contoh hukum taklifi

HUKUM TAKHLIFI

Pengertian

Hukum takhlifi adalah hukum yang berisi tuntutan kepada mukallaf untuk meninggalkan atau melakukan sesuatu, atau memilih diantara keduanya.
B. Pembagian
1. Al-ijab (wajib)
Yaitu suatu tuntutan secara pasti dari syari’at untuk dilaksanakan dan tidak boleh ditinggalkan, karena jika meninggalkan akan dikenai hukuman.
وَأَقِيمُوا الصَّلَاةَ وَآتُوا الزَّكَاةَ وَارْكَعُوا مَعَ الرَّاكِعِينَ
Dan dirikanlah shalat, tunaikanlah zakat dan ruku’lah beserta orang-orang yang ruku’.
Para ulama ushul fiqh mengemukakan pembagian hukum wajib bisa dilihat dari beberapa segi, yaitu, dari segi waktu pelaksanaan, dari segi kandungan perintah, dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dan dari segi kuantitasnya.
Ø Dari segi waktu pelaksanaan :
a) Muaqqat( Terikat waktunya ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i untuk dikerjakan dengan pasti pada waktu tertentu, contoh : sholat 5 waktu, yang mana shalat itu tidak wajib sebelum datang waktunya.
b) Muthlaq (Tidak terikat waktu ) sesuatu yang dituntut oleh syar’i dengan pasti, namun tidak ditentukan waktu pelaksanaanya, contoh : Ibdah haji, yang manawajib bagi orang yang mampu, namun untuk melaksanakannya tidak dibatasi waktu tertentu.
Ø Dari segi kandungan perintah:
a) wajib mu’ayyan, yaitu kewajiban yang telah ditentukan perbuatanya, seperti membaca fatihah atau tahiyat dalam sholat.
b) wajib mukhayyar, yaitu kewajiban yang objeknya dapat dipilih dengan alternatif yang ada. Seperti membayar kafarat.

Ø Dari segi orang yang dibebani kewajiban hukum, dibagi menjadi dua, yaitu:
a) wajib aini, yaitu kewajiban yang dibeban kepada semua orang yang sudah baligh tanpa terkecuali. Seperti shalat fardhu.
b) wajib kifayah, yaitu perbuatan yang dapat dilakukan secara kolektif, seperti menyelenggarakan sholat jenzah.
Ø Dari segi kuantitasnya:
a) wajib muhaddad, yaitu wajib yang ditentukan batas kadarnya (jumlahnya), seperti jumlah zakat yang harus dikeluarkan.
b) wajib qhairu muhaddad, yaitu kewajiban yang tidak ditentukan batas kadarnya, seperti membelanjakan harta dijalan Allah.

Pos-pos Terbaru

You might be interested in …

Terdapat beberapa kota besar di Oman, yaitu

Umum

SEJARAH UMAT ISLAM DI OMAN GEOGRAFI, DEMOGRAFI DAN SOSIAL BUDAYA DI OMAN Oman adalah negara yang relatif kecil dengan luas hanya 309.500 kilometer persegi (dua setengah kali luas pulau Jawa) dan populasi 4,6 juta orang (kurang lebih sama dengan penduduk Provinsi D.I Yogyakarta). Pemerintahan di Oman berbentuk kesultanan dimana negara ini dipimpin oleh seorang sultan […]

Read More
Sejarah Pertempuran Medan Area

Sejarah Pertempuran Medan Area

Umum

Sejarah Pertempuran Medan Area Pada tanggal 9 November 1945, pasukan sekutu dibawah pimpinan Brigadir Jendral T.E.D. Kelly mendarat di Sumatera Utara yang diikuti oleh pasukan NICA. Pemerintah Republik Indonesia di Sumatera Utara memperkenankan mereka untuk menempati beberapa hotel yang terdapat di kota Medan, seperti hotel de Boer, Grand Hotel, Hotel Astoria dan hotel-hotel lainnya. Selanjutnya […]

Read More

Desain Fasad Rumah Minimalis

Umum

Desain Fasad Rumah Minimalis Apakah Anda peduli bagaimana desain fasad rumah minimalis dapat secara dramatis memengaruhi daya tarik rumah Anda? Dan apakah fasad rumah begitu penting? Jika Anda adalah tipe orang yang peduli dengan pengalaman rumah Anda, maka desain fasad sangatlah penting. Saat seseorang melihat rumah Anda, hal pertama yang pasti mereka ingat adalah tampilan […]

Read More