Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

 

Dengan PLS Diharapkan Siswa Mampu Beradaptasi dan Nyaman di Sekolah

Wakil Walikota Bandung terpilih

Yana Mulyana membuka kegiatan masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (PLS) di SMA Pasundan 3 Bandung. Pada acara tersebut ia mengungkapkan bahwa target pendidikan di Kota Bandung adalah meningkatkan infrastruktur dan sarana-prasarana. Peningkatan tersebut harus disertai dengan meningkatnya jumlah anak yang bersekolah. Anak-anak di usia sekolah harus diberikan pelayanan terbaik, sehingga dapat terealisasi secara merata di negeri maupun swasta.

 Soal pendidikan harus ada pemerataan

anak-anak usia sekolah harus bersekolah,” ujar Yana saat ditemui di lapangan SMA Pasundan3  Bandung, Jl. Kebon Jati No.31, Kb. Jeruk, Andir, Kota Bandung, Rabu, 18 Juli 2018.

Yana juga menghimbau bahwa

dengan melaui PLS ini diharapkan setiap siswa dapat beradaptasi dengan baik dan meresa nyaman ketika berada di sekolah. Selain itu, pendidikan karakter adalah salahsatu hal peting yang harus diterapkan disetiap sekolah.

Kepala SMA Pasundan 3 Bandung

Solihin mengungkapkan bahwa diadakannya masa PLS ini sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 18 Tahun 2016 tentang Pengenalan Lingkungan Sekolah Bagi Siswa Baru. Tujuannya untuk  melatih ketahanan mental, disiplin, dan juga mempererat tali persaudaraan. Selain itu, MPLS ini sebagai sarana perkenalan siswa terhadap lingkungan baru di sekolah ini.

“Setiap siswa baru, diberikan arahan agar menjadi siswa yang berkarakter. Sehingga dapat belajar dengan baik dan disiplin,” ujar Solihin.

Karakter adalah sifat yang mempengaruhi perilaku, budi pekerti dan tabiat seseorang. Pendidikan karakter juga sangatlah penting bagi anak-anak atau remaja yang masih dalam dunia pendidikan. Sebuah pendidikan karakter dalam dunia pendidikan ini, dijadikan suatu wadah atau proses untuk membentuk pribadi anak agar menjadi pribadi yang baik.

Wakil Kepala Sekolah Bidang Kesiswaan, Hendra Yuliato mengungkapkan bahwa tahun ini SMA Pasundan 3 Bandung menerima 332 siswa. Senada dengan Yana Mulyana, ia mengugkapkan bahwa kurikulum dan tradisi yang diterapkan membangun karakter siswa. Terdapat 3 karakter yang diterapkan selama ini di sekolah, diantaranya adalah solat berjamaah, mengaji dengan harapan siswa mampu menyelesaikan juz ke 30, dan perbuatan memuliakan kedua orang tuanya.

 

Sumber: https://www.gurupendidikan.co.id/