Dewan Pendidikan Segera Elaborasi Program Masagi

Dewan Pendidikan Segera Elaborasi Program Masagi

Dewan Pendidikan Segera Elaborasi Program Masagi

Dewan Pendidikan Segera Elaborasi Program Masagi
Dewan Pendidikan Segera Elaborasi Program Masagi

Dewan Pendidikan Jawa Barat (Jabar) yang baru saja dikukuhkan oleh Gubernur Provinsi Jabar akan segera mengelaborasi program “Jabar Masagi” dalam waktu dekat. Jabar Masagi merupakan pendidikan karakter yang berpijak pada pendidikan budi pekerti serta berdampak terhadap akhlak sosial yang mengandung keluhuran nilai-nilai kearifan lokal sesuai kebutuhan dan konteks budaya masing-masing wilayah di Jabar.

Salah seorang anggota Dewan Pendidikan Jawa Barat Tahun 2019-2024

, Amung Ma’mun mengatakan, anggotanya memerlukan pembicaraan lebih lanjut berkaitan dengan beberapa prioritas yang akan dijalankan di masa jabatan lima tahun. ”Terutama literatur-literatur yang kuat agar dewan pendidikan bisa berkolaborasi dan mencari informasi. Oleh karena itu, dalam waktu dekat kami akan berkumpul dan berkoordinasi antar-anggota,” ujarnya, dikutip dalam laman resmi Disdik Jabar, kemarin.

Ia mengatakan, berbagai program akan dibahas secara bertahap, terutama Jabar Masagi yang bisa diterapkan pada guru, kepala sekolah, dan semua lapisan pendidikan. Apabila program ini berhasil maka Jabar bisa memimpin di tingkat nasional dan masyarakat Jabar juga turut berkontribusi besar dalam membangun bangsa ini.

Melalui Jabar Masagi, lanjutnya, setiap peserta didik tidak hanya pintar secara IQ

, tapi juga secara emosional dan spiritual. Bahkan keempat nilai, yakni surti, harti, bukti, bakti yang didapat dari filosofi Sunda serta cinta agama, bela negara, jaga budaya, dan cinta lingkungan menjadi materi pokok yang harus diajarkan.

”Dewan pendidikan perlu mencermati secara mendalam apa yang bisa

disumbangkan dan apa yang akan dicanangkan ke depan agar bisa memberikan pendidikan terbaik bagi Jawa Barat,” pungkasnya.

Sebanyak 9 anggota dewan pendidikan yang baru dilantik, yaitu Syamsul Bahri, Amung Ma’mun, Mirifai, Teguh Wahyudi, Anna Angraeni, Idris Affandi, Rusi Rusmiati Aliyah, Dudu Nurjaman, dan Iman Subasman, M siap mengelaborasi Jabar Masagi. Secara umum, konsep Jabar Masagi yakni sebagai pijakan jati diri dengan keterampilan abad 21 untuk kemajuan generasi muda Jawa Barat ke depan.

 

Sumber :

https://ruangseni.com/

You might be interested in …

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat

Pendidikan

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat, dinamakan evolusi. Pada evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. Perubahan tersebut terjadi karena usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan-keperluan, keadaan-keadaan dan kondisi-kondisi baru, yang timbul sejalan […]

Read More
Dukung UN Dihapus karena Pemetaan Kualitas Pendidikan tak Harus Setiap Tahun

Dukung UN Dihapus karena Pemetaan Kualitas Pendidikan tak Harus Setiap Tahun

Pendidikan

Dukung UN Dihapus karena Pemetaan Kualitas Pendidikan tak Harus Setiap Tahun Keputusan Mendikbud Nadiem Makarim menghapus Ujian Nasional (UN) dan menggantinya dengan Asesmen Kompetensi Minimum dan Survei Karakter, dinilai sebagai langkah yang tepat. “Wacana Mendikbud hapus UN sudah tepat,” kata dosen sosiologi pendidikan FISIP Unsoed, Nanang Martono, di Purwokerto, Banyumas, Jumat (13/12). Menurut Nanang, pelaksanaan […]

Read More
Cerpen tentang Politik

Cerpen tentang Politik

Pendidikan

Cerpen tentang Politik Foto-foto yang terselip di tiap halaman album kusam itu seakan menghidupkan sejarah yang telah berlalu. Sejarah yang penuh darah dan api perjuangan. Barangkali foto-foto itu menjadi bukti bahwa sejarah tak mampu dibohongi hanya dengan teriakan dan orasi-orasi semata. Sejarah itu kejam. Sejarah itu perlawanan. Sejarah itu pemerasan dan penindasan. Namun, sejarah juga […]

Read More