Ginjal

Ginjal

Ginjal

Ginjal
Ginjal

 

1.Pengertian Ginjal

Ginjal merupakan alat ekskresi paling penting

2. Struktur Ginjal

a. Bentuk ginjal seperti kacang merah
b. jumlahnya sepasang dan terletak di dorsal kiri dan kanan tulang belakang di daerah pinggang
c. Berat ginjal diperkirakan 0,5% dari berat badan
d. Panjang ginjal ± 10 cm
e. Warna ginjal merah
f. Setiap menit 20-25% darah dipompa oleh jantung yang mengalir menuju ginjal

3. Tiga bagian utama ginjal yaitu:

a. korteks (bagian luar)
mengandung kurang lebih 1 juta nefron. Tiap nefron terdiri atas badan malpighi (badan renalis) yang tersusun dari kapsula bowman dan glomerulus.
b. medulla (sumsum ginjal)
Lapisan dalam (medula/ sumsum ginja) yang terdiri atas tubulus kontorti yan gbermuara pada tonjolan papila di ruang (pelvis renalis). Tubulus kontorti terdiri atas tubulus kontorti proksimal dan tubulus kontorti distal.
c. pelvis renalis (rongga ginjal)

4.Fungsi Ginjal

a. menyaring darah sehingga menghasilkan urine
b. mengekskresikan zat-zat yang membahayakan tubuh
c. mempertahankan keseimbangan asam dan basa
d. mengekskresikan zat-zat yang jumlahnya berlebihan
e. mempertahankan tekanan osmosis cairan ekstraseluler

5.Proses Pembentukan Urin

Terdapat 3 proses penting yang berhubungan dengan proses pembentukan urine, yaitu :
Filtrasi (penyaringan) : kapsula bowman dari badan malpighi menyaring darah dalam glomerus yang mengandung air, garam, gula, urea dan zat bermolekul besar (protein dan sel darah) sehingga dihasilkan filtrat glomerus (urine primer). Di dalam filtrat ini terlarut zat yang masih berguna bagi tubuh maupun zat yang tidak berguna bagi tubuh, misal glukosa, asm amino dan garam-garam.
Reabsorbsi (penyerapan kembali) : dalam tubulus kontortus proksimal zat dalam urine primer yang masih berguna akan direabsorbsi yang dihasilkan filtrat tubulus (urine sekunder) dengan kadar urea yang tinggi.
Ekskesi (pengeluaran) : dalam tubulus kontortus distal, pembuluh darah menambahkan zat lain yang tidak digunakan dan terjadi reabsornsi aktif ion Na+ dan Cl- dan sekresi H+ dan K+. Di tempat sudah terbentuk urine yang sesungguhnya yang tidak terdapat glukosa dan protein lagi, selanjutnya akan disalurkan ke tubulus kolektifus ke pelvis renalis.

Baca Juga:

You might be interested in …

pengertian dan macam-macam shell pada linux

pengertian dan macam-macam shell pada linux

Pendidikan

pengertian dan macam-macam shell pada linux Apa itu shell ? shell adalah program (penterjemah perintah) yang menjembatani user dengan sistem operasi dalam hal ini kernel (inti sistem operasi), umumnya shell menyediakan prompt sebagai user interface, tempat dimana user mengetikkan perintah-perintah yang diinginkan baik berupa perintah internal shell (internal command), ataupun perintah eksekusi suatu file progam […]

Read More
Creative Accounting

Creative Accounting

Pendidikan

Creative Accounting Creative Accounting adalah semua proses dimana beberapa pihak menggunakan kemampuan pemahaman pengetahuan akuntansi (termasuk di dalamnya standar, teknik, dll) dan menggunakannya untuk memanipulasi pelaporan keuangan (Amat, Blake dan Dowd, 1999). Pihak-pihak yang terlibat di dalam proses creative accounting, seperti manajer, akuntan (sepengetahuan saya jarang sekali ditemukan kasus yang melibatkan akuntan dalam proses creative […]

Read More
Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT

Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT

Pendidikan

Berikan Penghargaan Kepada 68 Masyarakat Penyebar SPPT   Kota Bogor Sebanyak 68 tokoh masyarakat perwakilan dari 68 Kelurahan se-Kota Bogor menerima penghargaan dari Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor. Penghargaan tersebut diberikan atas dasar dedikasi mereka yang secara rutin membantu Kelurahan menyebarkan Surat Pemberitahuan Pajak Terutang (SPPT) kepada masyarakat. Penyerahan penghargaan Penyerahan penghargaan tersebut dilakukan langsung Plt. […]

Read More