Formasi Dalam Olahraga Bola Voli

Formasi Dalam Olahraga Bola Voli

Dalam olahraga Bola Voli terdiri dari 6 pemain dan 6 pemain tersebut mempunyai peran masing-masing sebagai berikut:

1                 Pemain yang bertugas sebagai Tosser

2                 Pemain yang bertugas sebagai Spiker

3                 Pemain yang bertugas sebagai Libero

4                Pemain yang bertugas sebagai Blocker

Berikut penjelasanya

1               Tosser adalah pemain yang bertugas mengatur jalanya pertandingan atau mengumpankan Bola ke       teman-temanya untuk dismash ke lawan. Dalam olahraga Bola Voli Tosser menerima Bola ke-2           lalu diumpankan ke temannya. Untuk Bola yang pertama diterima oleh teman lainya lalu diumpan       ke Tosser.

2              Spiker adalah pemain yang bertugas memukul Bola dengan keras supaya Bola masuk ke daerah           lawan atau juga bisa Bola mengenai lawan lalu out.

3               Libero adalah pemain yang bertugas menerima Bola dari serangan lawan, atau juga bisa disebut           pemain bertahan. Libero adalah salah satu pemain yang mempunyai passing bagus untuk                      mengamankan Bola, pemain Libero tidak boleh maju untuk melakukan smash.

4               Blocker/defender adalah pemain yang bertugas untuk membendung serangan lawan dengan cara          memblock Bola agar Bola tidak masuk kedaerah kita.

Lamanya Permainan

Seriap tim harus mengumpulkan 25 angka untuk memenangkan pertandingan dalam 1 set. Dalam permainan Bola Voli setiap pertandingan terdiri dari 3 set atau juga 5 set.

  • Twi winning set, yaitu salah satu tum memenagkan pertandingan deua set kemenangan.
  • Three winning set, yaitu salah satu tim memenangkan pertandingan tiga set kemenangan
  • Best of five berlangsung lima set.
  1. Pelanggaran Dalam Olahraga Bola Voli

Jenis pelanggaran dalam olahraga Bola Voli

1        Mempengaruhi wasit atau mempengaruhi wasit.

2        Berbicara tidak sopan kepada tim lawan dan wasit.

3        Bermain tidak sportif.

4        Sering menegur wasit.

5        Meninggalkan lapangan begitu saja saat pertandingan tanpa seizin wasit.

  1. Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan dalam olahraga Bola Voli

1        menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan dibagi ke dalam 2 grup, masing-masing grup terdiri 4 tim.

2        Setiap tim terdiri dari 12 pemain meliputi 6 pemain inti dan 6 pemain cadangan.

3        Pergantian pemain dalam olahraga Bola Voli tidak dibatasi saat berlangsungnya permainan

4        Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah sebanyak 6 orang. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 6 orang, maka tim yang bersangkutan dianggap kalah.

5        Setiap pertandingan berlangsung tiga babak (best of three)

6        Setiap pertandingan berlangsung lima babak/final (best of five).

7        Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila angka kedua tim seri (24-24) maka pertandingan ditambah 2 poin. Tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan.

8        Tidak boleh melempar ataupun menagkap bola. Bola voli harus dipantulkan. Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang.

9        Setiap satu pemain tidak boleh melakukan double (dua kali mengenai bola) dan jumlah maksimal pukulan 3 kali di daerah sendiri kemudian diseberangkan ke daerah lawan.

10    Bola yang keluar dari lapangan belum dihitung  sebagai out sebelum menyentuh permukan tanah.

11    Time out dilakukan hanya sekali dalam setiap babak dan berlangsung hanya dalam semenit

https://haciati.co/

You might be interested in …

bukti kerasulan nabi muhammad

Umum

Hubungan Kerosulan Nabi Muhammad Dan HAM Dalam pembahasan kita tentang HAM dalam diskursus klasik Islam sejak dari Piagam Madinah, Khutbah Haji Wada’, Mâqashid Sharî’ah/Dharûriyyât Khamsah dapat dilihat kesesuaian antara prinsip-prinsip HAM dalam Islam dan dalam DUHAM. Tercatat ada beberapa hak asasi manusia yang penyebutan selalu ada pada ketiga dokumen di atas, yaitu hak hidup atau […]

Read More

AIR MINERAL BUKAN UNTUK BAYI

Umum

AIR MINERAL BUKAN UNTUK BAYI Tahukah Moms, di balik kebiasaan memberikan air putih ternyata tersimpan bahaya yang dapat mengancam si buah hati, utamanya bayi di bawah usia 6 bulan. ASI, Sudah Cukup Air putih bermanfaat bagi kesehatan anak-anak dan orang dewasa memang benar, tapi TIDAK untuk bayi. “Pemberian air putih tidak disarankan, khususnya pada bayi […]

Read More

Pengertian Lingkungan Perusahaan

Umum

Pengertian Lingkungan Perusahaan Perusahaan merupakan sebuah unit kegiatan produksi yang mengolah sumber-sumber ekonomi untuk menyediakan barang dan jasa bagi masyarakat dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan dan agar dapat memuaskan kebutuhan masyarakat. (Murti Sumarni-John Soeprihanto, 2010, Pengantar Bisnis, hal:5). Lingkungan perusahaan dapat diartikan sebagai keseluruhan dari faktor-faktor ekstern yang m empengaruhi perusahaan baik organisasi maupun kegiatannya. […]

Read More