Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Isolasi Minyak Atsiri Secara umum

Minyak atisiri merupakan suatu minyak yang mudah mengalami penguapan dan berbau aromatik.
Adapun cara pengambilan minyak dari berbagai tumbuhan penghasil minyak atsiri diantaranya : Destilasi, Pengepresan, Meserasi, dan Enfleurasi

1. Destilasi

Destilasi adalah proses pemisahan zat-zat cair dari campurannya dengan berdasarkan perbedaan titik didih. Pada proses destilasi sederhana, suatu campuran dapat dipidahkan bila zat-zat penyusunya tersebut mempunyai perbedaan titik didih cukup tinggi.
Dasar pemisahan pada destilasi adalah perbedaan titik didih komponen cairan yang dipisahkan pada tekanan tertentu. Penguapan diferensiasi dari suatu campuran cairan merupakan bagian terpenting dalam proses pemisahan dengan destilasi, diikuti dengan cara penampungan material uap dengan cara pendingindan pengembunan dalam kondensor pendingin air (Kusumaningrum, Widya, dkk, 2014).
Prinsip dasar dalam proses destilasi yaitu dengan berdasarkan perbedaan titik didih, senyawa dengan titik didih yang paling rendah akan terpisah terlebih dahulu. Air pendingin dimasukkan dari ujung yang paling dekat dengan adaptor, dan air keluar melalui ujung pendingin yang lain. Termometer dipasang sedemikian rupa sehingga dapat menunjukkan titik didih senyawa yang sedang dipisahkan. Ujung termometer diletakkan tepat pada posisi ujung pendingin.
Metode destilasi yang umum digunakan dalam produksi minyak atsiri adalah destilasi air dan destilasi uap-air. Karena metode tersebut merupakan metode yang sederhanan dan membutuhkan biaya yang lebih rendah jika dibandingkan dengan destilasi uap.
Syarat utama pemisahan campuran dengan cara destilasi adalah semua komponen yang terdapat didalam campuran haruslah bersifat volatil. Pada suhu yang sama, tingkat penguapan pada masing-masing komponen akan berbeda-beda. Hal ini berarti bahwa pada suhu tertentu, komponen yang lebih volatil dengan campuran cairan akan lebih banyak bengkit uap. Sifat demikian ini akan terjadi sebaliknya, yakni pada suhu tertentu fasa cairan akan lebih banyak mengandung komponen yang kurang volatil. Jadi cairan yang setimbang dengan uapnya pada suhu tertentu memiliki komposisi yang berbeda. Perbedaan komposisi dalam ketimbangan uap-cairan dapat dengan mudah dipelajari pada destilasi pemisahan campuran alkohol dan air.
2. Pengepresan
Pengepresan adalah proses pengambilan minyak atsiri dengan cara pengepresan yang dillkukan terhadap bahan berupa biji, buah atau kulit luar yang dihasilkan dari tanaman yang termasuk famili citrus. Hal ini disebabkan minyak dari famili tanaman tersebut akan mengalami kerusakan jika diekstaksi dengan cara penyulingan. Dengan pengepresan maka sel-sel yang mengansung minyak akan pecah dan minyak akan mengalir kepermukaan bahan.
Pada metode pengepresan, alat yang digunakan berupa mesin pengepres. Alat ini bekerja dengan cara menekan bahan baku hingga sel penghasil minyak akan pecah dan minyak akan keluar.
3. Maserasi
Maserasi adalah pembuatan minyak dengan lemak panas tidak berbeda jauh dengan metode lemak dingin. Bahan dab peralatan yang digunakan pun tidak jauh berbeda. Perbedaannya anya terletak pada bagian awal proses, yaitu menggunakan lemak panas. Sedangkan alat yang digunakan yaitu evaporator vakum. Selain itu, dibutuhkan wadah beruoa bak atau baskom untuk merendam bunga dalam lemak panas. Bahan yang diperlukan dalam material yaitu lemak dan alkohol. Lemak digunkan sebagai adsorben, sedangkan alkohol digunkan untuk melarutkan lemak.
Proses maserasi dilakukan dalam beberapa tahapan :
  1. Pilih bunga yang bagus dengan tingkat ketuan optimum (belum mekar penuh).
  2. Rendam bunga dalam lemak yang telah dipanasi sampai suhunya mencapai kondisi cair dan biarkan satu malam.
  3. Keesokan harinya tambahkan alkohol panas dalam lemak, lalu aduk dan saring untuk memisahkan bunganya,
  4. Simpan campuran lemak dan alkohol dalam pendingin agar membeku sehingga mudah dipisahkan.
  5. Pemisahan dilakukan dengan penyaringan sampai larutan benar-benar bebas dari lemak.
  6. Larutan yang bebas lemak tersebut selanjutnya dievarporasi pada kondisi vakum sampai memperoleh absolute.

Sumber: https://infotoyotabandung.co.id/huawei-luncurkan-nova-2i-ponsel-pintar-dengan-empat-kamera/

You might be interested in …

CARA MENCUCI KAIN VELVET AGAR TIDAK RUSAK

CARA MENCUCI KAIN VELVET AGAR TIDAK RUSAK

Fashion, Umum

CARA MENCUCI KAIN VELVET AGAR TIDAK RUSAK Terkait dengan metode yang harus digunakan ketika mencuci bahan satu ini, langsung saja simak ulasan lengkapnya berikut ini. 1. MENGGUNAKAN METODE DRY CLEAN Bahan satu ini, juga disebut sebagai salah satu material pada bahan busana yang aman dicuci dengan menggunakan metode dry clean. Terkait dengan petunjuk serta cara […]

Read More

Atap Galvalum

Umum

Atap Galvalum Galvalum adalah baja berkualitas tinggi, ringan dan tipis. Meskipun Galvalum sangat ringan dan tipis, kekuatannya tidak kalah dengan baja konvensional lainnya. Jangan meremehkan bobot ringan dari elektroplating, karena kekuatannya sudah tidak diragukan lagi mampu menahan struktur bangunan. Jika Anda sering bermasalah dengan rayap yang memakan bangunan Anda, Anda bisa menyewa jasa pengusir rayap. […]

Read More

Pada tanggal 16 Februari 1946, dike-luarkan selebaran yang menyatakan bahwa kekuasaan di selumh Manado telah berada di tangan bangsa Indonesia

Umum

Ringkasan Peristiwa Merah Putih di Manado Lengkap Peristiwa Merah Putih di Manado, para pemuda yang tergabung dalam pasukan KNIL kompi VII di bawah pimpinan Ch. Ch. Taulu bersama dengan rakyat melakukan perebutan kekuasaan di Manado, Tomohon, dan Minahasa pada tanggal 14 Februari 1946. Sekitar 600 orang pasukan dan pejabat Belanda berhasil ditawan. Pada tanggal 16 […]

Read More