce, tanda-tanda dapat digolongkan menjadi tiga kelompok yaitu: ikon, indeks dan simbol atau lambing.

  • Ikon adalah tanda yang memiliki kesamaan dengan objek yang digambarkan.
  • Indeks adalah tanda-tanda yang memiliki hubungan langsung dengan keberadaan realitas atau objek yang ditunjuknya.
  • Sedang simbol merupakan tanda yang hubungannya dengan realitas yang diungkapkan tidak dekat, melainkan berdasarkan kesepakatan masyarakat dan budaya yang menggunakannya.
  1. Saluran Komunikasi (channel/media)

Merupakan alat atau sarana untuk menyampaikan pesan dari sumber kepada penerima. Lambang/simbol merupakan media primer dalam komunikasi. Lambang berupa bahasa, baik bahasa tulis maupun bahasa lisan paling banyak digunakan karena dianggap paling mampu menterjemahkan perasaan dan pikiran kepada orang lain.

Sedang media sekunder dalam komunikasi dapat dibedakan menjadi media nir massa dan media massa. Media nir massa antara lain telepon, surat, telegram. Sedang media massa berupa suratkabar, radio, televisi, film, buku, majalah, dll.

sumber

Dank Tanks 2.0.0 Apk for android

You might be interested in …

Model Nusantara Sehat

Pendidikan

Model Nusantara Sehat Program Nusantara Sehat mengadopsi model Pencerah Nusantara (PN), sebuah inisiatif lintas sektoral yang diprakarsai oleh Kantor Urusan Khusus Presiden RI untuk Millennium Development Goals (KUKP-RI MDGs) dan menggabungkan tenaga kesehatan, masyarakat, sukarelawan, pemerintah, swasta, lembaga swadaya masyarakat dan pemuda dalam upaya bersama memperkuat sistem pelayanan kesehatan primer di Indonesia, terutama di daerah […]

Read More
 Sumber Hukum Perdata

 Sumber Hukum Perdata

Pendidikan

 Sumber Hukum Perdata Sumber hukum adalah segala sesuatu yang menimbulkan aturan-aturan yang mempunyai kekuatan yang bersifat memaksa, yakni aturan-aturan yang kalau dilanggar mengakibatkan timbulnya sanksi yang tegas dan nyata. Sumber hukum perdata adalah asal mula hukum perdata atau tempat dimana hukum perdata di temukan. Volamar membagi sumber hukum perdata menjadi empat macam. Yaitu KUHperdata ,traktat, yurisprudensi, […]

Read More
Perbedaan Karya Ilmiah dengan Non-ilmiah

Perbedaan Karya Ilmiah dengan Non-ilmiah

Pendidikan

Perbedaan Karya Ilmiah dengan Non-ilmiah Perbedaan Karya Ilmiah dengan Non-ilmiah Perbedaan-perbedaan yang dimaksud dapat dicermati dari beberapa aspek. Karya ilmiah harus merupakan pembahasan suatu hasil penelitian (faktual objektif). Faktual objektif adalah adanya kesesuaian antara fakta dan objek yang diteliti. Kesesuaian ini harus dibuktikan dengan pengamatan atau observasi. Karya ilmiah bersifat metodis dan sistematis. Artinya, dalam […]

Read More