Kominfo konsisten basmi hoax dengan tiga cara

Kominfo konsisten basmi hoax dengan tiga cara

Kominfo konsisten basmi hoax dengan tiga cara

Kementerian Komunikasi dan Informatika berkomitmen untuk terus memerangi

peredaran berita palsu atau hoax melalui berbagai cara, termasuk salah satunya bekerja sama dengan penegak hukum.

“Yang pertama, kami melakukan crawling dengan mesin AIS,” kata Pelaksana tugas Kepala Biro Humas Kominfo, Ferdinandus Setu, saat dihubungi Antara, Senin.

Mesin Pengais Konten Negatif (AIS) adalah mesin crawling otomatis yang terletak di ruang Cyber Drone 9 Lantai 8 Gedung Kominfo. Mesin yang sudah dioperasikan sejak tanggal 3 Januari 2018 ini dioperasikan oleh tim yang terdiri dari 106 orang yang bekerja maksimal 24 jam no- stop dengan sistem 3 shift.

Tim tersebut akan memverifikasi dan validasi konten-konten tersebut,

kemudian jika informasi tidak tepat, akan dilabeli sebagai hoax. Kominfo memberikan klarifikasi atas hoax yang beredar melalui situs kominfo.go.id.

“Kami masih memperbarui informasi tentang hoax setiap hari,” kata Ferdinandus.

Cara kedua, Kominfo menggandeng gerakan Siberkreasi untuk memberikan literasi digital kepada masyarakat, salah satu tujuannya agar masyarakat tidak mudah mempercayai hoax dan informasi yang belum pasti kebenarannya.

Ketiga, Kominfo terus bekerja sama dengan kepolisian untuk penegakan

hukum terkait masalah hoax.

Selain melakukan penelusuran terhadap konten-konten di dunia may, Kominfo juga membuka layanan aduan di akun Twitter @aduankonten, alamat surat elektronik aduankonten@kominfo.go.id dan pesan WhatsApp di nomor 08119224545.

Data Kominfo per Juni 2019, temuan hoax berada di angka 330, turun dibandingkan bulan Mei yang mencapai 402 hoax.

 

sumber :

https://www.kuliahbahasainggris.com/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Daftar 15 Game Ringan Untuk PC & Laptop Spek Rendah Terlengkap

Daftar 15 Game Ringan Untuk PC & Laptop Spek Rendah Terlengkap

Teknologi

Daftar 15 Game Ringan Untuk PC & Laptop Spek Rendah Terlengkap   Dengan bermain game kadang kita merasakan bahwa asiknya game tersebut hingga kita lupa waktu. Game memang sangat menyenangkan, tidak hanya untuk menghabiskan waktu liburan kamu, game juga membuat pikiran menjadi segar kembali dan juga melatih kemampuan otak agar lebih cerdas karena didukung oleh […]

Read More
iPhone 9 atau SE 2Kemungkinan akan dirilis pada bulan Maret

iPhone 9 atau SE 2: Kemungkinan akan dirilis pada bulan Maret

Teknologi

iPhone 9 atau SE 2: Kemungkinan akan dirilis pada bulan Maret   The Apel untuk beberapa waktu dikabarkan membawa ke pasar pengganti iPhone SE dan menurut informasi terbaru bahwa smartphone akan diresmikan pada bulan Maret. Informasi ini diungkapkan oleh pembocor rahasia terkenal, Evan Blass. Karakteristik IPhone 9 atau SE 2 dikabarkan memiliki desain yang mirip […]

Read More
Lenovo Siapkan VIBE P1 di Indonesia, Lawan Tangguh ZenFone Max

Lenovo Siapkan VIBE P1 di Indonesia, Lawan Tangguh ZenFone Max

Teknologi

Lenovo Siapkan VIBE P1 di Indonesia, Lawan Tangguh ZenFone Max Smartphone dengan baterai kecil sudah jadi “barang” standar untuk saat ini. Bagi sebagian kalangan, smartphone dengan kapasitas baterai jumbo adalah segalanya. Beberapa smartphone dengan baterai jumbo sudah mulai bermunculan saat ini. ASUS ZenFone Max, Infinix Hot Note, Infinix NOTE 2, Lenovo VIBE P1m , dan […]

Read More