Hargai Konsumen, Wajib Tertib Ukur

Hargai Konsumen, Wajib Tertib Ukur

Hargai Konsumen, Wajib Tertib Ukur

Hargai Konsumen, Wajib Tertib Ukur
Hargai Konsumen, Wajib Tertib Ukur

BANDUNG-Kementrian Perdagangan RI memberikan penghargaan kepada sembilan daerah di Indonesia

sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU), karena dianggap telah ikut memperkuat upaya perlindungan konsumen, pada pengukuran dalam transaksi perdagangan.

Menteri Perindustrian RI Enggartiasto Lukito menyerahkan langsung penghargaan itu di Bandung. Selain memberikan penghargaan kepada daerah, pihaknya juga menetapkan 197 pasar rakyat di Indonesia sebagai Pasar Tertib Ukur (PTU).

“Penghargaan serta penetapan Tertib Ukur, akan memberikan citra positif bagi daerah dan pasar tradisional, khususnya melindungi dan meningkatkan kepercayaan konsumen,” katanya usai Peresmian Daerah Tertib Ukur, Pasar tertib Ukur dan Unit Metrologi legal, di hotel El Royal Bandung, Kamis (6/12).

Daerah yang meraih penghargaan itu diantaranya kabupaten Buleleng Bali, kota Pekanbaru Riau

, kota Ambon Maluku, Kota Mataram NTB, kabupaten Cirebon dan Tasikmalaya Jawa Barat, Kota Tanjung Pinang Kepulauan Riau, kabupaten Siduarjo Jawa Timur serta Kota Kupang NTT.

“Ada perubahan pergeseran, kalau dulu dengan ancaman kalau tidak melaksanakan terkena hukuman ketentuan itu tetap ada, tapi sekarang kita merangsang dari daerah, juga dari pasar bagaimana saling berlomba untuk melindungi hak konsumen dengan ukuran yang pasti mengenai kejujuran itu, kita beri apresiasi,”katanya.

Enggartiasto mengungkapkan, tugas Kementrian Perdagangan yakni terus mendorong pemerintah daerah

untuk meningkatkan pelayanan kemetrologian, sebagai bentuk kehadiran negara dalam melindungi rakyatnya. Selain itu juga, pemerintah terus berupaya melindungi setiap konsumen agar mendapat kebenaran hasil pengukuran dalam transaksi perdagangan.

Selain itu, lanjut Mendag, Pemerintah juga mendorong para pengusaha di daerah untuk bisa mengklaim di tempatnya itu terjamin, baik kualitas, harga dan ukuran timbangannya.

“Kendalanya adalah dari fasilitas dan peralatan. Menggantungkan 100 persen dari APBN secara langsung tidak mudah. Makanya kita mendorong daerah dapat melakukannya,”pungkasnya. jo

 

Sumber :

https://blog.dcc.ac.id/struktur-kulit-sebagai-organ-ekskresi/

You might be interested in …

Asas-asas Hukum Perdata

Asas-asas Hukum Perdata

Pendidikan

Asas-asas Hukum Perdata Beberapa asas yang terkandung dalam KUHPerdata yang sangat penting dalam Hukum Perdata adalah: Asas Kebebasan Berkontrak Asas ini mengandung pengertian bahwa setiap orang dapat mengadakan perjanjian apapun juga, baik yang telah diatur dalam undang-undang, maupun yang belum diatur dalam undang-undang (lihat Pasal 1338 KUHPdt). Asas Konsensualisme Asas konsensualisme dapat disimpulkan dalam Pasal 1320 […]

Read More
Berikut ini adalah contoh perubahan sosial

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial

Pendidikan

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial # Perubahan Mode pakaian Apakah perubahan mode pakaian terjadi dengan sendirinya? Tentu saja perubahan mode pakaian itu terjadi karena ada faktor pendorongnya, seperti masuknya kebudayaan barat melalui televisi. Namun, perubahan mode pakaian itu bisa juga tidak terjadi di daerah lain yang masih terpencil. # Urbanisasi Urbanisasi bisa menyebabkan berkurangnya […]

Read More

Mewujudkan Pertmbuhan Ekonomi Yang Teguh

Pendidikan

Mewujudkan Pertmbuhan Ekonomi Yang Teguh Tujuan ini merupakan tujuan makroekonomi jangaka panjang. Ada 2 alasan yang menyebabkan suatu negara harus berusaha mencapai pertumbuhan ekonomi yang teguh dalam jangka panjang, yaitu: 1)      Untuk menyediakan kesempatan kerja kepada tenaga kerja yang selalu  bertambah. 2)      Untuk menaikkan tingkat kemakmuran masyarakat. Mengukur Neraca Pembayaran Dan Kurs Valuta Asing. Neraca pembayaran yang […]

Read More