Kerajinan Kain Perca di Indonesia

Kerajinan Kain Perca di Indonesia

Kerajinan kain perca sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional. Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati. Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca, kerajinan ini menjadi dipandang sebelah mata.

Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreatifitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para pengrajin, saat ini kerajinan ini semakin populer. Ada banyak sekali orang yang ingin memiliki dan juga mempelajari seni kerajinan ini. Barang-barang hasil kerajinannya pun semakin beragam dan bernilai jual cukup tinggi.

Kerajinan kain ini juga menjadi salah satu kerajinan yang diminati para ibu rumah tangga dan remaja putri untuk dipelajari. Sudah banyak kelompok-kelompok kreatif yang khusus mengerjakan berbagai kerajinan kain ini dan menjualnya.

Bahkan, tidak sedikit dari kelompok-kelompok tersebut yang sukses menciptakan kerajinan berkualitas dan bernilai seni tinggi hingga dapat menembus pasar internasional. Jadi, kerajinan ini juga bisa menjadi peluang usaha yang menjanjikan bagi para ibu rumah tangga, remaja putri atau siapa saja yang memiliki bakat dan minat di bidang jahit-menjahit.
Jika Anda tertarik dengan dunia kreasi kerajinan kain perca, Anda juga bisa belajar membuat dan menghasilkan karya yang tidak kalah berkualitas. Anda bisa mulai belajar dari teknik-teknik dasar terlebih dahulu dan kemudian mulai mengembangkan kreasi setelah anda cukup mahir.

Untuk mempelajari kerajinan perca ini, Anda bisa belajar secara otodidak dengan membaca berbagai buku panduan yang bisa ditemukan di berbagai toko buku, baik online maupun offline. Selain itu, Anda juga bisa belajar langsung dari para pengrajin kain perca yang saat ini sudah cukup banyak yang membuka kursus kerajinan perca untuk umum.

Bentuk Guntingan Kerajinan Kain Perca

Ada beberapa bentuk guntingan yang biasa dibuat dalam mempersiapkan potongan-potongan kain dalam kerajinan ini. Hal ini dilakuakn sebelum digabungkan dan dijahit kembali secara detil dan rapih.

  1. Bentuk Segitiga

Potongan kain dipotong menjadi bentuk segitiga dengan beragam ukuran, potongan kain segitiga banyak dipakai untuk membentuk motif sisik, rumput, dll. Bentuk ini adalah bentuk yang paling sederhana.

  1. Bentuk Persegi

Bentuk persegi ataupun bentuk persegi panjang, cocok bagi para pemula. Mengapa? Karena bentuk ini juga sama mudahnya dengan segitiga untuk dipotong, bentuk persegi ini bisa dipakai dalam berbagai motif seperti papan catur, dll.

  1. Bentuk Geometri lainnya

Selain bentuk persegi dan segitiga, masih banyak lagi bentuk geometri lainnya seperti segi lima, segi enam, dll. Semakin banyak sisinya maka semakin sulit untuk dipotong, contoh bentuk yang diaplikasikan untuk motif adalah segi delapan untuk motif sarang lebah, dll.

  1. Bentuk Manusia, Hewan dan Tumbuhan

Biasanya bentuk ini dipakai sebagai pemanis, tapi banyak juga yang memakai bentuk ini untuk motif utama. Bentuknya yang lucu dan bervariatif membuat banyak orang menyukai bentuk yang satu ini.

sumber: https://vhost.id/uber-gandeng-nasa-kembangkan-taksi-terbang/

You might be interested in …

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk

Umum

Sejarah dan Profil Perusahaan Garuda Indonesia (Persero), Tbk Karena kemajemukan dan kekhususan penanggungan dalam bidang maintenance Engineering, pada tahun 1978 Pendidikan Teknik yang sebelumnya berada di bagian Pendidikan digabung kembali ke Dinas Teknik. Pendidikan dan Pelatihan bagi karyawan teknik disebut Maintenance Training yang dijabat oleh Ir. R.M. Praminto sejak tanggal 15 Maret 1978. Management menyadari […]

Read More

Formasi Dalam Olahraga Bola Voli

Umum

Formasi Dalam Olahraga Bola Voli Dalam olahraga Bola Voli terdiri dari 6 pemain dan 6 pemain tersebut mempunyai peran masing-masing sebagai berikut: 1                 Pemain yang bertugas sebagai Tosser 2                 Pemain yang bertugas sebagai Spiker 3              […]

Read More
Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Umum

Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya Siapa yang tidak mengenal pahlawan proklamator yang juga merupakan presiden pertama Indonesia. Ya, Presiden Soekarno dengan tak-tiknya yang brilian menjalankan roda pemerintahan pertama negeri ini. Ditangannya, Indonesia menjadi negara yang dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Kisah-kisah perpolitikkannya banyak terpublish melalui berbagai buku-buku. Nah pada artikel kali ini kita […]

Read More