Contoh Mahasiswa Membuat Proposal

Contoh Mahasiswa Membuat Proposal

Contoh Mahasiswa Membuat Proposal

Contoh Mahasiswa Membuat Proposal
Contoh Mahasiswa Membuat Proposal

Bagi mahasiswa yang aktif di kegiatan – kegiatan kampus, pasti sudah tidak aneh lagi dengan “proposal”. Setiap kali mau mengadakan acara yang membutuhkan perizinan dan dana, proposal akan menjadi senjata penting untuk mencapai tujuan yang dimaksud. Bagi sebagian besar mahasiswa membuat proposal itu mudah, tapi tidak jarang juga kita bingung ketika harus menulis proposal. Biasanya kita bingung bagaimana sistematikanya, kata – kata yang akan digunakan, layout, dsb.

Kali ini saya ingin sedikit berbagi dengan kawan – kawan tentang “PROPOSAL”, karena beberapa kali ikut kepanitiaan suatu acara, job desk saya tidak jauh dari sekretaris yang berhubungan dengan pembuatan proposal itu sendiri.

Proposal yang sering dibuat oleh mahasiswa antara lain : 1) Proposal pengajuan acara/kegiatan; 2) Proposal perizinan; 3) Proposal permohonan dana; 4) Proposal sponsorship; 5) Proposal Magang /Praktek Kerja; 6) Proposal penulisan tugas akhir. Beda tujuan, maka berbeda juga isi dari proposal yang akan dibuat. Berikut ini sekilas akan saya bahas sesuai pengalaman saya membuat proposal agar suatu acara atau kegiatan dapat terlaksana.

1) Proposal Pengajuan Acara atau Kegiatan; Perizinan; dan Permohonan Dana

Proposal ini biasanya ditujukan kepada pihak kampus tempat organisasi mahasiswa itu berada, bisa ke pihak Dekanat atau Rektorat tergantung peraturan masing – masing kampus. Tampilan dari proposal ini umumnya formal, berbeda dengan proposal sponsorship. Sistematikanya yaitu :

  1. Pendahuluan

Bagian ini menguraikan secara singkat-jelas-padat apa yang melatarbelakangi diadakannya suatu kegiatan dan mengapa kegiatan ini perlu untuk diadakan. Bisa dimasukkan isu – isu yang sedang berkembang, apa hubungannya dengan organisasi mahasiswa yang mengadakan, manfaat yang dapat diperoleh dari kegiatan ini. Untuk bagian pendahuluan jangan terlalu panjang cukup satu halaman dan paling banyak 1 ½ halaman.

  1. Maksud dan Tujuan Kegiatan

Uraikan per-point maksud dan tujuan dari kegiatan tersebut

Contoh :

  1. Melalui kegiatan ini diharapkan………..
  2. Menambah pengetahuan, wawasan……….(dst)
  3. ….Dst….
  4. Kegiatan

Sebutkan apa nama acara ini, bentuk kegiatannya, siapa pesertanya.

  1. Waktu dan Tempat Kegiatan

Sebutkan kapan pelaksanaannya dan dimana diadakannya.

  1. Susunan Panitia
  2. Susunan Acara
  3. Anggaran Biaya

Anggaran biaya ini harus disusun berdasarkan survey terlebih dahulu atas semua keperluan dan kebutuhan dalam kegiatan yang akan dilaksanakan, jangan sampai panitia kekurangan dana nantinya. Bagian inilah yang paling diperhatikan baik oleh Dekanat, Rektorat dan Pihak Sponsor. Bagian ini bisa dipaparkan langsung dalam bab ini, atau terlampir (setelah penutup).

  1. Penutup

Biasanya cukup satu paragraph saja, mengutarakan harapan agar kegiatan ini dapat terlaksana dan kerjasama pihak terkait serta ucapan terima kasih. Diikuti tanda tangan dari ketua panitia dan pihak Dekanat selaku Pembina atau pelindung

  1. *Term of References* (TOR)

Khusus bagian ini disertakan dalam lampiran yang menyatu dengan proposal ataupun terpisah, yang “Hanya” diberikan kepada pihak yang membutuhkan seperti Pembicara, Narasumber, dll dalam suatu seminar atau workshop. TOR ini merupakan lingkup materi apa saja yang diinginkan panitia untuk disampaikan oleh pembicara. Isi dari TOR ini dapat pula didiskusikan dengan pembicara. Umumnya TOR tidak disertakan dalam proposal untuk keperluan perizinan, permohonan dana dan sponsorship.

