DERMATITIS PADA KUDA

DERMATITIS PADA KUDA

DERMATITIS PADA KUDA

DERMATITIS PADA KUDA
DERMATITIS PADA KUDA

Etiologi

Equine dermatitis adalah semua kondisi inflamasi dari kulit yangmempengaruhi kesehatan secara keseluruhan dari kulit kuda. Kulit kuda itu sendiri menjadi merah dan bersisik atau dalam kasus yang ekstrim dapat di temukan cairan. Equine dermatitis dapat disebabkan oleh bakteri, virus,atau alergi / sensitif terhadap zat tertentu termasuk racun serangga(gigitan).

 

Gejala Klinis

Seekor kuda dengan dermatitis berat biasanya akan menggaruk, menggosok, mengunyah atau menggigit di wilayah yang terkena. Ini adalah upaya kuda untuk meringankan gatal. Tanda-tanda lain seperti gatal-gatal (urtcaria), papula, scale dan kerak juga indikasi dermatitis. Jenis utama dermatitis pada kuda yaitu :

  1. Dermatitis kontak

Jenis dermatitis yang kuda menimbulkan benjolan merah denganpengerasan kulit dan rambut rontok. Ini biasanya terjadi di sekitarmoncong, lingkar sadel, kaki, tungkai, dan daerah lainyang kontak dengan lesi. Kulit yang sembuh berubah menjadi putih(depigmentasi).

  1. Dermatitis kontakalergi.

Bentuk dermatitis kuda juga menyebabkan benjolan merah,pengerasan kulit dan rambut rontok. Hal ini disebabkan oleh kontakberulang atau terus-menerus dengan alergen. Dermatiti dapat jugamenyebar ke luar daerah kontak.

  1. Pruriticdermatitis.

Jenis dermatitis kuda bisa menyebabkan gatal parah, gatal-gatal dantanda-tanda reaksi alergi. Pruritic dermatitis umumnya disebabkanoleh gigitan serangga, nyamuk dan lalat kuda

  1. Pemphigusfoliaceus.

Ini adalah kondisi yang relatif jarang disebabkan oleh reaksi alergiterhadap suatu zat pada kulit kuda. Kondisi ini awalnyamenghasilkan lecet, scabs, dan kulit bersisik. Kemudian, ulcerationstampil dengan pengerasan kulit dan berdarah serum.

 

Pengobatan

Untuk pengobatan dapat dilakukan perubahan manajemen pemeliharaan.Jika kuda alergi terhadap zat tertentu maka dihindarkan dari zat tersebutakan membantu meringankan gejala. Misalnya, kuda yang sensitif terhadapgigitan serangga harus dimasukkan ke kandang sebelum pertengahan pagidan sore, dan penolak serangga harus digunakan. Kuda dengan kondisi kulitberat atau kronis kadang-kadang diberi terapi cortisone, yang dapatmembantu meringankan kondisi tersebut.

 

ECZEMA

Etiologi

Penyakit ini disebut juga atitis atopik, karena reaksi dari gigitan nyamuk Culicoides. Ini adalah penyebab utama reaksi hipersensitif alergi pada kuda.Nyamuk ini menimbulkan gigitan menyakitkan, dan setelah merekamenggigit, menghisap darah dari daerah tersebut. Air liur culicoides memiliki protein asing yang mengandung antigen yang memicu reaksi dikulit kuda dalam 6-24 jam setelah gigitan. Reaksi menyebabkan kemerahandan kondisi gatal.

Gejala klinis

Gejala yang timbul setelah tersetang penyakit ini biasanya rambut rontok,kulit bagian perut dan ekor merah, keras, meradang. Kondisi gatal akan membatasi kuda untuk beraktifitas dengan normal. eczema tidak menularpada kuda lainnya. Ada komponen genetik untuk eczema – keturunan kuda Summer Eksim lebih rentan.

Sumber : https://nashatakram.net/tata-cara-penulisan-unsur-serapan/