Ini Dia Aturan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Ini Dia Aturan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Ini Dia Aturan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

 

Ini Dia Aturan Menyanyikan Lagu Indonesia Raya

Baraya Disdik Jabar

Ternyata dalam menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya terdapat beberapa aturan yang harus kita patuhi. Aturan tersebut tertuang dalam Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 1958 Tentang Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dalam PP tersebut tidak saja dijelaskan tujuan penggunaan Lagu Kebangsaan, akan tetapi mengenai tata tertib penggunaannya hingga aturan hukum.

Dalam Bab II tentang Penggunaan Lagu Kebangsaan, pada Pasal 4, ayat (1) yang berbunyi

Lagu Kebangsaan diperdengarkan atau dinyanyikan bertujuan:  a) Untuk menghormat Kepala Negara/Wakil Kepala Negara.  b) Pada waktu penaikan/penurunan Bendera Kebangsaan yang diadakan dalam upacara, untuk menghormat Bendera itu.  c) Untuk menghormat negara asing.  Pada ayat (2) Lagu Kebangsaan dapat pula diperdengarkan/dinyanyikan:  a) Sebagai pernyataan perasaan nasional.  b) Dalam rangkaian pendidikan dan pengajaran.

BAB V tentang Tata Tertib Dalam Penggunaan Lagu Kebangsaan

Baraya Disdik Jabar, dalam BAB V tentang Tata Tertib Dalam Penggunaan Lagu Kebangsaan, dijelaskan mengenai larangan penggunaan Lagu Kebangsaan untuk beberapa hal, yaitu pada Pasal 8 ayat (1) yang berbunyi Lagu Kebangsaan tidak boleh diperdengarkan/dinyanyikan pada waktu dan tempat menurut sesuka-sukanya sendiri. Sedangkan dalam ayat (2) dijelaskan bahwa Lagu Kebangsaan tidak boleh diperdengarkan dan/atau dinyanyikan dengan nada-nada, irama, iringan, kata-kata dan gubahan-gubahan lain daripada yang tertera dalam lampiran-lampiran peraturan ini.

Selain itu, pada Pasal 9 dijelaskan bagaimana sikap seseorang yang sedang menyanyikan/ mendengarkan Lagu Kebangsaan, yaitu pada waktu Lagu Kebangsaan diperdengarkan/dinyanyikan pada kesempatan-kesempatan yang dimaksud dalam peraturan ini, maka orang yang hadir berdiri tegak di tempat masing-masing. Mereka yang berpakaian seragam dari sesuatu organisasi memberi hormat dengan cara yang telah ditetapkan untuk organisasi itu.

Sedangkan mereka yang tidak berpakaian seragam, memberi hormat dengan meluruskan lengan ke bawah dan melekatkan tapak tangan dengan jari-jari rapat pada paha, sedang penutup kepala harus dibuka, kecuali kopiah, ikat kepala sorban dan kudung atau topi wanita yang dipakai menurut agama atau adat-kebiasaan.

BAB VI pasal 10 ayat (1)

Sanksi kepada seseorang yang tidak patuh terhadap tata tertib di atas, diatur dalam BAB VI pasal 10 ayat (1), yang berbunyi : barangsiapa melanggar ketentuan-ketentuan tersebut dalam pasal 5, pasal 7 ayat 2 dan ayat 3, dan pasal 8 Peraturan ini, dihukum dengan hukuman kurungan selama-lamanya tiga bulan atau dengan denda sebanyak-banyaknya lima ratus rupiah.

 

Sumber : https://pendidikan.co.id/

You might be interested in …

PENGERTIAN BENCANA ANGIN TOPAN

Pendidikan

PENGERTIAN BENCANA ANGIN TOPAN Yang disebut angin topan adalah sebuah pusaran angin yang kencang dengan kecepatan angin kurang lebih 120 km/jam yang akan sering terjadi di wilayah-wilayah tropis di antara sisi garis utara dan selatan terkecuali di daerah yang sangat dekat dengan garis khatulistiwa. Penomena angin topan dapat terjadi disebabkan oleh perbedaan tekanan suhu pada suatu […]

Read More
DEFINISI PUPUK

DEFINISI PUPUK

Pendidikan

DEFINISI PUPUK DEFINISI PUPUK Pupuk adalah bahan kimia atau organisme yang menyediakan unsure hara bagi kebutuhan tanaman baik secara langsung maupun tidak langsung. Pupuk menurut macamnya dibagi 2 yaitu: Pupuk organik Adalah pupuk yang terbentuk atau dibuat secara alami tanpa menggunakan rekayasa kimia, fisik / biologis. Contoh: pupuk kandang, pupuk kompos, pupuk bokashi, dll. Pupuk […]

Read More
Nasir Panitia UTBK Diminta Install dan Unduh Soal Sebelum Hari H

Nasir Panitia UTBK Diminta Install dan Unduh Soal Sebelum Hari H

Pendidikan

Nasir Panitia UTBK Diminta Install dan Unduh Soal Sebelum Hari H Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Mohamad Nasir meminta Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) dan panitia ujian tulis berbasis komputer (UTBK) lokal untuk menginstall aplikasi UTBK. Fungsinya untuk mengunduh seluruh soal sebelum tes gelombang I dilakukan. Hal tersebut untuk mengantisipasi koneksi internet […]

Read More