Keuntungan utama dari Orfice plate

Keuntungan utama dari Orfice plate

Keuntungan utama dari Orfice plate Keuntungan utama dari Orfice plate

Keuntungan utama dari Orfice plate ini adalah dari :

  • Konstruksi sederhana
  • Ukuran pipa dapat dibuat persis sama dengan ukuran pipa sambungan.
  • Harga pembuatan alat cukup murah
  • Output cukup besar
  • Mudah dalam pemasangan
  • Mudah dalam penggantian

Kerugian menggunakan Orfice plate adalah :

  • Jika terdapat bagian padat dari aliran fluida, maka padat bagian tersebut akan terkumpul pada bagian pelat disisi inlet.
  • Jangkauan pengukuran sangat rendah
  • Dimungkinkan terjadinya aliran Turbulen sehingga menyebabkan kesalahan pengukuran jadi besar karena tidak mengikuti prinsip aliran Laminer.
  • Tidak memungkinkan bila digunakan untuk mengukur aliran fluida yang bertekanan rendah.

Penggunaan

Orifice Plate yang paling sering digunakan untuk pengukuran kontinyu cairan di dalam pipa. Mereka juga digunakan dalam beberapa sistem sungai kecil untuk mengukur aliran di lokasi di mana sungai melewati gorong-gorong atau saluran. Hanya sebagian kecil sungai sesuai untuk penggunaan teknologi sejak piring harus tetap sepenuhnya terendam yaitu pendekatan pipa harus penuh, dan sungai harus secara substansial bebas dari puing-puing.

Dalam lingkungan alam pelat orifice besar digunakan untuk mengontrol aliran bantuan selanjutnya dalam bendungan banjir. dalam struktur sebuah bendungan rendah ditempatkan di seberang sungai dan dalam operasi normal air mengalir melalui pelat orifice leluasa sebagai lubang secara substansial lebih besar dari bagian aliran normal cross. Namun, dalam banjir, naik laju alir dan banjir keluar pelat orifice yang dapat kemudian hanya melewati aliran ditentukan oleh dimensi fisik lubang tersebut. Arus ini kemudian diadakan kembali di belakang bendungan yang rendah dalam reservoir sementara yang perlahan dibuang melalui mulut ketika banjir reda.

Prinsip Kerja Plate Orifice

Orifice merupakan alat untuk mengukur laju aliran dengan prinsip beda tekanan atau disebut juga Bernoulli’s principle yang mengatakan bahwa terdapat hubungan antara tekanan fluida dan  kecepatan fuida. Jika kecepatan meningkat, tekanan akan menurun begitu pula sebaliknya.

Pada dasarnya orifice berupa plat tipis dengan lubang di bagian tertentu (umumnya di tengah). Fluida yang mengalir melalui pipa ketika sampai pada orifice akan dipaksa untuk melewati lubang pada orifice. Hal itu menyebabkan terjadinya perubahan kecepatan dan tekanan. Titik dimana terjadi kecepatan maksimum dan tekanan minimum disebut vena contracta. Setelah melewati vena contracta kecepatan dan tekanan akan mengalami perubahan lagi. Dengan mengetahui perbedaan tekanan pada pipa normal dan tekanan pada vena contracta, laju aliran volume dan laju aliran massa dapat diperoleh dengan persamaan Bernoulli.

Baca juga:

You might be interested in …

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia

Pendidikan

Dampak Masuknya Budaya Asing (Barat) Budaya Bangsa Indonesia Kebudayaan sangat erat hubungannya dengan masyarakat. Kebudayaan adalah sesuatu yang akan mempengaruhi tingkat pengetahuan dan meliputi sistem ide atau gagasan yang terdapat dalam pikiran manusia, sehingga dalam kehidupan sehari-hari, kebudayaan itu bersifat abstrak. Sedangkan perwujudan kebudayaan adalah benda-benda yang diciptakan oleh manusia sebagai makhluk yang berbudaya, berupa […]

Read More
Manfaat kedokteran

Manfaat kedokteran

Pendidikan

Manfaat kedokteran Ilmu kedokteran semakin dibutuhkan mengingat perkembangan jaman, terlebih lagi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin pesat. Di Negara maju ilmu kedokteran semakin dikembangkan untuk memberikan solusi atas penyakit di masyarakat yang juga semakin kompleks,permasalahan tersebut meliputi kebutuhan akan obat-obatan/ vaksin, kebutuhan gaya hidup sehat, penelitian terhadap ilmu kedokteran. Ilmu kedokteran juga disebut […]

Read More
Definisi Kedwibahasaan

Definisi Kedwibahasaan

Pendidikan

Definisi Kedwibahasaan   Kedwibahasaan sebagai akibat adanya kontak bahasa berubah-ubah dan merupakan istilah yang bersifat relatif atau nisbi. Berikut ini beberapa definisi kedwibahasaan. 1. Weinreich Kedwibahasaan adalah kebiasaan menggunakan dua bahasa atau lebih secara bergantian 2. Bloomfield Merumuskan kedwibahasaan sebagai penguasaan yang sama baiknya atas dua bahasa atau native like control of two languages. Penguasaan […]

Read More