2) Proposal Sponsorship

Secara garis besar sistematika dari Proposal Sponsorship ini sama dengan proposal pengajuan acara atau permohonan dana, terdiri dari : Pendahuluan, Maksud dan Tujuan, Kegiatan, Waktu dan Tempat Kegiatan, Susunan Panitia, Susunan Acara, Anggaran Biaya, Penutup. Namun bedanya proposal untuk sponsorship ini dibuat lebih menarik, baik dari layout tiap halaman, kertas yang digunakan hingga bentuk jadi dari proposal itu sendiri. Simple & Menarik, sesuai acara yang akan diadakan.

3) Proposal Magang atau Praktek Kerja

Untuk keperluan melamar magang selain Proposal, biasanya dikirimkan bersamaan dengan Surat Pengantar dari pihak kampus, Surat Rekomendasi, Transkrip Nilai terakhir, CV. Proposal magang ini dibuat sesuai kebutuhan dari peserta magang. Tidak semua instansi tempat kita melamar magang mensyaratkan harus menyertakan proposal. Namun ada juga yang meminta peserta magang untuk menyertakan proposal magang yang berisi apa dan untuk apa magang ini dilakukan oleh pelamar, bidang yang ingin ditempati, hingga focus penelitian bagi pelamar yang sekaligus ingin melakukan penelitian tugas akhirnya. “Proposal Magang Kerja” yang saya buat yaitu dengan sistematika sebagai berikut

  1. Pendahuluan

Berikan paparan singkat tentang program magang yang akan dijalani oleh pelamar, apakah ini merupakan program wajib fakultas, kenapa pelamar ingin magang di instansi atau perusahaan yang dituju. Jika proposal ini menyangkut penelitian yang akan dilakukan pelamar, sebutkan juga isu – isu atau bidang yang ingin diteliti, yang melatarbelakangi pelamar mengajukan magang di instansi tersebut.

  1. Identifikasi Masalah

Dari pemaparan latar belakang tadi, lalu rumuskan menjadi beberapa poin pertanyaan “?” menyangkut apa yang sebenarnya ingin diteliti oleh pelamar.

  1. Tujuan

Sebutkan apa saja yang menjadi tujuan yang ingin dicapai pelamar dari program magang yang dijalaninya. (sebutkan per-point)

  1. Metodologi

Bagian ini akan memberikan penjelasan kepada instansi atau perusahaan yang menerima pelamar magang, apa saja yang akan dapat dilakukan, sejauh mana job desk yang akan diberikan dan apa saja yang dibutuhkan oleh pelamar magang.

  1. Kegiatan

Bagian ini kembali menjelaskan kegiatan apa yang akan dilaksanakan dari program magang ini. Sebutkan pula jangka waktu yang diajukan oleh pelamar dan jumlah jam kerja yang harus dipenuhi oleh pelamar (jika menjadi syarat dari kampus). Namun ada pula instansi yang menentukan kapan pelamar dapat memulai dan selesainya magang kerja ini.

  1. Peserta Magang

Jika proposal ini diajukan atas nama individu, sebutkan dengan jelas nama, fakultas & universitas asal pelamar, alamat rumah, nomor telepon (rmh & hp) sehingga mudah dihubungi, email, dll untuk dapat mudah dihubungi.

  1. Penutup
  2. Lampiran

Dalam lampiran ini sertakan Curriculum Vitae (CV) dari pelamar magang dan sebaiknya dalam CV tersebut tertera foto pelamar.

4) Proposal Penulisan Tugas Akhir

Proposal ini ditujukan untuk keperluan pengajuan penulisan tugas akhir. Sesuai dengan peraturan di fakultas saya, saat ini untuk menulis tugas akhir mahasiswa terlebih dahulu harus melalui Sidang Usulan Penelitian (UP). Oleh karena itu mahasiswa pun diharuskan membuat proposal penelitian untuk penulisan tugas akhir. Secara garis besar memaparkan tentang apa yang akan dibahas dari tugas akhir (untuk mahasiswa fakultas hukum yaitu : Skripsi, Legal Memorandum dan Studi Kasus) mahasiswa yang bersangkutan. Antara lain berisi Latar belakang masalah, Identifikasi masalah, Maksud dan Tujuan Penelitian, Kegunaan Penelitian, Kerangka pemikiran, Metode penelitian, Sistematika penelitian, Rencana Anggaran, Jadwal Kegiatan (rencana lama waktu penulisan).

Sumber : https://sam-worthington.net/