Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Minyak atisiri merupakan suatu minyak yang mudah mengalami penguapan dan berbau aromatik.
Adapun cara pengambilan minyak dari berbagai tumbuhan penghasil minyak atsiri diantaranya : Destilasi, Pengepresan, Meserasi, dan Enfleurasi

1. Destilasi

Destilasi adalah proses pemisahan zat-zat cair dari campurannya dengan berdasarkan perbedaan titik didih. Pada proses destilasi sederhana, suatu campuran dapat dipidahkan bila zat-zat penyusunya tersebut mempunyai perbedaan titik didih cukup tinggi.
Dasar pemisahan pada destilasi adalah perbedaan titik didih komponen cairan yang dipisahkan pada tekanan tertentu. Penguapan diferensiasi dari suatu campuran cairan merupakan bagian terpenting dalam proses pemisahan dengan destilasi, diikuti dengan cara penampungan material uap dengan cara pendingindan pengembunan dalam kondensor pendingin air (Kusumaningrum, Widya, dkk, 2014).
Prinsip dasar dalam proses destilasi yaitu dengan berdasarkan perbedaan titik didih, senyawa dengan titik didih yang paling rendah akan terpisah terlebih dahulu. Air pendingin dimasukkan dari ujung yang paling dekat dengan adaptor, dan air keluar melalui ujung pendingin yang lain. Termometer dipasang sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan titik didih senyawa yang sedang dipisahkan. Ujung termometer diletakkan tepat pada posisi ujung pendingin.
Metode destilasi yang umum digunakan dalam produksi minyak atsiri adalah destilasi air dan destilasi uap-air. Karena metode tersebut merupakan metode yang sederhanan dan membutuhkan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan destilasi uap.
Syarat utama pemisahan campuran dengan cara destilasi adalah semua komponen yang terdapat didalam campuran haruslah bersifat volatil. Pada suhu yang sama, tingkat penguapan pada masing-masing komponen akan berbeda-beda. Hal ini berarti bahwa pada suhu tertentu, komponen yang lebih volatil dengan campuran cairan akan lebih banyak bengkit uap. Sifat demikian ini akan terjadi sebaliknya, yakni pada suhu tertentu fasa cairan akan lebih banyak mengandung komponen yang kurang volatil. Jadi cairan yang setimbang dengan uapnya pada suhu tertentu memiliki komposisi yang berbeda. Perbedaan komposisi dalam ketimbangan uap-cairan dapat dengan mudah dipelajari pada destilasi pemisahan campuran alkohol dan air.
2. Pengepresan
Pengepresan adalah proses pengambilan minyak atsiri dengan cara pengepresan yang dillkukan terhadap bahan berupa biji, buah atau kulit luar yang dihasilkan dari tanaman yang termasuk famili citrus. Hal ini disebabkan minyak dari famili tanaman tersebut akan mengalami kerusakan jika diekstaksi dengan cara penyulingan. Dengan pengepresan maka sel-sel yang mengansung minyak akan pecah dan minyak akan mengalir kepermukaan bahan.
Pada metode pengepresan, alat yang digunakan berupa mesin pengepres. Alat ini bekerja dengan cara menekan bahan baku hingga sel penghasil minyak akan pecah dan minyak akan keluar.
3. Maserasi
Maserasi adalah pembuatan minyak dengan lemak panas tidak berbeda jauh dengan metode lemak dingin. Bahan dab peralatan yang digunakan pun tidak jauh berbeda. Perbedaannya anya terletak pada bagian awal proses, yaitu menggunakan lemak panas. Sedangkan alat yang digunakan yaitu evaporator vakum. Selain itu, dibutuhkan wadah beruoa bak atau baskom untuk merendam bunga dalam lemak panas. Bahan yang diperlukan dalam material yaitu lemak dan alkohol. Lemak digunkan sebagai adsorben, sedangkan alkohol digunkan untuk melarutkan lemak.
Proses maserasi dilakukan dalam beberapa tahapan :
  1. Pilih bunga yang bagus dengan tingkat ketuan optimum (belum mekar penuh).
  2. Rendam bunga dalam lemak yang telah dipanasi sampai suhunya mencapai kondisi cair dan biarkan satu malam.
  3. Keesokan harinya tambahkan alkohol panas dalam lemak, lalu aduk dan saring untuk memisahkan bunganya,
  4. Simpan campuran lemak dan alkohol dalam pendingin agar membeku sehingga mudah dipisahkan.
  5. Pemisahan dilakukan dengan penyaringan sampai larutan benar-benar bebas dari lemak.
  6. Larutan yang bebas lemak tersebut selanjutnya dievarporasi pada kondisi vakum sampai memperoleh absolute.

Sumber: https://infotoyotabandung.co.id/huawei-luncurkan-nova-2i-ponsel-pintar-dengan-empat-kamera/

You might be interested in …

Pentingnya Mempelajari Manajemen

Umum

Pentingnya Mempelajari Manajemen Setelah uraian mengenai fungsi-fungsi manajemen di atas, kita dapat menyimpulkan bahwa manajemen itu sangat penting, mengingat manajemen itu memiliki fungsi-fungsi penting yang telah dikemukakan di atas. Pada dasarnya manajemen itu penting, sebab: Pekerjaan itu berat dan sulit untuk dikerjakan sendiri, sehingga diperlukan pembagian kerja, tugas, dan tanggung jawab dalam menyelesaikannya. Perusahaan akan dapat berhasil […]

Read More

Syekh Mubarak (ayah Abu Fazl dan Fauzi

Umum

DAMPAK DIN-I-ILAHI Sultan Akbar tidak memaksakan gagasannya tentang Din-i-Ilahi kepada siapapun. Akan tetapi dia berusaha menyebarkannya kepada kalangan pejabat kerajaan. Mereka berjumlah 18 orang dimana 17 orang beragama Islam dan 1 orang beragama Hindu. Mereka adalah : 1. Abul Fazl (sekretaris kerajaan sekaligus sekretaris Din-i-Ilahi) 2. Fauzi (saudara Abul Fazl, penyair istana) 3. Syekh Mubarak […]

Read More

makalah istishab

Umum

ISTISHAB Latar Belakang Masalah عروة انتقضت فكّلما عروة عروة الاسلام عرى لينقض ّ ن : قال سلم و عليه الله صّلى لله رسول عن الباهل ّ ي أمامة أبى عن احمد رواه ( ال ّ صلاة أخره ّ ن و الحكم نقضا ا ّ وله ّ ن و تليها باّلتى الّ ناس تشّ بث ” […]

Read More