Dzikir dan Doa Ramadhan

Dzikir dan Doa Ramadhan

Dzikir dan Doa Ramadhan

Dzikir dan Doa Ramadhan
Dzikir dan Doa Ramadhan

Bulan Ramadhan Penuh Berkah

Bulan Ramadhan tahun 1436 H ini, telah berada di depan mata. Setiap orang beriman tentu senang menantikan kedatangannya. Apalagi dalam hadits dikatakan, “Barang siapa gembira dengan masuknya bulan Ramadhan, Allah haramkan jasadnya dari api neraka.”

Tak ada kegembiraan menyamai gembiranya menyambut Ramadhan. Namun, kegembiraan ini akan menjadi hilang maknanya apabila, setelah ia datang, kita tak mengisinya dengan berbagai ibadah dan taqarrub yang dituntunkan oleh junjungan kita, Rasulullah SAW. Jika demikian, tak ubahnya kita menanti-nanti seseorang yang kita rindukan sekian lama tetapi setelah ia datang kita tinggal pergi begitu saja. Oh, betapa dustanya kerinduan itu, dan betapa kecewanya tamu yang kedatangannya ditunggu-tunggu.

Tentu kita tak ingin demikian. Kita ingin menunjukkan bahwa kegembiraan kita atas kedatangan Ramadhan adalah benar adanya, bahwa kerinduan kita juga tak hanya di mulut. Sudah selayaknya kita bertekad menjadikan Ramadhan ini menjadi lebih baik daripada Ramadhan-Ramadhan sebelumnya. Untuk itu, tak ada pilihan lain selain kita isi saat-saat istimewa itu dengan berbagai ibadah dan ketaqwaan lainnya, antara lain dengan doa.

Doa Orang Berpuasa

Berkaitan dengan doanya orang yang berpuasa, Rasulullah SAW bersabda, “Doa orang yang berpuasa itu tidak akan ditolak.” Mengapa demikian? Karena, pada waktu berpuasa itu keinginan hatinya melemah, badannya juga tidak kuat, begitu pula ambisinya. Ia mendekatkan diri kepada Allah SWT, taat kepada- Nya, meninggalkan makan dan minum karena takut akan adzab-Nya, dan meninggalkan syahwatnya karena patuh terhadap perintah Tuhan, penguasa langit dan bumi.

Seandainya di tahun-tahun lalu dalam kehidupan kita Ramadhan berlalu begitu saja tanpa amal ibadah yang berarti, sekarang manfaatkanlah ia dengan sebaik-baiknya. Jadikanlah ia sebagai alat untuk membebaskan diri Anda dari api neraka, dengan cara bertaubat, memperbanyak dzikir, tahlil, tasbih, tahmid, membaca Al-Qur’an, dan berdoa. Hidupkanlah rumah Anda dengan ayat-ayat Allah, dan jauhkanlah ia dari segala hal yang melalaikan dari mengingat Allah SWT.

Banyak doa dan dzikir yang berkaitan dengan ibadah puasa Ramadhan dan ibadah-ibadah lain di bulan suci ini, baik yang diajarkan oleh Rasulullah SAW maupun yang disusun oleh para ulama as-salafush shalih. Berikut ini beberapa di antaranya yang bagus untuk kita amalkan sebagai pelengkap ibadah puasa kita.

Doa Menyambut Munculnya Hilal Bulan Ramadhan

Ketika muncul hilal bulan Ramadhan, yang menandakan datangnya bulan suci ini, di antara doa yang dapat kita baca adalah sebagai berikut:

Dengan nama Allah, Yang Maha Pengasih lagi Maha Penyayang. Ya Allah, limpahkanlah shalawat kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, dan kepada keluarga junjungan kami, Nabi Muhammad.

Allah Mahabesar. Ya Allah, munculkanlah ia (bulan Ramadhan) pada kami dengan membawa keberkahan dan iman, keselamatan dan Islam, serta petunjuk kepada segala yang Engkau sukai dan ridhai. Tuhanku dan Tuhanmu adalah Allah.

Ya Allah, berilah kami kebaikannya, keberkahannya, dan cahayanya; dan kami berlindung kepada-Mu dari keburukannya dan keburukan sesudahnya.

Ya Allah, jadikanlah ia bulan keberkahan, cahaya, pahala, keridhaan dari Tuhan, Yang Maha Penyayang, dan penjagaan dari setan. Ya Allah, sesungguhnya Engkau memberi kebaikan di dalamnya kepada hamba-hamba-Mu. Maka berikanlah kepada kami kebaikan yang Engkau berikan kepada hamba-hamba-Mu yang shalih.”

Doa Malam Pertama Ramadhan

Doa ini dipanjatkan setelah shalat sunnah rawatib ba’diyyah Maghrib pada malam tanggal 1 Ramadhan, untuk mendapatkan ampunan, rahmat, kemuliaan, keberkahan, dan kekuatan untuk beramal shalih di bulan Ramadhan:

“Wahai Tuhanku, para peminta telah berdiri di pintu- Mu. Orang-orang fakir telah berlindung pada kehormat- an-Mu. Perahu orang-orang miskin telah berlabuh di pantai kemurahan-Mu. Mereka semua mengharapkan kemurahan rahmat dan nikmat-Mu.

Wahai Tuhanku, orang-orang yang berpuasa telah meraih kemenangan. Orang-orang yang mendirikan shalat telah beruntung. Orang-orang yang ikhlas telah terbebas dari kesalahan. Sedangkan kami adalah hamba-hamba-Mu yang berdosa. Maka kasihilah kami dengan rahmat-Mu. Muliakanlah kami dengan anugerah dan karunia-Mu, sehingga kami memiliki kekuat¬an untuk menerima berkah di bulan Ramadhan ini. Ampunilah kami semua dengan rahmat-Mu, wahai Yang Maha Penyayang di antara para penyayang.

Semoga Allah melimpahkan shalawat kepada junjungan kami Nabi Muhammad, beserta segenap keluarga dan para sahabatnya. Segala puji hanya bagi Allah, Tuhan semesta alam.”

Sumber: https://www.dutadakwah.co.id/niat-sholat-fardhu/