Ciri-Ciri Pendekatan Integratif

Ciri-Ciri Pendekatan Integratif

Ciri-ciri pendekatan integrative dalam (Zuchdi, 1997) itu antara lain:

 

  1. berpusat pada siswa,
  2. memberikan pengalaman langsung pada anak,
  3. pemisahan antarbidang studi tidak begitu jelas,
  4. menyajikan konsep dari berbagai bidang studi dalam satu proses pembelajaran,
  5. bersifat luwes, dan
  6. hasil pembelajaran dapat berkembang sesuai dengan minat dan kebutuhan anak.

 

II.5   Hubungan Pendekatan Integratif dengan Pembelajaran Bahasa

 

Dalam bentuk wacana semua pembelajaran bahasa dalam bentuk struktural itu dipadukan sehingga tampak lebih menarik. Pembelajar Bahasa harus menguasai keempat keterampilan berbahasa, yaitu mendengarkan, membaca, berbicara, dan menulis. Dalam pembelajaran Bahasa, minimal dua keterampilan dari empat keterampilan itu harus dipadukan dalam satu kegiatan berturutan. Berbahasa selalu terpaut dengan tema tertentu, ada “sesuatu” yang dibicarakan dalam berbahasa. Di sekolah “sesuatu” itu bisa tercakup dalam bidang studi Matematika, IPA, IPS, dan sebagainya. Proses pembelajaran terpadu menghendaki antara materi sastra dan Bahasa memiliki kedudukan sejajar. Keduanya saling menunjang dan berhubungan secara simbiosis mutualistis. Yang penting, pengajaran sastra menghendaki situasi pengajaran yang kreatif. Pendekatan delivery system, yang menghendaki sekolah sebagai agen menghafal, sebaiknya diubah menjadi agen mencipta, mencerna, menghayati seluruh persoalan hidup dan berusaha memecahkannya. Itulah sebabnya, diperlukan pengajar yang benar-benar konstruktivistik. Pengajar semacam ini akan mampu memadukan aspek Bahasa dan sastra secara arif. Melihat contoh tersebut dapat kita ketahui bahwa pendekatan integratif itu memiliki hubungan dengan pembelajaran bahasa.

 

sumber :

https://cialis.id/final-fantasy-dimensions-ii-apk/

You might be interested in …

· Penilaian Kesesuaian – Persyaratan Umum

Pendidikan

· Penilaian Kesesuaian – Persyaratan Umum Lembaga Sertifikasi Profesi 1. Ruang Lingkup Pedoman ini merupakan persyaratan untuk LSP dengan persyaratan tertentu, termasuk pengembangan dan pemeliharaan skema sertifikasi profesi. CATATAN Di beberapa negara, lembaga yang memverifikasi kesesuaian kompetensi profesi dengan persyaratan yang ditetapkan disebut “lembaga sertifikasi”, di negara lain disebut “lembaga registrasi”,”lembaga asesmen dan registrasi” atau […]

Read More
Tujuan Negara Republik Indonesia

Tujuan Negara Republik Indonesia

Pendidikan

Tujuan Negara Republik Indonesia Indonesia sebagai sebuah bangsa yang diproklamirkan pada tanggal 17 Agustus 1945 mempunyai cita-cita dan tujuan yang luhur sebagai suatu bangsa. Dengan cita-cita dan tujuan tersebut, diharapkan bangsa Indonesia mampu menjadi bangsa yang bermartabat sejajar dengan bangsa-bangsa lain di dunia, yaitu bangsa yang adil dan makmur dalam segala bidang kehidupan, baik material […]

Read More
Donasi Bogor untuk Lombok Rampung, Gairahkan Kembali Asa Siswa Sembalun

Donasi Bogor untuk Lombok Rampung, Gairahkan Kembali Asa Siswa Sembalun

Pendidikan

Donasi Bogor untuk Lombok Rampung, Gairahkan Kembali Asa Siswa Sembalun   Asa warga desa Sembalun Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat (NTB) mulai terpancar. Hal tersebut seperti rombongan aksi ‘Bogor untuk Lombok’ rasakan saat menginjakan kakinya kembali di desa tersebut pada Jumat (2/11/2018). Pasca gempa dahsyat yang mengguncang Lombok, beberapa waktu lalu, sejumlah fasilitas mengalami kerusakan […]

Read More