Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Positif Ruralisasi

  • Masyarakat dapat menciptakan usaha sendiri misalnya berjualan, hal ini cenderung sulit dilakukan di perkotaan karena persaingan yang sangat ketat.
  • Udara pedesaan yang jauh lebih sehat ketimbang di perkotaan membantu tubuh tetap bugar.
  • Masyarakat yang melakukan ruralisasi pada umumnya dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat di desa, sehingga masyarakat desa mengalami modernisasi.
  • Penduduk kota yang melakukan ruralisasi dapat membeli lahan di pedesaan dengan harga yang lebih terjangkau.

Dampak Negatif Ruralisasi

  • Jumlah konsumen di perkotaan semakin berkurang karena kepadatan penduduk berkurang.
  • Cara berpakaian masyarakat kota yang pindah ke desa akan menyebabkan perubahan budaya kesopanan pada masyarakat pedesaan.
  • Harga kebutuhan pokok di pedesaan akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di desa tersebut akibat ruralisasi.

Contoh Ruralisasi

Seperti yang telah disebutkan diatas, dalam hal ini pengertian ruralisasi ialah perpindahan penduduk dari daerah perkotaan yang padat ke daerah pedesaan yang minim penduduk. Dengan begitu maka masyarakat perkotaan dapat memiliki lahan di pedesaan dan mengurangi kepadatan penduduk di kota.

Salah satu contoh ruralisasi ialah perpindahan penduduk di daerah Jakarta “Pasar Minggu, Blok M dan lain-lain” ke daerah pedesaan di Jawa Timur misalnya Desa Dolopo, Madium. Di Dolopo masih terdapat banyak lahan kosong untuk ditempati dan dikelola oleh masyarakat kota yang melakukan ruralisasi.


Sumber: https://eu-studentvote.org/ridge-racer-apk/

You might be interested in …

Peran dan Fungsi Monitoring Dalam Analisis Kebijakan

Peran dan Fungsi Monitoring Dalam Analisis Kebijakan

Pendidikan

Peran dan Fungsi Monitoring Dalam Analisis Kebijakan             Monitoring memainkan peran metodologis yang penting dalam analisis kebijakan. Ketika situasi masalah (problem situation) timbul saat transformasi tindakan kebijakan menjadi informasi tentang hasil kebijakan melalui monitoring, situasi masalah (sistem dari berbagai masalah yang saling tergantung) tersebut ditransformasikan melalui perumusan masalah ke dalam suatu masalah kebijakan. Monitoring setidaknya […]

Read More
Gelar Nobar G 30 S PKI di Balaikota

Gelar Nobar G 30 S PKI di Balaikota

Pendidikan

Gelar Nobar G 30 S PKI di Balaikota Wali Kota Bogor Bima Arya Wali Kota Bogor Bima Arya bersama jajaran pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor menggelar nonton bareng (Nobar) film penghianatan G 30 S PKI di ruang Paseban Sri Bima, Balaikota Bogor, Jumat (29/09/2017). Bima mengatakan Tujuan digelarnya nonton […]

Read More
MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL

MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL

Pendidikan

MANAGEMENT PLANNING AND CONTROL Global competition that occurs along with advances in technology continue to significantly alter the scope of business and internal reporting requirements. Reduction in national trade barriers on an ongoing basis, a floating currency, sovereign risk, restrictions on sending funds across national borders, differences in national tax systems, the difference in interest […]

Read More