Kekuatan dari Koperasi

Kekuatan dari Koperasi

Kekuatan (Strength) yaitu kekuatan apa saja yang dimiliki koperasi. Dengan mengetahui kekuatan, koperasi dapat dikembangkan menjadi lebih tangguh hingga mampu bertahan dalam perekonomian di Indonesia dan mampu bersaing untuk pengembangan selanjutnya.

Peterson (2005), mengatakan bahwa koperasi harus memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif dibandingkan organisasi-organisasi bisnis lainnya untuk bisa menang dalam persaingan di dalam era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini.

Keunggulan kompetitif disini didefinisikan sebagai suatu kekuatan organisasional yang secara jelas menempatkan suatu perusahaan di posisi terdepan dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Faktor-faktor keunggulan kompetitif dari koperasi harus datang dari:

  1. Sumber-sumber tangible seperti kualitas atau keunikan dari produk yang dipasarkan (misalnya koperasi susu, koperasi harus memperhatikan kualitas susu yang dihasilkan) dan kekuatan modal
  2. Sumber-sumber bukan tangible seperti brand name, reputasi, dan pola manajemen yang diterapkan
  3. Kapabilitas atau kompetensi-kompetensi inti yakni kemampuan yang kompleks untuk melakukan suatu rangkaian pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan kompetitif.

Koperasi merupakan lembaga yang sangat berperan penting di Indonesia dalam perkembangan perekonomian. Lumrahnya sebagai lembaga yang berperan besar, tentunya mempunyai beberapa kekuatan atau kelebihan. Berikut beberapa kekuatan atau kelebihan dari koperasi, seperti :

  1. Pendirian koperasi mempunyai dasar hukum yang jelas dan kuat

Koperasi merupakan jenis usaha yang sudah mempunyai dasar hukum dalam pembentukannya. Sehingga bentuk badan hukum koperasi sangatlah kuat. Di banding dengan usaha perseorangan.

  1. Adanya tanggung jawab bersama di antara anggotanya

Usaha koperasi di lakukan dengan cara berkelompok yang minimal anggota koperasi adalah 20 orang. Jadi setiap kerugian koperasi di tanggung bersama oleh seluruh anggota koperasi. Begitu juga dengan kegiatan usaha koperasi di lakukan oleh seluruh anggota koperasi. Dengan demikian koperasi akan lebih cepat berkembang di dalam usahanya.

  1. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam kehidupan berkoperasi

Anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama, baik hak untuk di pilih menjadi pengurus atau pengawas koperasi maupun kewajiban dalam menyetorkan modal koperasi. Dan juga dalam penyetoran simpanan. Tidak seperti PT yang sesuai dengan persentase kepemilikan saham.

  1. Adanya transparansi pengelolaan, karena ada prinsip dari, oleh, dan untuk anggota

            Seluruh kegiatan koperasi di laporkan secara transparan kepada anggota koperasi melalui rapat anggota tahunan (RAT). Maupun rapat anggota luar biasa jika ada kejadian khusus yang mendesak.

 

baca juga :

You might be interested in …

Tipe Awan Tinggi

Tipe Awan Tinggi

Pendidikan

Tipe Awan Tinggi Awan tinggi ialah awan yang terbentuk atau berada pada ketinggian> 20.000 kaki di atas permukaan laut. Awan tinggi dibagi menjadi 3 jenis. Jenis tipe awan tinggi dan gambarnya sanggup dilihat pada klarifikasi berikut: a. Awan Cirrus Awan Cirrus ialah awan putih terpisah dengan serat halus atau filamen dan sheen sutra. Awan Cirrus […]

Read More
KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

Pendidikan

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN Konsumsi Pengertian Konsumsi Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatubarang dan jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya. Ciri-ciri barang konsumsi a.Barang konsumsi untuk mempeorlehnya diperlukan pengorbanan (barang ekonomi) b.Barang konsumsi […]

Read More
PEMAIN TERBAIK DALAM SEJARAH BULU TANGKIS INDONESIA

PEMAIN TERBAIK DALAM SEJARAH BULU TANGKIS INDONESIA

Pendidikan

PEMAIN TERBAIK DALAM SEJARAH BULU TANGKIS INDONESIA RUDY HARTONO SETIAWAN Rudy Hartono lahir pada 18 Agustus 1949, dia merupakan pebulutangkis yang disegani di dunia pada masanya. Tercatat dia telah memenangkan kejuaran bergengsi All-England Championship sebanyak delapan kali sepanjang karirnya. Dimana 7 gelar diraihnya secara berturut-turut alias tanpa pernah putus. Dan kemenangan tersebut diperoleh dari tahun […]

Read More