Kekuatan dari Koperasi

Kekuatan dari Koperasi

Kekuatan (Strength) yaitu kekuatan apa saja yang dimiliki koperasi. Dengan mengetahui kekuatan, koperasi dapat dikembangkan menjadi lebih tangguh hingga mampu bertahan dalam perekonomian di Indonesia dan mampu bersaing untuk pengembangan selanjutnya.

Peterson (2005), mengatakan bahwa koperasi harus memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif dibandingkan organisasi-organisasi bisnis lainnya untuk bisa menang dalam persaingan di dalam era globalisasi dan perdagangan bebas saat ini.

Keunggulan kompetitif disini didefinisikan sebagai suatu kekuatan organisasional yang secara jelas menempatkan suatu perusahaan di posisi terdepan dibandingkan pesaing-pesaingnya.

Faktor-faktor keunggulan kompetitif dari koperasi harus datang dari:

  1. Sumber-sumber tangible seperti kualitas atau keunikan dari produk yang dipasarkan (misalnya koperasi susu, koperasi harus memperhatikan kualitas susu yang dihasilkan) dan kekuatan modal
  2. Sumber-sumber bukan tangible seperti brand name, reputasi, dan pola manajemen yang diterapkan
  3. Kapabilitas atau kompetensi-kompetensi inti yakni kemampuan yang kompleks untuk melakukan suatu rangkaian pekerjaan tertentu atau kegiatan-kegiatan kompetitif.

Koperasi merupakan lembaga yang sangat berperan penting di Indonesia dalam perkembangan perekonomian. Lumrahnya sebagai lembaga yang berperan besar, tentunya mempunyai beberapa kekuatan atau kelebihan. Berikut beberapa kekuatan atau kelebihan dari koperasi, seperti :

  1. Pendirian koperasi mempunyai dasar hukum yang jelas dan kuat

Koperasi merupakan jenis usaha yang sudah mempunyai dasar hukum dalam pembentukannya. Sehingga bentuk badan hukum koperasi sangatlah kuat. Di banding dengan usaha perseorangan.

  1. Adanya tanggung jawab bersama di antara anggotanya

Usaha koperasi di lakukan dengan cara berkelompok yang minimal anggota koperasi adalah 20 orang. Jadi setiap kerugian koperasi di tanggung bersama oleh seluruh anggota koperasi. Begitu juga dengan kegiatan usaha koperasi di lakukan oleh seluruh anggota koperasi. Dengan demikian koperasi akan lebih cepat berkembang di dalam usahanya.

  1. Setiap anggota mempunyai hak dan kewajiban yang sama dalam kehidupan berkoperasi

Anggota koperasi mempunyai hak dan kewajiban yang sama, baik hak untuk di pilih menjadi pengurus atau pengawas koperasi maupun kewajiban dalam menyetorkan modal koperasi. Dan juga dalam penyetoran simpanan. Tidak seperti PT yang sesuai dengan persentase kepemilikan saham.

  1. Adanya transparansi pengelolaan, karena ada prinsip dari, oleh, dan untuk anggota

            Seluruh kegiatan koperasi di laporkan secara transparan kepada anggota koperasi melalui rapat anggota tahunan (RAT). Maupun rapat anggota luar biasa jika ada kejadian khusus yang mendesak.

 

baca juga :

You might be interested in …

Keuntungan utama dari Orfice plate

Keuntungan utama dari Orfice plate

Pendidikan

Keuntungan utama dari Orfice plate Keuntungan utama dari Orfice plate ini adalah dari : Konstruksi sederhana Ukuran pipa dapat dibuat persis sama dengan ukuran pipa sambungan. Harga pembuatan alat cukup murah Output cukup besar Mudah dalam pemasangan Mudah dalam penggantian Kerugian menggunakan Orfice plate adalah : Jika terdapat bagian padat dari aliran fluida, maka padat […]

Read More
Open Source

Open Source

Pendidikan

Open Source ASK Kenapa anda dianjurkan menggunakan software open source dalam membuat aplikasi ?  Buatlah keuntungan dan kerugiannya dalam blog anda sebagai tulisan bila anda submid ke studentsite. Minimal 4 paragraf. Tulislah sumber yang anda pakai.   ANSWER Pengertian Open Source Open Source adalah Sebuah sistem yang digunakan untuk mendistribusikan perangkat lunak kepada pengguna dengan […]

Read More
Tulang Rusukku Hilang.

Tulang Rusukku Hilang.

Pendidikan

Tulang Rusukku Hilang Cerita ini saya posting untuk seorang teman yang sedang duduk termenung disana menyesali diri. Kehidupan cinta yang penuh dengan pertengkaran membuat teman saya ini merasa salah memilih calon pendamping hidupnya yaiu sang pacar yang sudah 4 tahun menemani hari-harinya. cerita ini untuk kita semua yang sering kali membuat sedihati orang yang kita […]

Read More