HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018
HIMA PBSI FKIP UIR Gelar Bulan Bahasa 2018

Himpunan Mahasiswa (HIMA) Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia (PBSI)

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Islam Riau (UIR) Pekanbaru menaja perhelatan akbar Bulan Bahasa UIR setiap tahunnya.

Bulan Bahasa 2018 bertemakan: “Cintai Bahasa dan Sastra Indonesia sebagai Benteng Persatuan Bangsa”. Bulan Bahasa 2018 berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, bedanya Bulan Bahasa 2018 tingkat se-Asia Tenggara, sedangkan yang terdahulu hanya tingkat Nasional.

“Kami ingin menjawab tantangan dari rektor UIR tahun lalu. Dimana beliau melihat Bulan Bahasa UIR tingkat nasional selalu sukses kami taja, jadi Pak Rektor minta tahun ini Bulan Bahasa harus tingkat Asia Tenggara,” kata Bupati HIMA PBSI FKIP UIR, Fadli Anas kepada .com, di UIR, Senin (1/10).

 

Banyak macam lomba diadakan pada Bulan Bahasa 2018, dari tingkat pelajar SMP hingga

tingkat guru dan dosen. Lomba tingkat pelajar SMP: pidato, baca puisi se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia. Lomba tingkat pelajar SMA: baca puisi, cerdas cermat, drama komedi, musikalisasi puisi se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia.

Lomba tingkat mahasiswa: baca puisi, cerdas cermat se-Riau, cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia, dan cipta puisi berbahasa Indonesia se-Asia Tenggara. Lomba tingkat Guru PAUD, TK dan SD: mendongeng se-Riau. Lomba tingkat guru umum: baca puisi, menulis karya ilmiah se-Riau dan cipta cerpen, cipta puisi se-Indonesia. Terakhir, lomba tingkat dosen: baca puisi se-Riau.

Ketua Panitia Bulan Bahasa UIR 2018, Ari Fathonah mengatakan, ada jenis lomba baru yang akan diadakan pada Bulan Bahasa UIR 2018 nanti. “Lomba cerdas cermat, lomba mendongeng serta lomba cipta puisi tingkat mahasiswa se-Asia Tenggara lomba yang baru diadakan pada Bulan Bahasa tahun ini,” jelasnya.

 

“Tahun lalu peserta lomba Bulan Bahasa UIR hampir mencapai angka 2.000. Ya, semoga tahun ini

bisa lebih dariitu jumlah pesertanya,” tambah Ari.

Ari melanjutkan, Bulan Bahasa UIR 2018 akan dilaksanakan pada 12-17 November 2018. “Inshaallah acara ini akan dilaksanakan dari tanggal 12 November hingga 17 November nanti,” lanjutnya.

“Pendaftaran juga sudah kami buka, bagi peserta yang mau daftar langsung, bisa datang ke stan yang berada di Gedung C FKIP UIR. Atau peserta di luar kota juga bisa daftar via on-line,” pungkas Ari.

 

Baca Juga :

You might be interested in …

Pengertian Sosial Budaya

Pengertian Sosial Budaya

Pendidikan

Pengertian Sosial Budaya Sosial budaya terdiri dari dua kata yaitu sosial dan budaya. Sosial berarti segala sesuatu yang berhubungan dengan masyarakat sekitar. Kelakuan masyarakat pada hakikatnya hampir seluruhnya bersifat sosial, yakni dipelajari dalam interaksi dengan manusia lainnya. Hampir segala sesuatu yang kita pelajari merupakan hasil hubungan kita dengan orang lain dirumah, sekolah, tempat permainan, pekerjaan, […]

Read More

Serikat Pekerja dan Tawar-Menawar Kolektif

Pendidikan

Serikat Pekerja dan Tawar-Menawar Kolektif Serikat pekerja (union) adalah asosiasi pekerja yang melakukan tawar menawar dengan pemberi kerja mengenai upah dan kondisi kerja.  Proses disepakatinya syarat – syarat kerja antara serikat pekerja dan perusahaan disebut dengan tawar – menawar kolektif (collective barganing). Jika serikat pekerja dan perusahaan tidak mencapai  kesepakatan, maka serikat pekerja dapat melakukan […]

Read More

Tahapan praoperasional

Pendidikan

Tahapan praoperasional Pemikiran (Pra) Operasi dalam teori Piaget adalah prosedur melakukan tindakan secara mental terhadap objek-objek. Ciri dari tahapan ini adalah operasi mental yang jarang dan secara logika tidak memadai. Dalam tahapan ini, anak belajar menggunakan dan merepresentasikan objek dengan gambaran dan kata-kata. Pemikirannya masih bersifat egosentris: anak kesulitan untuk melihat dari sudut pandang orang […]

Read More