Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komunis.

Kelebihan Dan Kekurangan Sistem Ekonomi Komunis.

  1. Kelebihan Sistem Ekonomi Komunis

1)      Semua kegiatan dan masalah ekonomi dikendalikan pemerintah sehingga pemerintah mudah melakukan pengawasan terhadap jalannya perekonomian.

2)      Tidak ada kesenjangan ekonomi antara si kaya dan si miskin, karena distribusi pemerintah dapat dilakukan dengan merata.

3)      Pemerintah bisa lebih mudah melakukan pengaturan terhadap barang dan jasa yang akan diproduksi sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

4)      Pemerintah lebih mudah ikut campur dalam pembentukan harga.

  1. Kekurangan Sistem Ekonomi Komunis.

1)      Mematikan kreativitas dan inovasi setiap individu.

2)      Tidak ada kebebasan untuk memiliki sumber daya.

3)      Kurang adanya variasi dalam memproduksi barang, karena hanya terbatas pada ketentuan pemerintah.

  1. Komunisme Menurut Marx

Bahwasanya menurut Marx ciri_ciri inti dari masyarakat komunis tersebut adalah :

  1. Penghapusan hak milik pribadi atas alat-alat produksi
  2. Penghapusan adanya kelas-kelas sosial
  3. Penghapusan Pembagian Kerja

Menurut Marx komunisme menitik beratkan pada :

  1. Sekelumit kecil orang kaya hidup dalam kemewahan yang berlimpah, sedangkan kaum pekerja yang teramat banyak jumlahnya hidup bergelimang pada sengsara.
  2. Cara untuk merombak ketidak adilan ini dengan jalan melaksanakan sisitem sosialis yaitu system dimana alat produksi dikuasai Negara dan bukannya oleh pribadi swasta.
  3. Pada umumnya salah satunya jalan paling praktis untuk melaksanakan sistem sosialis ini adalah lewat revolusi kekerasan.
  4. Untuk menjaga kelanggengan sisitem sosialis harus diatur oleh kediktatoran partai Komunis dalam jangka waktu yang memadai.

      Tiga dari ide pertama sudah dicetuskan dengan jelas sebelum Marx, sedangkan ide keempat berasal dari gagasan Marx mengenai “diktatur proletariat”. Sementara itu, masa kediktatoran Soviet sekarang lebih merupakan hasil dari langkah-langkah Lenin dan Stalin dari pada gagasan Marx.

Sumber :

https://tokopediaaplikasi.id/

You might be interested in …

Tujuan Hukum Humaniter Intenasional

Uncategorized

Tujuan Hukum Humaniter Intenasional Tujuan studi Hukum Humaniter  Internasional Kebiasaan (HHI Kebiasaan) ini ialah untuk mengatasi sebagian dari masalah-masalah  yang berkaitan dengan penerapan Hukum Humaniter Internasional Perjanjian  (HHI Perjanjian).  HHI Perjanjian telah disusun dengan baik dan telah mencakup banyak aspek menyangkut peperangan. Dengan demikian, HHI Perjanjian memberikan perlindungan kepada beragam orang selama berlangsungnya perang dan […]

Read More
Faktor-faktor penentu Ekspor-Impor

Faktor-faktor penentu Ekspor-Impor

Uncategorized

Faktor-faktor penentu Ekspor-Impor Faktor-faktor yang menentukan Ekspor Banyak faktor yang akan menentukan hal ini dan pada dasarnya kepentingan ekspor di suatu negara selalu berbeda dengan negara lain. di sebagaian negara ekspor sangat penting, yaitu meliputi bagian yang cukup besar dari pendapatan nasional. Akan tetapi disebagian negara lain peranannya relatif kecil. Suatu negara dapat mengekspor barang […]

Read More

Negara-Negara lain

Uncategorized

Negara-Negara lain Hubungan dengan Rumah Tangga Negara-negara lain(dunia internasional) menyediakan barang dan jasa untuk kepentingan rumah tangga yang dilakukan di pasar luar negeri, dari pasar luar negeri masuk ke dalam pasar barang dalam negeri sehingga produk yang dihasilkan dapat dibeli oleh rumah tangga. Sehingga dari transaksi jual beli tersebut negara lain mendapatkan laba/keuntungan. Hubungan dengan […]

Read More