Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Ruralisasi

Dampak Positif Ruralisasi

  • Masyarakat dapat menciptakan usaha sendiri misalnya berjualan, hal ini cenderung sulit dilakukan di perkotaan karena persaingan yang sangat ketat.
  • Udara pedesaan yang jauh lebih sehat ketimbang di perkotaan membantu tubuh tetap bugar.
  • Masyarakat yang melakukan ruralisasi pada umumnya dapat mempengaruhi kehidupan masyarakat di desa, sehingga masyarakat desa mengalami modernisasi.
  • Penduduk kota yang melakukan ruralisasi dapat membeli lahan di pedesaan dengan harga yang lebih terjangkau.

Dampak Negatif Ruralisasi

  • Jumlah konsumen di perkotaan semakin berkurang karena kepadatan penduduk berkurang.
  • Cara berpakaian masyarakat kota yang pindah ke desa akan menyebabkan perubahan budaya kesopanan pada masyarakat pedesaan.
  • Harga kebutuhan pokok di pedesaan akan meningkat seiring dengan meningkatnya jumlah penduduk di desa tersebut akibat ruralisasi.

Contoh Ruralisasi

Seperti yang telah disebutkan diatas, dalam hal ini pengertian ruralisasi ialah perpindahan penduduk dari daerah perkotaan yang padat ke daerah pedesaan yang minim penduduk. Dengan begitu maka masyarakat perkotaan dapat memiliki lahan di pedesaan dan mengurangi kepadatan penduduk di kota.

Salah satu contoh ruralisasi ialah perpindahan penduduk di daerah Jakarta “Pasar Minggu, Blok M dan lain-lain” ke daerah pedesaan di Jawa Timur misalnya Desa Dolopo, Madium. Di Dolopo masih terdapat banyak lahan kosong untuk ditempati dan dikelola oleh masyarakat kota yang melakukan ruralisasi.


Sumber: https://eu-studentvote.org/ridge-racer-apk/

You might be interested in …

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar

Pendidikan

Tinjauan Pustaka Tentang Minat belajar Minat besar pengaruhnya terhadap hasil belajar, karena bila hal yang dipelajari tidak sesuai dengan minat siswa, siswa tidak akan belajar dengan sebaik-baiknya karena siswa akan melakukan sesuatu yang sesuai dengan apa yang diminatinya. Dengan memiliki minat belajar yang tinggi, siswa akan merasa belajar merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga berpotensi untuk […]

Read More
Sinergi

Sinergi

Pendidikan

Sinergi Walaupun konsep synergi telah dijelaskan diatas namun, penggunaan konsep synergi di sini digunakan secara lebih luas. Sinergi berasal dari kata Greek ‘synergia’ atau ‘synergos’ yang berarti bekerja sama. Peter Corning ( Synergy and Self-Organization In The Evolution Of Complex Systems – www.complexsystems.org ) yang telah turut memperjelas fenomena, ini yang rata-rata berlaku dalam alam […]

Read More
Ekonomi Perencanaan Adalah

Ekonomi Perencanaan Adalah

Pendidikan

Ekonomi Perencanaan Adalah Arti Perencanaan Pembangunan 1. Pengertian perencanaan pembangunan adalah suatu upaya untuk mengubah keadaan ekonomi esok suatu bangsa dari negara berkembang menjadi jauh lebih baik dari keadaan sebelumnya yakni dengan upaya meningkatkan pendapatan nasional dan pendapatan per kapita, melenyapkan ketimpangan pendapatan serta ketimpangan kesejahteraan, dan meningkatkan lapangan kerja. 2. Tujuan perencanaan wilayah adalah […]

Read More