Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Positif Ruralisasi

  • Masyarakat dapat menciptakan usaha sendiri misalnya berjualan, hal ini cenderung sulit dilakukan di perkotaan karena persaingan yang sangat ketat.
  • Udara pedesaan yang jauh lebih sehat ketimbang di perkotaan membantu tubuh tetap bugar.
  • Masyarakat yang melakukan ruralisasi pada umumnya dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat di desa, sehingga masyarakat desa mengalami modernisasi.
  • Penduduk kota yang melakukan ruralisasi dapat membeli lahan di pedesaan dengan harga yang lebih terjangkau.

Dampak Negatif Ruralisasi

  • Jumlah konsumen di perkotaan semakin berkurang karena kepadatan penduduk berkurang.
  • Cara berpakaian masyarakat kota yang pindah ke desa akan menyebabkan perubahan budaya kesopanan pada masyarakat pedesaan.
  • Harga kebutuhan pokok di pedesaan akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di desa tersebut akibat ruralisasi.

Contoh Ruralisasi

Seperti yang telah disebutkan diatas, dalam hal ini pengertian ruralisasi ialah perpindahan penduduk dari daerah perkotaan yang padat ke daerah pedesaan yang minim penduduk. Dengan begitu maka masyarakat perkotaan dapat memiliki lahan di pedesaan dan mengurangi kepadatan penduduk di kota.

Salah satu contoh ruralisasi ialah perpindahan penduduk di daerah Jakarta “Pasar Minggu, Blok M dan lain-lain” ke daerah pedesaan di Jawa Timur misalnya Desa Dolopo, Madium. Di Dolopo masih terdapat banyak lahan kosong untuk ditempati dan dikelola oleh masyarakat kota yang melakukan ruralisasi.


Sumber: https://eu-studentvote.org/ridge-racer-apk/

You might be interested in …

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat

Pendidikan

Proses Perubahan Sosial di Masyarakat Perubahan Lambat dan Perubahan Cepat Perubahan-perubahan yang memerlukan waktu lama dan rentetan-rentetan perubahan kecil yang saling mengikuti dengan lambat, dinamakan evolusi. Pada evolusi perubahan terjadi dengan sendirinya tanpa rencana atau kehendak tertentu. Perubahan tersebut terjadi karena usaha-usaha masyarakat untuk menyesuaikan diri dengan keperluan-keperluan, keadaan-keadaan dan kondisi-kondisi baru, yang timbul sejalan […]

Read More
Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah

Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah

Pendidikan

Langkah-Langkah Membentuk Keluarga Sakinah Keluarga Sakinah adalah sebuah keluarga yang didamba dan diimpikan oleh semua orang, karena melalui Keluarga Sakinah ini akan terlahir generasi penerus yang berkualitas, beriman dan bertaqwa serta berakhlak mulia. Keluarga yang dilandasi dengan ajaran agama tentunya akan meningkatkan ketahanan keluarga ditengah-tengah kehidupan masyarakat. Namun untuk mewujudkan dambaan dan impian itu bukanlah hal […]

Read More

Yang Maha Esa

Pendidikan

Yang Maha Esa Yang maha Esa berarti yang maha satu atau maha tunggal dan tidak ada yang mempersekutukan-Nya. Dia esa dalam zat-Nya, esa dalam sifat-Nya, esa dalam perbuatan-Nya. Oleh kaena adanya kekhususanya itu, maka tidak ada yang menyamainya dan Dia maha sempurna. Sila Ketuhanan Yang Maha Esa mengandung pengertian bahwa kita bangsa Indonesia percaya dan […]

Read More