Jenis – Jenis Terong

Jenis – Jenis Terong

Terong banyak jenisnya, yaitu :

  1. Terong Telunjuk Terong ini berbentuk seperti telunjuk, berukuran sedang dan berwarna hijau muda. Biasanya terong jenis ini diolah menjadi balado, semur, atau pencak.
  2. Terong Belanda Bentuk terong ini oval sebesar telur. Waktu muda berwarna kuning, ketika matang kulitnya berubah menjadi keunguan. Rasa terong ini asam, biasanya dibuat sirup atau jus, bisa juga dikonsumsi sebagai buah segar.
  3. Terong Gelatik Ungu Biasanya orang mengonsumsi terong berwarna ungu ini sebagai lalapan mentah. Bentuknya seperti bola pimpong.
  4. Terong Gelatik Bentuknya terong ini sama dengan terong gelatik ungu, bedanya terletak pada warna kulit. Jika terong gelatik ungu berwarna ungu, terong ini berwarna hijau denagn garis-garis putih pada ujung buah. Terong ini disebut terong lalap karena sering dimakan sebagai lalap atau pelengkap karedok.
  5. Terong Kopek Terong ini banyak dikonsumsi masyarakat sebagi sayur atau balado.
  6. Terong Jepang Terong ini bentuknya bulat panjang, mirip terong kopek, namun ukurannya lebih kecil dan warnanay ungu tua.
  7. Terong Tekokak dan Leunca Terong ini oleh masyarakat sunda biasanya dikonsumsi sebagai lalap yang diolah dengan oncom, tauco, atau campuran pepes.
  8. Terong Putih Bentuknya mirip terong jepang, tetapi ukurannya sedikit lebih besar. Warnanya putih bersih, biasa diolah sebagai campuran isi pasta atau dibuat terong isi daging.

  1. Khasiat Terong

  2. Menghambat kerusakan pembuluh darah.
  3. Terong diketahui punya manfaat sebagai antikejang, antikanker, dan pendepak gangguan pembuluh darah.
  4. Di Nigeria, terong digunakan sebagai tanaman kontrasepsi, terutama untuk kaum pria. Mungkin lantaran dikait-kaitkan dengan manfaatnya sebagai kontrasepsi dalam KB itu, terong dituding sebagai salah satu tanaman penyebab impoten. Padahal, hal itu belum tentu benar atau malah tak lebih dari sekadar mitos.
  5.  Masyarakat Nigeria juga mendewakan tumbuhan ini karena bisa meredam “penyakit” gugup. Kemampuan ini telah dibuktikan secara ilmiah terhadap marmut yang diberi sari terong mentah.
  6. Terong bisa digunakan untuk mencegah dan mengobati serangan epilepsi dan penyakit kejang lainnya, seperti yang diyakini dalam pengobatan tradisional. Melalui penelitian diketahui, dalam buah terong terkandung striknin, skopolamin, skopoletin, dan skoparon yang bisa menghambat serangan sawan, gugup, atau kekejangan saraf.
  7. Di Korea, terong yang telah dikeringkan bila dikonsumsi bisa pula mengobati sakit pinggang, encok, pinggang kaku, dan nyeri lainnya.
  8.  Secara empiris, sayuran ini pun mampu mengobati campak, cacar air, ketergantungan alkohol, gastritis, dan luka bakar.
  9. Penelitian di Jepang menunjukkan, jus terong bisa menekan kerusakan pada sel-sel dengan penyimpangan kromosom sebagai pertanda adanya kanker. Kandungan tripsin (protease) inhibitor pada terong diyakini bisa melawan serangan zat pemicu kanker. Pada penelitian lebih spesifik, terong dinyatakan sangat baik untuk mengurangi risiko penyakit kanker.
  10. Penelitian membuktikan pula bahwa terong ini bisa menetralkan kerusakan pembuluh darah arteri. Melalui pengobatan tradisional yang juga telah dibuktikan para ilmuwan gangguan pembuluh darah ini bisa dikurangi, bahkan ditanggulangi dengan cara mengonsumsi terong.
  11. Menurunkan kolesterol.

sumber :

https://dogetek.co/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar

Pendidikan

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar Minat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena bila hal yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena siswa akan melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diminatinya. Dengan memiliki minat belajar yang tinggi, siswa akan merasa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga berpotensi untuk […]

Read More

Bahaya Yang Ditimbulkan oleh Perbuatan Zina

Pendidikan

Bahaya Yang Ditimbulkan oleh Perbuatan Zina Apa yang kita saksikan di sekitar kita pada saat ini, berupa kekacauan dan penyimpangan yang timbul akibat pengumbaran nafsu seksual yang dilakukan tanpa memperhatikan aturan syariat, membuat kita semakin yakini kebenaran Al-Quran. Terlebih lagi setelah ditemukan penyakit berbahaya yang disebabkan oleh perbuatan terkutuk itu sehingga dilanda ketakutan yang amat […]

Read More
Istilah telematika pertama kali

Istilah telematika pertama kali

Pendidikan

Istilah telematika pertama kali Istilah telematika pertama kali digunakan pada tahun 1978 oleh Simon Nora dan Alain Minc dalam bukunya L’informatisation de la Societe. Istilah telematika ini berasal dari kata dalam Bahasa Perancis yaitu ”telematique”, yang merupakan gabungan dari dua kata yaitu telekomunikasi dan informatika. Dua kata tersebut memiliki arti sebagai berikut : • Telekomunikasi : […]

Read More