KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN
KEGIATAN EKONOMI KONSUMEN DAN PRODUSEN

Konsumsi

Pengertian Konsumsi

Konsumsi adalah suatu kegiatan yang bertujuan mengurangi atau menghabiskan nilai guna suatubarang dan jasa dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan hidup. Sedangkan konsumen adalah orang yang mengkonsumsi barang dan jasa hasil produksi untuk memenuhi kebutuhannya.

Ciri-ciri barang konsumsi

a.Barang konsumsi untuk mempeorlehnya diperlukan pengorbanan (barang ekonomi)

b.Barang konsumsi dikerjakan untuk memenuhi kebutuhan hidup manusia.

c.Manfaat nilai atau jumlah barang yang digunakan tersebut akan habis sekaligus atau berangsur-angsur.

Benda atau barang konsumsi dapat dibedakan sebagai berikut

a.Barang yang habis dalam sekali pemakaian, misalnya makanan, minuman, dan obat-obatan.

b.Barang yang pemakaiannya berulang-ulang atau dalam waktu relative lama, misalnya pakaian, sepatu dan   tas.

Tujuan kegiatan konsumsi

a.Mengurangi nilai guna suatu barang dan jasa secara bertahap.

b.Menghabiskan atau mengurangi nilai guna suatu barang sekaligus.

c.Memuaskan kebutuhan jasmani dan rohani

Manfaat dan Nilai Suatu Barang

Barang dan jasa mempunyai nilai guna atau manfaat apabila dikonsumsi untuk memenuhi kebutuhan manusia.

Nilai pakai, yaitu kemampuan suatu barang untuk dipakai dalam memenuhi kebutuhan manusia.

Nilai pakai dapat dibedakan sebagai berikut.

1) Nilai pakai subjektif, yaitu nilai yang diberikan oleh seseorang terhadap suatu barang karena barang tersebut dapat digunakan untuk memenuhi kebutuhan sendiri. Misalnya cangkul bagi petani, gergaji bagi tukang kayu.

2) Nilai pakai objektif, yaitu kemampuan suatu barang secara umum untuk dipakai dalam memenuhi kebutuhan manusia, misal : pakaian, rumah, dan sepeda.

Nilai tukar yaitu kemampuan suatu barang untuk dapat ditukarkan dengan barang atau jasa lain.

Nilai tukar dapat dibedakan antara lain sebagai berikut.

1) Nilai tukar subjetif, yaitu nilai tukar suatu barang menurut sudut pandang pemiliknya, misal beras ditukar dengan apel.

2) Nilai tukar objektif, yaitu nilai tukar suatu barang yang berlaku secara umum berdasarkan barnag itu sendiri, misal sepeda motor dan televise.

Baca Juga

You might be interested in …

Upload File dengan PHP

Upload File dengan PHP

Pendidikan

Upload File dengan PHP PHP dapat digunakan meng-upload file ke server. Buat Form Upload-File Untuk memberikan kesempatan user dapat  meng- upload files dari suatu form dapat sangat bermanfaat /Perhatikan form HTML berikit  : <html> <body> <form action=”upload_file.php” method=”post” enctype=”multipart/form-data”> <label for=”file”>Filename:</label> <input type=”file” name=”file” id=”file” /> <br /> <input type=”submit” name=”submit” value=”Submit” /> </form> </body> […]

Read More
CONTOH KASUS PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE

CONTOH KASUS PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE

Pendidikan

CONTOH KASUS PADA PT. PRUDENTIAL LIFE ASSURANCE Perusahaan besar harus siap dengan ujian besar pula. Di tengah pergeseran tren masyarakat yang mulai menunjukkan minat terhadap sistem asuransi, perusahaan asuransi pun harus menunjukkan bahwa ia betul-betul dapat menjadi andalan dan harapan masyarakat yang membutuhkan “perlindungan”nya. Sedikit memantau. Setelah dahulu pernah bermasalah (digugat pailit) oleh salah satu […]

Read More
Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan

Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan

Pendidikan

Kreativitas, Kunci Meningkatkan Konsumsi Ikan   BANDUNG Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Jawa Barat Netty Heryawan mengatakan ikan merupakan sumber protein hewani yang sangat efektif memenuhi kebutuhan gizi anak. Agar anak mau mengonsumsi ikan, diperlukan kreativitas tinggi dari Ibu untuk mengolahnya. Program Pokja III di PKK “Jadi jangan sampai ketika anak ditanya makan ikan engga […]

Read More