Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Apa yang kita perhatikan ditentukan oleh faktor-faktor situasional dan personal. Faktor situasional terkadang disebut sebagai determinan perhatian yang bersifat eksternal atau penarik perhatian (attention getter). Stimuli diperhatikan karena mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain: gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, dan perulangan.

Gerakan : Seperti organisme yang lain, manusia secara visual tertarik pada objek-objek yang bergerak. Kita senang melihat huruf-huruf dalam display yang bergerak menampilkan nama barang yang diiklankan. Pada tempat yang dipenuhi benda-benda mati, kita akan tertarik hanya kepada tikus kecil yang bergerak.

Intensitas Stimuli : Kita akan memperhatikan stimuli yang lebih menonjol dari stimuli yang lain. Warna merah pada latar belakang putih, tubuh jangkung di tengah-tengah orang pendek, suara keras di malam sepi, iklan setengah halaman dalam surat-kabar, atau tawaran pedagang yang paling nyaring di pasar malam, sukar lolos dari perhatian kita.

Kebaruan (Novelty) : Hal-hal yang baru, yang luar biasa, yang berbeda, akan menarik perhatian. Beberapa eksperimen juga membuktikan stimuli yang luar biasa lebih mudah dipelajari atau diingat. Karena alasan inilah maka orang mengejar novel yang baru terbit, film yang barn beredar, atau kendaraan yang memiliki rancangan mutakhir (Karena itu pula mengapa umumnya istri muda lebih disenangi dari istri pertama).

Perulangan : Hal-hal yang disajikan berkali-kali, bila disertai dengan sedikit variasi, akan menarik perhatian.

 

2)   Faktor Internal Penaruh Perhatian

 

Apa yang menjadi perhatian kita lolos dari perhatian orang lain, atau sebaliknya. Ada kecenderungan kita melihat apa yang ingin kita lihat, kita mendengar apa yang ingin kita dengar. Perbedaan perhatian ini timbul dari faktor-faktor internal dalam diri kita. Inilah beberapa contoh faktor yang mempengaruhi perhatian kita.

Faktor-faktor Biologis : Dalam keadaan lapar, seluruh pikiran di. dominasi oleh makanan. Karena itu, bagi orang lapar, yang paling menarik perhatiannya adalah makanan. Yang kenyang akan menaruh perhatian pada hal-hal yang lain. Anak muda yang baru saja menonton film pm. no, akan cepat melihat stimuli seksual di sekitarnya.

sumbe r:

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/

You might be interested in …

179 Orang Lulus di Kemah Kebangsaan

179 Orang Lulus di Kemah Kebangsaan

Pendidikan

179 Orang Lulus di Kemah Kebangsaan Kemah Ke­bangsaan dalam rangkaian Festival Merah Putih 2018 resmi ditutup Wa­li Kota Bogor, Bima Arya, pada Ming­gu (19/8). Kegiatan tersebut dilaks­anakan di Mako Brimob, Kelurahan Kedunghalang, Kecamatan Bogor Utara. Kegiatan yang diikuti pelajar dari Kota dan Kabupaten Bogor itu berhasil mencetak 179 orang angkatan pertama. Bima Arya merasa bangga […]

Read More

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional 

Pendidikan

Pancasila Sebagai Ideologi Nasional Suatu sistem filsafat pada tingkat perkembangan tertentu melahirkan ideologi. Biasanya ideologi lebih mengutamakan asas-asas kehidupan politik dan kenegaraan sebagai satu kehidupan nasional yang esensinya adlaah kepemimpinan, kekuasaan, dan kelembagaan dengan tujuan kesejahteraan. Secara teoritis filosofis, ideologi bersumber pada suatu sistem filsafat dan merupakna pelaksanaan filsafat itu sendiri. Hal ini berarti suatu […]

Read More
Bukalapak Gelar Kontes Programer di Bandung

Bukalapak Gelar Kontes Programer di Bandung

Pendidikan

Bukalapak Gelar Kontes Programer di Bandung BANDUNG -Untuk Meningkatkan sumber daya yang berkualitas , Bukalapak menggelar Programming Contest ke-2 yang kali ini diselenggarakan di Kota Bandung. Acara ini berlangsung pada 9 April 2016 bertempat di Hotel Amaroosa, serta diikuti lebih dari 100 Mahasiswa teknik informatika & Ilmu komputer dari bandung & Jabodetabek. Program ini diharapkan […]

Read More