jenis kecerdasan majemuk

jenis kecerdasan majemuk

jenis kecerdasan majemuk

jenis kecerdasan majemuk
jenis kecerdasan majemuk

 

a. Kecerdasan verbal-Linguistik

anak-anak yang meninjol dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menggunkan kata-kata dan abhasa dalam berbagai bentuk. Membca dan menulis dapat dilakukan dan kemampuan ini tercermin pula dalam prestasi mereka.

b. Kecerdasan logika-Matematika

kemampuan kecerdasan ini tercermin dalam ketajaman melihat pola(model) dan melakukan pendekatan terhadap suatu secara logis. Anak-anak yang kuat dalam kecerdasan ini memilki kemampuan menghitung yang amat baik dan begitu juga dengan kemampuan sains mereka, serta tergolong oreang-orang yang cenderung melakukan sesuatu dengan sempurna dan sistematis.

c. Kecerdasan visualspasial-spasial

kecerdasan ini tercermin pada kemampuan untuk membuntuk pada mental modeel, melakukan ataksi dan mengoprasikan model tersebut. Anak yang memiliki kecerdasan ini memilki kemampuan untuk emmvisualisasikan berbagai hal dan memiliki kelebihan dalam hal berfikir melalui gambar. Anak-anak ini berfikir dalam bentuk menghayalkan dan dalam bentuk gambar.

d. Keceredasan gerak tubuh (kinestetik)

kecerdsan ini menggunakan tubuh, atau bagian anggota tubuh untuk memecahkan masalah dan berkomunikasi. Anak dengan kecerdasan gerak tubuh memiliki kemampuan koordinasi yang tinggi, taktik, dan senang menyentuk segala sesuatu. Mereka amat menyukai amat kegiatan atletik dan lebih senang terjun dalam kegiatan tersebut dari pada menjadi penonton.

Baca Juga: https://www.pendidik.co.id/fungsi-lembaga-keluarga/

e. musikal-Berirama anak-ank yang peka terhadap bunyi-bunyi

non ferbal dalam linhkungan seperti irama, tinggi rendah suara, dan pola nada. Anak yang memiliki kecerdasan musikal senang bersandung dan dengan mudah dapat mengubah suara-suara menjadi irama. Mereka mudah sekali mengingat melodi.

f. Kecerdasan antar diri-interpersonal memiliki kepekaan

dan mengerti akan perasaan orang lainanak yang memiliki kecerdasan antar diri yang tinggi biasanya mampu dengan baik bekerja dalam kelompok dan sring berperan sebagai pemimpin.

g. Kecerdasan dalam diri-Intrapersonal

memiliki kepekaan akan perasaan yang paling dalam dari diri sendiri, mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri. Anak-anak ini biasanya menyimpan catatan-catatan dan hasil kerja mereka dengan baik dan menikmati kesunyian (menyediakan waktu dan tempat untuk diri sendiri). Kadang-kadang kemampuan meta kognitif (mengenai proses berpikir mereka sndiri) diperbaiki. Menyadari akan emosi mereka sendiri, mampu mengungkapkan perasaan mereka dengan baik.

h. Kecerdasan alam-naturalistik

anak akan menjadi seorang pengamat lingkungan yang baik, menyadari apa bila terjadi perubahan dalam lingkungan, senang melakukan percobaan, memilah-milah, dan mngelompokkan benda-benda, serta senang memelihara binatang dan merawat tubuh.

You might be interested in …

Mall BTM Bakal Gelar Event Marathon

Mall BTM Bakal Gelar Event Marathon

Pendidikan

Mall BTM Bakal Gelar Event Marathon The City Of Runners Guna mendukung Kota Bogor sebagai destinasi pelari atau The City Of Runners, Mall BTM salah satu shoping center yang berada di sekitaran Kebun Raya Bogor akan menggelar kegiatan lari marathon di Kota Bogor. Center Director Mall BTM Andreas Slamet s Hal tersebut dikatakan Center Director […]

Read More
Faktor-Faktor Produktivitas

Faktor-Faktor Produktivitas

Pendidikan

Faktor-Faktor Produktivitas Produktivitas kerja sebagai salah satu orientasi manajemen dewasa ini, keberadaannya dipengaruhi oleh berbagai faktor. Faktor-faktor yang mempengaruhi terhadap produktivitas pada dasarnya dapat diklasifikasikan kedalam dua jenis, yaitu pertama faktor-faktor yang berpengaruh secara langsung, dan kedua faktor-faktor yang berpengaruh secara tidak langsung. 1. Remunerasi Remunerasi adalah merupakan imbalan atau balas jasa yang diberikan perusahaan […]

Read More
IT Del Laguboti Gelar Wisuda XVI dan Dies Natalis XVIII

IT Del Laguboti Gelar Wisuda XVI dan Dies Natalis XVIII

Pendidikan

IT Del Laguboti Gelar Wisuda XVI dan Dies Natalis XVIII Institut Teknologi (IT) Del Laguboti, Kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba Samosir, menggelar wisuda XVI dan Dies Natalis XVIII, di gedung serbaguna Yayasan Del Laguboti, Sabtu (7/9). Hadir pada wisuda dan dies natalis ini, Menko Kemaritiman Jenderal (Purn) Luhut Binsar Panjaitan yang juga Ketua Dewan Pembina Yayasan […]

Read More