Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri-Ciri Kewirausahaan

Ciri-Ciri Kewirausahaan

  • Motif Berprestasi Tinggi

Para ahli mengemukakan bahwa seseorang memiliki minat berwirausaha karena adanya motif tertentu, yaitu motif berprestasi (achievement motive). Menurut Gede Anggan Suhanda (dalam Suryana, 2003 : 32) Motif berprestasi ialah suatu nilai sosial yang menekankan pada hasrat untuk mencapai yang terbaik guna mencapai kepuasan secara pribadi. Faktor dasarnya adalah kebutuhan yang harus dipenuhi.

  • Selalu Perspektif

Seorang wirausahawan hendaknya seorang yang mampu menatap masa dengan dengan lebih optimis. Melihat ke depan dengan berfikir dan berusaha. Usaha memanfaatkan peluang dengan penuh perhitungan. Orang yang berorientasi ke masa depan adalah orang yang memiliki persepktif dan pandangan kemasa depan. Karena memiliki pandangan jauh ke masa depan maka ia akan selalu berusaha untuk berkarsa dan berkarya (Suryana, 2003 : 23).


Kuncinya pada kemampuan untuk menciptakan sesuatu yang baru serta berbeda dengan yang sudah ada. Walaupun dengan risiko yang mungkin dapat terjadi, seorang yang perspektif harus tetap tabah dalam mencari peluang tantangan demi pembaharuan masa depan. Pandangan yang jauh ke depan membuat wirausaha tidak cepat puas dengan karsa dan karya yang sudah ada. Karena itu ia harus mempersiapkannya dengan mencari suatu peluang.


  • Memiliki Kreatifitas Tinggi

Menurut Teodore Levit, kreativitas adalah kemampuan untuk berfikir yang baru dan berbeda. Menurut Levit, kreativitas adalah berfikir sesuatu yang baru (thinking new thing), oleh karena itu menurutnya kewirausahaan adalah berfikir dan bertindak sesuatu yang baru atau berfikir sesuatu yang lama dengan cara-cara baru.


Menurut Zimmerer dalam buku yang ditulis Suryana (2003 : 24) dengan judul buku “Entrepreneurship And The New Venture Formation”, mengungkapkan bahwa ide-ide kreativitas sering muncul ketika wirausaha melihat sesuatu yang lama dan berfikir sesuatu yang baru dan berbeda.


Oleh karena itu kreativitas adalah menciptakan sesuatu dari yang asalnya tidak ada (generating something from nothing). Inovasi adalah kemampuan untuk menerapkan kreativitas dalam rangka memecahkan persolan-persolan dan peluang untuk meningkatkan dan memperkaya kehidupan. Dari definisi diatas, kreativitas mengandung pengertian, yaitu:


  1. Kreativitas adalah menciptakan sesuatu yang asalnya tidak ada.
  2. Hasil kerjasama masa kini untuk memperbaiki masa lalu dengan cara baru.
  3. Menggantikan sesuatu dengan sesuatu yang lebih sederhana dan lebih baik.

  • Memiliki Perilaku Inovatif Tinggi

Menjadi wirausaha yang handal tidaklah mudah. Tetapi tidaklah sesulit yang dibayangkan banyak orang, karena setiap orang dalam belajar berwirausaha.

Menurut Poppy King, wirausaha muda dari Australia yang terjun ke bisnis sejak berusia 18 tahun, ada tiga hal yang selalu dihadapi seorang wirausaha di bidang apapun, yakni: pertama, obstacle (hambatan); kedua, hardship (kesulitan); ketiga, very rewarding life (imbalan atau hasil bagi kehidupan yang memukau).


Baca Juga :

You might be interested in …

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial

Pendidikan

Melalui PBSB Diharapkan Segera Lahirkan Ulama Milenial Melalui Program Beasiswa Santri Berprestasi (PBSB) yang dilakukan antara Universitas Islam Negeri Sunan Gunung Djati (UIN SGD) Bandung dan Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Jawa Barat diharapkan akan segera mewujudkan upaya pencetakan sarjana ulama zaman now dan mengangkat marwah santri bermartabat. Rektor Universitas Indonesia Negeri (UIN) […]

Read More
Tulang Rusukku Hilang.

Tulang Rusukku Hilang.

Pendidikan

Tulang Rusukku Hilang Cerita ini saya posting untuk seorang teman yang sedang duduk termenung disana menyesali diri. Kehidupan cinta yang penuh dengan pertengkaran membuat teman saya ini merasa salah memilih calon pendamping hidupnya yaiu sang pacar yang sudah 4 tahun menemani hari-harinya. cerita ini untuk kita semua yang sering kali membuat sedihati orang yang kita […]

Read More
Kurikulum 2013 untuk Siapa

Kurikulum 2013 untuk Siapa?

Pendidikan

Kurikulum 2013 untuk Siapa? Kurikulum 2013 Kurikulum 2013 merupakan kurikulum baru yang di bentuk pemerintah untuk menggantikan Kurikulum sebelumnya yaitu KTSP 2006. Yang pada tahun 2013 sudah dilakukan percobaan di beberapa Sekolah pilihan dan rencananya pada tahun 2014, Kurikulum 2013 tersebut akan di terapkan di Semua Sekolah di Seluruh Indonesia. Dan benar saja, pada tahun […]

Read More