Individu dalam Organisasi

Individu dalam Organisasi

ndividu dalam Organisasi

Individu dalam Organisasi
Pemikiran Sistem (Systems Thinking)
‘Systems thinking’ dapat membantu individu memahami kompleksitas organisasi yang timbul dari sebuah proses, peralatan, pelanggan, lingkungan kerja dan sebagainya. la memberi gambaran menyeluruh (the big picture) mengenai organisasi sebagai satu entiti kompleks yang mengandung berbagai bagian dan bagaimana bagian-bagian ini bergabung menjadi satu dan seterusnya bagaimana pula gabungan ini menjadi satu bagian dari satu sistem yang lebih besar. Berbeda dengan pendekatan ‘reductionist’ yang mengasingkan bagian-bagian itu yang dikaji dan dianalisis, pemikiran sistem tertuju pada interaksi antara bagian-bagian dalam sistem yang mempunyai bentuk perilaku. Ini bermakna bahwa dalam pendekatan ini, analisis akan mengembang untuk mengambil bilangan interaksi besar dan yang semakin membesar. Penemuan yang diperoleh terkadang akan sangat berbeda terutama dalam sistem yang kompleks dan dinamik, berbeda dengan analisis secara konvensional. Banyak masalah yang dihadapi sekarang adalah berbentuk kompleks, melibatkan banyak pihak.. Mengurus masalah-masalah ini tidak mudah serta memerlukan analisis ‘the big picture’. Dan pemikiran sistem dapat membantu dalam hal ini.

Komunikasi Interpersonal

Organisasi adalah sebuah sistem sosial dan kompleksitasnya jelas terlihat melalui jenis, peringkat, bentuk dan jumlah interaksi yang berlaku. Proses komunikasi yang begitu dinamik menimbulkan berbagai masalah yang menghambat tercapainya sebuah organisasi, terutama dengan timbulnya salah faham dan konflik.. Individu dalam organisasi harus faham bahwa interaksi antara individu adalah satu proses yang tidak dapat dielakkan. Kalaupun pesan diberikan secara langsung, hal demikian juga adalah satu bentuk pesan yang boleh diinterpretasikan. Komunikasi antara individu tidak boleh ditarik balik. Kalaupun usaha pembetulan diambil kemudian, kesannya akan terus terkenang dalam fikiran.
Komunikasi interpersonal bukan perkara mudah. Menurut para ahli ada delapan cara mendengarkan yang efektif jika ingin memperbaiki keterampilan mendengarkan :
Lakukan kontak mata
Peragakan anggukan kepala tanda setuju dan raut muka yang sesuai
Hindari tindakan atau gerak tubuh yang mengalihkan perhatian
Kemukakan pertanyaan
Lakukan paraphrase atau menyatakan ulang apa yang telah dikatakan oleh si pembicara.
Hindari menyela pembicaraan
Jangan bicara berlebihan
Buatlah peralihan yang mulus antara peran pembicara dan pendengar.
Komunikasi interpersonal juga berlaku secara kontekstual bergantung kepada keadaan, budaya, dan juga konteks psikologikal. Cara dan bentuk interaksi antara individu akan tercorak mengikut keadaan-keadaan itu.
sumber :

You might be interested in …

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya

Pendidikan

Proses Siklus Daur Nitrogen Dan Pola Ilustrasinya Siklus nitrogen sebagai salah satu bentuk siklus biogeokimia terjadi sebab mulai proses penghambatan nitrogen di udara melalui fiksasi yang dilakukan oleh basil tanah, sebab derma petir, juga sebab penambangan yang dilakukan oleh manusia. Setelah mengalami fiksasi, nitrogen kemudian melewati beberapa stadium lanjut yang mencakup ammonifikasi, nitrifikasi, dan denitrifikasi. […]

Read More
Peran Administrasi Publik dalam Reformasi Birokrasi

Peran Administrasi Publik dalam Reformasi Birokrasi

Pendidikan

Peran Administrasi Publik dalam Reformasi Birokrasi   Sejarah Administrasi Publik Sebagaimana yang dirumuskan oleh Pfiffner dan Presthus pada tahun 1967, Administrasi publik adalah suatu disiplin ilmu yang secara khusus mempelajari cara-cara menerapkan nilai-nilai politik. Definisi ini sejalan dengan gagasan awal yang disampaikan oleh Woodrow Wilson pada tahun 1988 yang diyakini sebagai orang yang menginspirasi lahirnya […]

Read More
Head Up Display System

Head Up Display System

Pendidikan

Head Up Display System Head Up Display (HUD) adalah setiap tampilan transparan yang menyajikan data tanpa mengharuskan pengguna untuk melihat dari sudut pandang yang biasa. Asal usul nama berasal dari pilot yang dapat melihat informasi dengan kepala menghadap ke atas, HUD ibaratnya hampir sama dengan simulasi militer yang pertama kali digunakan pada pesawat terbang Meskipun […]

Read More