Gerhana bulan 28 Juli terlama kedua abad ini

Gerhana bulan 28 Juli terlama kedua abad ini

Gerhana bulan 28 Juli terlama kedua abad ini

Peneliti Pusat Ilmu Antariksa Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional

(LAPAN), Rhorom Priyatikanto mengatakan gerhana bulan yang akan berlangsung pada Sabtu, 28 Juli 2018, dini hari, akan berdurasi selama 3 jam 55 menit.

Menurut Rhorom, keunikan dari gerhana bulan total kali ini adalah bulan purnama akan tampak meredup selama 3 jam 55 menit dan tampak memerah selama 1 jam 43 menit.

Rhorom menambahkan pada 27-28 Juli nanti, bulan tampak menggantung di langit, ditemani Planet Mars dan Saturnus.

“Amat indah bila dipotret berbarengan. Ada juga hujan meteor yang memancar

dari arah rasi Aquarius, tidak terlalu jauh dari bulan saat itu,” katanya melalui pesan singkat, Jakarta, Selasa.

Durasi gerhana bulan total pada 28 Juli nanti, kata dia, merupakan GBT terlama kedua pada abad ini setelah GBT 16 Juli 2000 yang memiliki durasi yang lebih lama yakni 3 jam 56 menit.

Ia menuturkan dalam rentang waktu 3 jam 55 menit itu terjadi gerhana bulan umbra, yakni ketika piringan bulan tertutup oleh umbra bayangan bumi. Sementara gerhana bulan totalnya berlangsung selama 1 jam 43 menit.

“Saat itulah mata kita bisa menyaksikan terang bulan meredup,” katanya.

GBT nanti dapat disaksikan di seluruh wilayah Indonesia, kecuali wilayah-wilayah

yang tertutup mendung.

GBT akan berlangsung pada 28 Juli pukul 01.24 WIB hingga 05.19 WIB.

Ia pun menambahkan bahwa GBT 28 Juli disebut juga mini bloodmoon. Pasalnya GBT ini merupakan gerhana bulan apogee, kebalikan dari gerhana pada 31 Januari lalu.

 

sumber :

https://syifa.student.ittelkom-pwt.ac.id/seva-mobil-bekas/

You might be interested in …

Advan Vandroid 01A Hadir dengan Konsep Tablet CDMA

Teknologi

Advan Vandroid 01A Hadir dengan Konsep Tablet CDMA Saat ini, cukup sulit untuk menemukan tablet CDMA di pasaran karena pasar didominasi oleh tablet GSM. Peluang inilah yang dimanfaatkan oleh Advan untuk mengembangkan tablet CDMA dengan berbagai fitur menarik yang bisa dimanfaatkan oleh penggunanya. Tablet tersebut adalah Advan Vandroid 01A. Tidak hanya konsep tablet yang berbeda, […]

Read More
Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

Teknologi

Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda   Jika koneksi Internet Anda tampak lambat atau halaman web tidak memuat, masalahnya mungkin disebabkan oleh koneksi Wi-Fi Anda . Anda mungkin terlalu jauh dari sumber atau dinding tebal menghalangi sinyal. Berikut cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda yang akurat . Mengapa kekuatan sinyal Wi-Fi penting? Sinyal Wi-Fi […]

Read More
Vivo V11 Terungkap, Punya Poni Mirip OPPO F9

Vivo V11 Terungkap, Punya Poni Mirip OPPO F9

Teknologi

Vivo V11 Terungkap, Punya Poni Mirip OPPO F9 OPPO pada bulan Agustus 2018 ini membuat kejutan dengan meluncurkan OPPO F9 . Bahkan, sudah bisa dipastikan smartphone ini juga akan dijual di pasar Indonesia. Ya! OPPO F9 memiliki keunikan dengan potongan poni yang berbeda dan mereka menyebutnya “waterdrop”. Rupanya OPPO tidak sendirian untuk merilis smartphone dengan […]

Read More