Formasi Dalam Olahraga Bola Voli

Formasi Dalam Olahraga Bola Voli

Dalam olahraga Bola Voli terdiri dari 6 pemain dan 6 pemain tersebut mempunyai peran masing-masing sebagai berikut:

1                 Pemain yang bertugas sebagai Tosser

2                 Pemain yang bertugas sebagai Spiker

3                 Pemain yang bertugas sebagai Libero

4                Pemain yang bertugas sebagai Blocker

Berikut penjelasanya

1               Tosser adalah pemain yang bertugas mengatur jalanya pertandingan atau mengumpankan Bola ke       teman-temanya untuk dismash ke lawan. Dalam olahraga Bola Voli Tosser menerima Bola ke-2           lalu diumpankan ke temannya. Untuk Bola yang pertama diterima oleh teman lainya lalu diumpan       ke Tosser.

2              Spiker adalah pemain yang bertugas memukul Bola dengan keras supaya Bola masuk ke daerah           lawan atau juga bisa Bola mengenai lawan lalu out.

3               Libero adalah pemain yang bertugas menerima Bola dari serangan lawan, atau juga bisa disebut           pemain bertahan. Libero adalah salah satu pemain yang mempunyai passing bagus untuk                      mengamankan Bola, pemain Libero tidak boleh maju untuk melakukan smash.

4               Blocker/defender adalah pemain yang bertugas untuk membendung serangan lawan dengan cara          memblock Bola agar Bola tidak masuk kedaerah kita.

Lamanya Permainan

Seriap tim harus mengumpulkan 25 angka untuk memenangkan pertandingan dalam 1 set. Dalam permainan Bola Voli setiap pertandingan terdiri dari 3 set atau juga 5 set.

  • Twi winning set, yaitu salah satu tum memenagkan pertandingan deua set kemenangan.
  • Three winning set, yaitu salah satu tim memenangkan pertandingan tiga set kemenangan
  • Best of five berlangsung lima set.
  1. Pelanggaran Dalam Olahraga Bola Voli

Jenis pelanggaran dalam olahraga Bola Voli

1        Mempengaruhi wasit atau mempengaruhi wasit.

2        Berbicara tidak sopan kepada tim lawan dan wasit.

3        Bermain tidak sportif.

4        Sering menegur wasit.

5        Meninggalkan lapangan begitu saja saat pertandingan tanpa seizin wasit.

  1. Sistem Pertandingan

Sistem pertandingan dalam olahraga Bola Voli

1        menggunakan sistem setengah kompetisi yang terdiri dari 8 tim dan akan dibagi ke dalam 2 grup, masing-masing grup terdiri 4 tim.

2        Setiap tim terdiri dari 12 pemain meliputi 6 pemain inti dan 6 pemain cadangan.

3        Pergantian pemain dalam olahraga Bola Voli tidak dibatasi saat berlangsungnya permainan

4        Jumlah pemain minimum yang boleh bermain di lapangan adalah sebanyak 6 orang. Apabila di lapangan terdapat kurang dari 6 orang, maka tim yang bersangkutan dianggap kalah.

5        Setiap pertandingan berlangsung tiga babak (best of three)

6        Setiap pertandingan berlangsung lima babak/final (best of five).

7        Sistem hitungan yang digunakan adalah 25 rally point. Bila angka kedua tim seri (24-24) maka pertandingan ditambah 2 poin. Tim yang pertama kali unggul dengan selisih 2 poin akan memenangkan pertandingan.

8        Tidak boleh melempar ataupun menagkap bola. Bola voli harus dipantulkan. Seluruh bagian tubuh legal untuk memantulkan bola kecuali dengan cara menendang.

9        Setiap satu pemain tidak boleh melakukan double (dua kali mengenai bola) dan jumlah maksimal pukulan 3 kali di daerah sendiri kemudian diseberangkan ke daerah lawan.

10    Bola yang keluar dari lapangan belum dihitung  sebagai out sebelum menyentuh permukan tanah.

11    Time out dilakukan hanya sekali dalam setiap babak dan berlangsung hanya dalam semenit

https://haciati.co/

You might be interested in …

Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca

Umum

Teknik Jahitan dalam Kerajinan Kain Perca Kerajinan kain ini bisa dibuat dengan dijahit menggunakan mesin jahit ataupun tangan. Semakin kecil dan tidak teraturnya potongan kain yang disediakan, maka semakin sulit pula cara menggabungkannya. Misalnya untuk membuat kerajinan perca dengan potongan-potongan kain berbentuk segi empat. Pola yang paling sederhana yang bisa Anda buat yaitu pola seperti […]

Read More

akhlak dan tasawuf dalam era modernisasi dan globalisasi

Umum

PERAN TASAWUF DI ERA GLOBALISASI A. Pendahuluan Zaman sekarang adalah zaman modern dimana kita dapat dengan mudah mengakses segala sesuatu hanya dengan jari telunjuk saja, yaitu dengan menggunakan internet. Dimasa globalisasi ini segala sesuatunya pun dapat lebih mudah dengan canggihnya berbagai macam teknologi canggih, untuk itu kita dituntut agar bisa memanfaatkan kelebihan itu dengan sebaik […]

Read More

sistem social dan politik di Uni Emirat Arab melaksanakan syariat Islam dalam peradilan

Umum

KONDISI UMAT ISLAM DI UNI EMIRAT ARAB DEWASA INI Penduduk wilayah Uni Emirat Arab dipimpin oleh Rahmat bin Mathar menyatakan untuk memisahkan diri dari kekuasaan Dinasti Al-Bu Sa’id. Pemisahan diri tersebut diakui oleh Ahmad bin Sa’id. Rahmat bin Mathar menjadikan Rah al-Khaymah sebagai pusat pemerintahan wilayah perairan Teluk Persia. Wilayah daratan dipimpin oleh Bani Yas […]

Read More