Keseimbangan Dalam Pasar Persaingan Monopolistis

Keseimbangan Dalam Pasar Persaingan Monopolistis

Kurva permintaan yang dihadapi oleh perusahaan dalam persaingan monopolistis adalah lebih elastis dari yang dihadapi monopoli, tetapi elastisitasnya tidak mencapai elastis sempurna (kurva permintaan sejajar sumbu datar – yang merupakan kurva permintaan yang dihadapi suatu perusahaan dalam persaingan sempurna). Maka pada hakikatnya kurva permintaan ke atas barang produksi perusahaan dalam persaingan monopolistis adalah bersifat menurun secara sedikit demi sedikit ( lebih mendatar dan bukan turun dengan curam).

1)      Keseimbangan Jangka Pendek

Keseimbangan yang dicapai suatu perusahaan dalam persaingan monopolistis sama dengan di dalam monopoli, Bedanya adalah di dalam monopoli yang dihadapi adalah permintaan dari seluruh pasar, Sedangkan dalam monopolistis permintaan yang dihadapi perusahaan adalah sebagian dari keseluruhan pasar.

2)      Keseimbangan Jangka Panjang

Seperti halnya dengan perusahaan dalam pasar persaingan sempurna, dalam persaingan monopolistis setiap perusahaan hanya mendapat keuntungan normal di dalam jangka panjang.

Perbedaan antara monopolistis dengan persaingan sempurna yang juga memperoleh keuntunga normal adalah:

1)      Harga dan biaya produksi di pasar persaingan monopilstis lebih tinggi

2)      Kegiatan memproduksi di monopolistis belum mencapai tingkat yang optimal (mencapai tingkat dimana biaya produksi per unit adalah paling rendah).

  1. Penilaian ke Atas Persaingan Monopolistis

Penilaian ke atas efek dari pasar yang bersifat persaingan monopolistis kepada penggunaan sumber-sumber daya, dorongan untuk mengembangkan teknologi dan inovasi, dan corak distribusi pendapatan. Promosi penjualan secara iklan adalah merupakan kegiatan yang paling penting dilakukan oleh perusahaan monopolistis.

Sumber :

http://www.unmermadiun.ac.id/sewulan/index.php/2020/07/situs-jasa-penulis-artikel/

 

You might be interested in …

Teks Spoof (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Teks Spoof (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)

Pendidikan

Teks Spoof (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh)     TEKS SPOOF Senang sekali rasanya kali ini sanggup kami bagikan artikel wacana Teks Spoof Teks Spoof (Pengertian, Tujuan, Struktur, Contoh) Pengertian Teks Spoof Teks Spoof adalah sebuah teks yang menceritakan kisah yang benar-benar terjadi, namun pada simpulan ceritanya “dibelokkan” sehingga menjadi kisah yang lucu. Tujuan Teks Spoof […]

Read More
Bidang-bidang Akuntansi

Bidang-bidang Akuntansi

Pendidikan

Bidang-bidang Akuntansi Akuntansi Keuangan Didalam akuntansi keuangan ini mencakup segala pencatatan transaksi-transaksi dalam perusahaan tanpa terkecuali dan melakukan penyusunan laporan secara berkala, dimana dengan laporan tersebut dapat memberikan informasi penting dan bermanfaat bagi pemilik perusahaan serta investor yang tertarik dengan kinerja perusahaan tersebut. Akuntansi Auditing Bidang akuntansi auditing ini merupakan akuntansi yang meliputi pemeriksaaan laporan […]

Read More
Siaga PON Tahun 2016, Jabar Gelar Apel Besar

Siaga PON Tahun 2016, Jabar Gelar Apel Besar

Pendidikan

Siaga PON Tahun 2016, Jabar Gelar Apel Besar BANDUNG-Jabar, dalam rangka mempersiapkan PON t ahun 2016, menggelar apel besar. Apel besar, berlangsung di GOR Padjadjaran, Rabu (7/9). Apel besar, diikuti ribuan atlet dari seluruh cabor yang diikutsertakan dalam PON tahun 2016. Apel besar, dipimpin langsung Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan. Hadir dalam pertemuan tersebut, para […]

Read More