Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Faktor Eksternal Penarik Perhatian

Apa yang kita perhatikan ditentukan oleh faktor-faktor situasional dan personal. Faktor situasional terkadang disebut sebagai determinan perhatian yang bersifat eksternal atau penarik perhatian (attention getter). Stimuli diperhatikan karena mempunyai sifat-sifat yang menonjol, antara lain: gerakan, intensitas stimuli, kebaruan, dan perulangan.

Gerakan : Seperti organisme yang lain, manusia secara visual tertarik pada objek-objek yang bergerak. Kita senang melihat huruf-huruf dalam display yang bergerak menampilkan nama barang yang diiklankan. Pada tempat yang dipenuhi benda-benda mati, kita akan tertarik hanya kepada tikus kecil yang bergerak.

Intensitas Stimuli : Kita akan memperhatikan stimuli yang lebih menonjol dari stimuli yang lain. Warna merah pada latar belakang putih, tubuh jangkung di tengah-tengah orang pendek, suara keras di malam sepi, iklan setengah halaman dalam surat-kabar, atau tawaran pedagang yang paling nyaring di pasar malam, sukar lolos dari perhatian kita.

Kebaruan (Novelty) : Hal-hal yang baru, yang luar biasa, yang berbeda, akan menarik perhatian. Beberapa eksperimen juga membuktikan stimuli yang luar biasa lebih mudah dipelajari atau diingat. Karena alasan inilah maka orang mengejar novel yang baru terbit, film yang barn beredar, atau kendaraan yang memiliki rancangan mutakhir (Karena itu pula mengapa umumnya istri muda lebih disenangi dari istri pertama).

Perulangan : Hal-hal yang disajikan berkali-kali, bila disertai dengan sedikit variasi, akan menarik perhatian.

 

2)   Faktor Internal Penaruh Perhatian

 

Apa yang menjadi perhatian kita lolos dari perhatian orang lain, atau sebaliknya. Ada kecenderungan kita melihat apa yang ingin kita lihat, kita mendengar apa yang ingin kita dengar. Perbedaan perhatian ini timbul dari faktor-faktor internal dalam diri kita. Inilah beberapa contoh faktor yang mempengaruhi perhatian kita.

Faktor-faktor Biologis : Dalam keadaan lapar, seluruh pikiran di. dominasi oleh makanan. Karena itu, bagi orang lapar, yang paling menarik perhatiannya adalah makanan. Yang kenyang akan menaruh perhatian pada hal-hal yang lain. Anak muda yang baru saja menonton film pm. no, akan cepat melihat stimuli seksual di sekitarnya.

sumbe r:

https://nashatakram.net/layanan-otomotif-seva-id/

You might be interested in …

Sekolah Ibu Diklaim Bisa Selamatkan Keluarga

Sekolah Ibu Diklaim Bisa Selamatkan Keluarga

Pendidikan

Sekolah Ibu Diklaim Bisa Selamatkan Keluarga Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor meresmikan Sekolah Ibu di gedung Poetri Ballroom SKI, Kecamatan Bogor Timur, kemarin. Sekolah ini diklaim bisa menyelamatkan permasalahan keluarga sekaligus dapat meningkatkan kapasitas ibu dalam mengurus rumah tangga dan mendidik anak-anaknya. “Sejauh ini para ibu memiliki peran yang sangat strategis, sangat utama dan sangat luar […]

Read More
Prajurit dan PNS Puspen TNI Ikuti Penyuluhan Hukum

Prajurit dan PNS Puspen TNI Ikuti Penyuluhan Hukum

Pendidikan

Prajurit dan PNS Puspen TNI Ikuti Penyuluhan Hukum Prajurit dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) Puspen TNI mengikuti penyuluhan hukum terkait dengan bahaya narkoba dan netralitas TNI dalam politik, disampaikan oleh Tim penceramah dari Badan Pembinaan Hukum (Babinkum) TNI, bertempat di Balai Wartawan Puspen TNI, Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Rabu (11/4/2018). Acara ceramah hukum yang […]

Read More
Pandangan Sejarah Syeh Siti Jenar

Pandangan Sejarah Syeh Siti Jenar

Pendidikan

Pandangan Sejarah Syeh Siti Jenar Nama asli Syekh Siti Jenar adalah Sayyid Hasan ’Ali Al-Husaini, dilahirkan di Persia, Iran. Kemudian setelah dewasa mendapat gelar Syaikh Abdul Jalil. Dan ketika datang untuk berdakwah ke Caruban, sebelah tenggara Cirebon. Dia mendapat gelar Syaikh Siti Jenar atau Syaikh Lemah Abang atau Syaikh Lemah Brit.   Syaikh Siti Jenar […]

Read More