Ihram

Ihram

Bagi orang yang hendak beribadah umrah, maka ia wajib melakukan ihram krena hal tersebut bagian dari rukun umrah. Dalam ihram ada tiga hal yang wajib dilakukan yaitu:

1)      Niat

Tidak ada perbuatan yang dilakukan dengan sadar tanpa adanya niat. Niat sebagai motivasi dari perbuatan, dan niat merupakan hakikat dari perbuatan tersebut. Dengan kata lain jika berihram dalam keadaan lupa atau main-main tanpa niat maka ihramnya batal.

2)      Talbiyah

Lafadz talbiyah adalah:“labbaikallahumma labbaika, la syarika laka labbaika, innal hamda wan ni`mata laka wal mulka la syarika laka”. Waktu membaca talbiyah bagi orang yang berihram, dimulai dari waktu ihram dan disunnahkan untuk membaca terus sampai melempar jumrah `aqobah.

3)      Memakai pakaian ihram

Para ulama madzhab sepakat bahwa lelaki yang ihram tidak boleh memakai pakaian yang terjahit, dan tidak pula kain sarung, juga tidak boleh memakai baju dan celana, dan tidak boleh pula yang menutupi kepala dan wajahnya. Kalau perempuan harus memakai penutup kepalanya, dan membuka wajahnya  kecuali kalau takut dilihat lelaki dengan ragu-ragu. Perempuan tidak boleh memakai sarung tangan, tetapi boleh memakai sutera dan sepatu.

  1. Tawaf

Tawaf merupakan salah satu dari rukun umrah yang wajib dilaksanakan, adapun mengenai pembagiannya, ulama membagi menjadi tiga bagian, yaitu:

1)      Tawaf qudum

Tawaf ini dilakukan oleh orang-orang yang jauh (bukan orang mekkah dan sekitarnya) ketika memasuki mekkah. Tawaf ini menyerupai sholat dua rakaat tahiyatul masjid. Tawaf ini hukumnya sunnah, dan yang meninggalkannya tidak dikenakan apa-apa.

2)      Tawaf ziarah

Tawaf ini juga dinamakan tawaf ifadhah. Tawaf ini dilakukan oleh orang yang haji (bukan orang yang umrah) setelah melaksanakan manasik di Mina, dinamakan tawaf ziarah karena meninggalkan Mina dan menziarahi Baitullah. Tapi juga dinamakan tawaf ifadhah karena ia telah kembali dari Mina ke Mekkah.

3)      Tawaf wada`

Tawaf ini merupakan perbuatan yang terakhir yang dilakukan oleh orang yang haji ketika hendak melakukan perjalanan meninggalkan mekkah.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Mengurangkan Berat Badan Dengan Diet Alkali

Mengurangkan Berat Badan Dengan Diet Alkali

Umum

Mengurangkan Berat Badan Dengan Diet Alkali Maklumat kesihatan Diet Unik Mengurangkan Berat Badan Dengan Diet Alkali. Diet Alkali Bertubuh berkadar atau langsing yakni dambaan setiap orang. Dengan mempunyai bentuk tubuh yang berkadar , seseorang akan terlihat lebih sesuai. Banyak perkara yang orang lakukan untuk menerima tubuh yang ideal , mula menjaga contoh makan , bersenam […]

Read More

Kerajinan Kain Perca di Indonesia

Umum

Kerajinan Kain Perca di Indonesia Kerajinan kain perca sebenarnya sudah cukup lama dikenal di Indonesia dan juga termasuk ke dalam kerajinan seni tradisional. Awalnya kerajinan perca di Indonesia kurang diminati. Karena pembuatannya yang berbahan dasar limbah perca, kerajinan ini menjadi dipandang sebelah mata. Namun, seiring dengan semakin meningkatnya daya kreatifitas dan kualitas bahan yang digunakan oleh para […]

Read More
Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit

Umum

Manfaat Wortel Untuk Kecantikan Kulit Wortel ialah salah satu makanan detoksifikasi yang bisa mesterilkan serta menata ketidakseimbangan dalam badan. guna wortel yang diyakini bisa menambah daya pandangan pula boleh jadi benar betul. Wortel ialah bangunan beta-karoten, yang berarti buat mendukung skema kekuatan, skema penghancuran, saluran pernapasan, bersama membentuk gigi, rambut, serta tulang yang tangguh. beta-karoten […]

Read More