Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar
Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar

Kehidupan dunia ini sebenarnya adalah kehidupan menuju akherat. Ia adalah jembatan yang masih di lalui oleh setiap manusia sebelum menempuh alam akhirat.

Bahasa sederhananya kehidupan dunia adalah medan persediaan dan persiapan untuk menuju kehidupan akhirat yang kekal sepanjang zaman.

Kehidupan dunia ini merupakan jembatan penyeberangan, bukan tujuan akhir dari sebuah kehidupan, melainkan sebagai sarana menuju kehidupan yang sebenarnya yaitu kehidupan akhirat. Dengan demikian setelah manusia mengetahui akan haikat kehidupan yang sebenarnya, mereka akan memberikan perhatian yang lebih besar pada kehidupan akhirat yang kekal dari pada kehidupan dunia yang fana ini.

Qur’an Ad-duha [93] : 4

“Sesungguhnya hari kemudian itu lebih baik bagimu dari pada yang sekarang”

iman kepada hari akhir

Kata iman dapat berari percaya dan yakin, sedangkan secara istilah berarti meyakini dengan sepenuh hati, mengucapkan secara lisan, dan melakukan dengan anggota tubuh. Adapun hari akhir adalah hari berakhirnya kehidupan dunia. Jadi iman kepada hari akhir adalah meyakini dengan sepenuh hati bahwa hari akhir itu akan terjadi dan menjemput kita sewaktu-waktu.

Sebagai seorang mukmin wajib hukumnya beriman kepada hari akhir atau kiamat

Iman kepada hari akhir, tanda-tanda kiamat kecil dan besar. benarkah sudah terjadi?

Di antara dalil yang menjelaskan tentang hari kiamat sebagai berikut:

يَسْأَلُونَكَ عَنِ السَّاعَةِ أَيَّانَ مُرْسَاهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ رَبِّي ۖ لَا يُجَلِّيهَا لِوَقْتِهَا إِلَّا هُوَ ۚ ثَقُلَتْ فِي السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ ۚ لَا تَأْتِيكُمْ إِلَّا بَغْتَةً ۗ يَسْأَلُونَكَ كَأَنَّكَ حَفِيٌّ عَنْهَا ۖ قُلْ إِنَّمَا عِلْمُهَا عِنْدَ اللَّهِ وَلَٰكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لَا يَعْلَمُونَ

Qur’an Al-a’raf [7] : 187 “Mereka menanyakan kepadamu tentang kiamat: “Bilakah terjadinya?” Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang kiamat itu adalah pada sisi Tuhanku; tidak seorangpun yang dapat menjelaskan waktu kedatangannya selain Dia. Kiamat itu amat berat (huru haranya bagi makhluk) yang di langit dan di bumi. Kiamat itu tidak akan datang kepadamu melainkan dengan tiba-tiba”. Mereka bertanya kepadamu seakan-akan kamu benar-benar mengetahuinya. Katakanlah: “Sesungguhnya pengetahuan tentang bari kiamat itu adalah di sisi Allah, tetapi kebanyakan manusia tidak mengetahui”

macam-macam kiamat

Kiamat terbagi atas 2 bagian yaitu kiamat sugra dan kiamat kubra, dari dua jenis kiamat ini tentu memiliki tanda-tandanya, apa saja tanda-tanda kiamat kecil dan kiamat besar, untuk lebih jelasnya, simak uraian berikut:

kiamat sugra (kiamat kecil)

Artinya rusaknya sebagian alam lingkungan atau matinya mahluk hidup. Tanda tanda kiamta kecil adalah:

#hamba sahaya dikawani tuannya

#Ilmu agama tidak penting lagi

#Tersebarnya perzinaan

#Minuman dan perjudian merajalela

#Jumlah wanita lebih banyak di banding laki-laki

#Lahirnya dajjal (tukang dusta) yang mengaku dirinya utusan allah

#Banyak terjadi gempa bumi

#Fitnah dan pembunuhan merajalela

Dari tanda-tanda kimat sugra (kiamat kecil) apakah kalian merasakan tanda-tanda kiamat kecil?

Pada abad ini sudah banyak sekali bencana alam di seluruh plosok bumi, ilmu agama telah berkurang, tersebarnya perzinahan dimana-mana bahakan sekarang banyak sekali fitnah-fitnah akhir zaman yang bermunculan

Maka dari kita harus tetap berdo’a kepada allah supaya keluarga kita, masyarakat kita bangsa kita tetap dilindungi allah. Swt

kiamat kubra (kiamat besar)

Artinya hari hancurnya seluruh alam semesta besarta isinya yang sangat hebat dan dahsyat tidak dapat di ukur

Tanda-tanda kiamat kubra

#matahari terbit dari barat

#munculnya binatang ajaib yang dapat berbicara

#Lenyapnya al-qur’an

#Keluarnya ya’juj dan ma’juj yaitu kaum yang membuat kerusakan di muka bumi

#keluarnya dukhan atau kabut atau awan panas/keras

#Muncul dabbah atau mahluk aneh ke bumi

#Rusaknya kakbah

Kita tidak pernah tahu sampai kepan allah.swt memberikan kita kesematan untuk hidup di dunia ini. Bisa jadi setahun lagi, sebulan lagi, atau mengkin esok hari bahkan mungkin setelah membaca tulisan ini, tak satu pun yang mengetahuinya.

Hanya allah semata yang mengatur dan megetahuinya. Tugas kita hanya mempersiapkan kembali apa-apa yang perlu kita bawa dan yang bisa menyelamatkan kita di hari esok, di hari pembalasan segala amal yang telah kita perbuat selama di dunia ini, jikalah amal kebaikan kita lebih berat dari keburukan niscaya surga tempat kita kembali, begitu juga sebaliknya jika amal keburukan lebuh berat timbangannya jahannam telah di sediakan bagi mereka yang kufur atas segala nikmat-nikmat nya.

Baca juga: