Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya
Cerita Cinta Soekarno dan 3 Istrinya

Siapa yang tidak mengenal pahlawan proklamator yang juga merupakan presiden pertama Indonesia. Ya, Presiden Soekarno dengan tak-tiknya yang brilian menjalankan roda pemerintahan pertama negeri ini. Ditangannya, Indonesia menjadi negara yang dihormati dan disegani oleh bangsa lain. Kisah-kisah perpolitikkannya banyak terpublish melalui berbagai buku-buku. Nah pada artikel kali ini kita akan membahas tentang kisah cinta dari Ayah Megawati Soekarno Putri ini.

  1. Oetari Tjokroaminoto

Pernikahan pertamanya terjadi saat Ia berusia 20 tahun dengan Oetari Tjokroaminoto pada tahun 1921 di Surabaya. Saat itu usia Oetari sendiri masih 16 tahun.  Pernihakan Ini tidak dilandasi perasaan saling cinta dan hanya bertahan seumur jagung. Soekarno menceraikan Oetari tak lama setelah kuliah di Bandung.

Oetari merupakan putri sari guru Soekarno yang bernama HOS Tjokroaminoto. Ia menikahi Utari dengan alasan meringankan beban keluarga dimana saat itu istri Tjokro baru saja meninggal. Dunia pergerakan Soekarno dan dunia kanak-kanak Oetari terlalu berseberangan. Hubungan mereka pun lebih seperti kakak-adik.

  1. Inggit Garnasih

Istri kedua Soekarno bernama Inggit Garnasih. Keduanya terpaut usia yang cukup jauh, dimana Inggit berusia 33 tahun dan Soekarno berusia 20 tahun. Sosok Inggit yang matang dan cantik ternyata berhasil memikatnya, padahal saat itu Inggit sudah memiliki Suami yang bernama Haji Sanusi.

Namun perasaan cinta keduanya tidak dapat dibendung dan Soekarno pun berhasil merebut Inggit dari Haji Sanusi. Inggit begitu telaten melayani dan mendengarkan Soekarno. Mereka kemudian menikah tahun 1923. Inggit mendampingi Soekarno dalam suka dan duka selama hampir 20 tahun.

Namun pernikahan Soekarno dan Inggit tidak dikaruniai anak. Tahun 1943, Soekarno menceraikan Inggit yang tak mau dimadu.

  1. Fatmawati

Dalam pembuangan di Bengkulu, Soekarno bertemu Fatmawati. Gadis muda ini adalah putri tokoh Muhammadiyah di Bengkulu. Usia Soekarno dan Fatmawati terpaut 22 tahun lebih muda.

Hubungan dengan Fatmawati membuat pernikahan Soekarno dengan Inggit Garnasih berakhir. Inggit menolak dipoligami dan memilih pulang ke Bandung.

Tanggal 1 Juni 1943, Soekarno dan Fatmawati menikah. Soekarno berusia 42 tahun dan Fatma 20 tahun. Setelah Indonesia merdeka, Fatma menjadi ibu negara yang pertama. Dia juga yang menjahit bendera pusaka merah putih.

Dari Fatmawati, Soekarno mendapatkan lima orang anak. Guntur Soekarnoputra, Megawati Soekarnoputri, Rachmawati Soekarnoputri, Sukmawati Soekarnoputri, dan Guruh Soekarnoputra.

Baca juga artikel: