Gerakan Lembaga Swadaya Internasional (INTERNATIONAL NGOs)

Gerakan Lembaga Swadaya Internasional (INTERNATIONAL NGOs)

  1. Transparency International

Transparency International (TI) adalah sebuah organisasi internasional non-pemerintah yang memantau dan mempublikasikan hasil-hasil penelitian mengenai korupsi yang dilakukan oleh korporasi dan korupsi politik di tingkat internasional. Setiap tahunnya TI menerbitkan Indeks Persepsi Korupsi serta daftar perbandingan korupsi di negara-negara di seluruh dunia.

TI berkantor pusat di Berlin, Jerman, didirikan pada sekitar bulan Mei 1993 melalui inisiatif Peter Eigen, seorang mantan direktur regional Bank Dunia (World Bank). Pada tahun 1995, TI mengembangkan Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index). CPI membuat peringkat tentang prevalensi korupsi di berbagai negara, berdasarkan survei yang dilakukan terhadap pelaku bisnis dan opini masyarakat yang diterbitkan setiap tahun dan dilakukan hampir di 200 negara di dunia. CPI disusun dengan memberi nilai atau score pada negara-negara mengenai tingkat korupsi dengan range nilai antara 1-10. Nilai 10 adalah nilai yang tertinggi dan terbaik sedangkan semakin rendah nilainya, negara dianggap atau ditempatkan sebagai negara-negara yang tinggi angka korupsinya.

Berikut Indeks Persepsi Korupsi (Corruption Perception Index) di Indonesia yang dikeluarkan oleh Transparency International.

baca juga :

You might be interested in …

Kekuatan dari Koperasi

Pendidikan

Kekuatan dari Koperasi Kekuatan (Strength) yaitu kekuatan apa saja yang dimiliki koperasi. Dengan mengetahui kekuatan, koperasi dapat dikembangkan menjadi lebih tangguh hingga mampu bertahan dalam perekonomian di Indonesia dan mampu bersaing untuk pengembangan selanjutnya. Peterson (2005), mengatakan bahwa koperasi harus memiliki keunggulan-keunggulan kompetitif dibandingkan organisasi-organisasi bisnis lainnya untuk bisa menang dalam persaingan di dalam era […]

Read More
Sumber Daya Sementara

Sumber Daya Sementara

Pendidikan

Sumber Daya Sementara Waktu menjadi variabel yang semakin penting dalam memahami perilaku konsumen. l Karena konsumen mayoritas semakin mengalami kemiskinan akan waktu. Namun demikian ada suatu bagian waktu yang dihabiskan untuk kegiatan yang sangat pribadi yaitu waktu senggang. l Sumber daya kognitifProduk yang diklasifikasikan menurut sifat waktu konsumen disebut barang waktu (time goods). Barang yang Menggunakan Waktu Produk […]

Read More
M. Al-Fath Husain, Bermusik untuk Menebar Kebaikkan

M. Al-Fath Husain, Bermusik untuk Menebar Kebaikkan

Pendidikan

M. Al-Fath Husain, Bermusik untuk Menebar Kebaikkan BERDAKWAH lewat musik. Tak banyak musisi seperti  ini. Makanya, remaja ini ingin mengenalkan musik sebagai sarana berdakwah. Ia adalah M. Al-Fath Husain. Al-Fath merupakan siswa peraih juara 3 Gitar Solo  pada Festival Seni Siswa Nasional (FLS2N) SMA tingkat nasional di Aceh pada pekan lalu. Ia ingin menyebarkan kebaikkan […]

Read More