Definisi Kedwibahasaan

Definisi Kedwibahasaan

Definisi Kedwibahasaan

Definisi Kedwibahasaan
Definisi Kedwibahasaan

 

Kedwibahasaan sebagai akibat

adanya kontak bahasa berubah-ubah dan merupakan istilah yang bersifat relatif atau nisbi. Berikut ini beberapa definisi kedwibahasaan.

1. Weinreich

Kedwibahasaan adalah kebiasaan menggunakan dua bahasa atau lebih secara bergantian

2. Bloomfield

Merumuskan kedwibahasaan sebagai penguasaan yang sama baiknya atas dua bahasa atau native like control of two languages. Penguasaan dua bahasa dengan kelancaran dan ketepatan yang sama seperti penutur asli sangatlah sulit diukur.

3. Mackey

Merumuskan kedwibahasaan sebagai kebiasaan menggunakan dua bahasa atau lebih oleh seseorang (the alternative use of two or more languages by the same individual). Perluasan pendapat ini dikemukakan dengan adanya tingkatan kedwibahasaan dilihat dari segi penguasaan unsur gramatikal, leksikal, semantik, dan gaya yang tercermin dalam empat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, berbicara, membaca, dan menulis.
4. Haugen
Mengemukakan kedwibahasaan dengan tahu dua bahasa (knowledge of two languages), cukup mengetahui dua bahasa secara pasif atau understanding without speaking.
5. Oksaar
Berpendapat bahwa kedwibahasaan bukan hanya milik individu, namun harus diperlakukan sebagai milik kelompok, sehingga memungkinkan adanya masyarakat dwibahasawan. Hal ini terlihat di Belgia menetapkan bahasa Belanda dan Perencis sebagai bahasa negara, Finlandia dengan bahasa Find dan bahasa Swedia. Di Montreal Kanada, bahasa Inggris dan Perancis dipakai secara bergantian oleh warganya, sehingga warga montreal dianggap sebagai masyarakat dwibahasawan murni.
   Jadi kedwibahasaan berhubungan erat dengan pemakaian dua bahasa atau lebih oleh seorang dwibahasawan atau masyarakat dwibahasawan secara bergantian.

Baca Juga :

You might be interested in …

Penyelesaian Sengketa Alternatif

Penyelesaian Sengketa Alternatif

Pendidikan

Penyelesaian Sengketa Alternatif Perselisihan dan sengketa diantara dua pihak yang melakukan hubungan kerjasama mungkin saja terjadi. Terjadinya perselisihan dan sengketa ini sering kali disebabkan apabila salah satu pihak tidak menjalankan kesepakatan yang telah dibuat dengan baik ataupun karena ada pihak yang wanprestasi, sehingga merugikan pihak lainnya. Penyelesaian sengketa bisa melalui dua cara yaitu pengadilan dan arbitrase. […]

Read More
Include File

Include File

Pendidikan

Include File Server Side Includes (SSI) digunakan untuk membuat fungsi, headers, footers, atau elemen yang akan digunakan secara berulang pada banyak halaman. Anda dapat memasukan sebuah komponen dari sebuah file ke file PHP sebelum server melaksanakannya dengan  fungsi include() atau require(). Kedua Fungsi ini adalah serupa dalam cara apapun, kecuali bagaimana mereka menangani kesalahan. funsi include()  menghasilkan […]

Read More

Kepala Sekolah Dan Kompetensi Kepala Sekolah

Pendidikan

Kepala Sekolah Dan Kompetensi Kepala Sekolah Pengertian Kepala Sekolah Kepala sekolah adalah suatu jabatan fungsional dalam bidang pendidikan, yang memiliki kedudukan strategis dalam penyelenggaraan pendidikan karena maju mundurnya sekolah sangat bergantung pada kepiawaian seorang kepala sekolah dalam memimpin lembaga tersebut. Apakah kepala sekolah itu ? Dalam Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 13 Tahun 2005, disebutkan […]

Read More