Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar
Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Pada kesempatan kali ini, kita akan berguru terlebih dahulu bagaimana tata cara dalam membibitkan ikan lele secara alami. Di samping prosesnya lebih mudah, tingkat keberhasilan pembibitan secara natural ini pun lebih tinggi. Begitu pula dengan bibit-bibit ikan lele yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik. Jika Anda sudah berhasil dalam menerapkan metode ini, jangan ragu untuk menjajal kemampuan Anda dalam membibitkan ikan lele secara buatan. Di bawah ini langkah-langkah pembibitan ikan lele yang baik dan benar!

Pemijahan Indukan Ikan Lele Jantan dan Betina

Pindahkan kedua indukan ikan lele dari kolam karantina ke dalam kolam pemijahan menggunakan jaring yang halus. Setiap kolam pemijahan sebaiknya diisi dengan sepasang indukan ikan lele, yaitu 1 ekor ikan lele jantan dan 1 ekor ikan lele betina. Proses pemindahan ini sebaiknya dikerjakan pada waktu antara pagi dan siang hari. Setelah kedua ikan indukan telah masuk ke kolam, tutuplah kolam tersebut menggunakan tripleks atau kawat kasa untuk mencegahnya meloncat keluar.

Proses pemijahan ikan lele biasanya berlangsung pada malam hari, sekitar pukul 1-3 dini hari. Proses ini dimulai dari ikan betina yang mengeluarkan telur dan menempel ke kakaban. Lalu ikan jantan pun bakal mengeluarkan sel sperma untuk membuahi sel-sel telur tersebut.

ikan hiu megalodon – Keesokan harinya, Anda bisa mengecek apakah sudah ada telur ikan lele yang menempel di kakaban atau belum. Jika sudah ada, artinya proses pemijahan sudah selesai. Anda harus secepatnya mengeluarkan kedua indukan ikan lele dari kolam pemijahan biar tidak memangsa telur-telurnya sendiri. Kemudian kakaban-kakaban yang berisi telur ikan lele juga harus dipindahkan dari kolam pemijahan ke kolam penetasan telur. Pastikan seluruh permukaan kakaban karam di dalam air.

Penetasan Telur Ikan Lele

Telur ikan lele biasanya akan menetas dalam tempo antara 22-36 jam. Kolam penetasan telur ini sebaiknya dilengkapi dengan sirkulasi air yang halus dan perangkat aerator. Anakan ikan lele yang gres menetas biasanya akan lebih senang berada di dasar kolam. Keluarkan kakaban setelah dipastikan semua telur sudah menetas.

Perawatan Anakan Ikan Lele

Anakan ikan lele yang gres menetas tidak perlu diberikan pakan terlebih dahulu selama 3 hari. Hal ini dikarenakan anakan-anakan tersebut masih mempunyai cadangan makanan di dalam kantung kuning telur yang melekat di tubuhnya. Setelah itu, anakan ikan lele bisa diberi makanan berupa kutu air dan cacing sutera. Pakan diberikan secara teratur dan secukupnya biar jangan hingga timbul sisa pakan di dasar kolam.

You might be interested in …

Peranan Penting Dinas tenaga Kerja

Perikanan

Peranan Penting Dinas tenaga Kerja             Peran Dinas Tenaga Kerja dalam memberikan perlindungan hukum terhadap pekerja wanit yakni dengan melalui pengesahan dan pendaftaran PP & PKB Perusahaan pada Dinas Tenaga Kerja, Sosialisasi Peraturan Perundangan di bidang ketenagakerjaan dan melakukan pengawasan ke Perusahaan. Hambatan-Hambatan Hukum Bagi Pekerja Wanita             Hambatan-hambatan yang dihadapi dalam pelaksanaan perlindungan hukum […]

Read More
Variabel dan indikator

Variabel dan indikator

Perikanan

Variabel dan indikator             Sebaiknya kita membuat dua jenis definisi tentang suatu variabel, yaitu definisi konsep dan definisi operasional. Definisi konsep memberikan makna dari kata yang digunakan untuk menjelaskan variabel dengan menggunakan persamaan katanya.             Definisi operasional atau indikator dari variabel memberikan makna bagi suatu variabel dengan merinci tindakan apa yang disyaratkan untuk dilakukan agar […]

Read More
Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati

Perikanan

Cara Merawat Burayak Ikan Cupang Biar Tidak Mati Bagaimana cara merawat burayak ikan cupang semoga tidak mati? Dalam rangka membudidayakan ikan cupang, mau tidak mau Anda harus merawat burayak yang menetas dari telur ikan tersebut. Bentuk perawatannya harus dilakukan secara hati-hati mengingat burayak masih memiliki kondisi yang sangat lemah. Tidak duduk perkara apakah Anda ingin […]

Read More