Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar
Cara Pembibitan Ikan Lele yang Baik dan Benar

Pada kesempatan kali ini, kita akan berguru terlebih dahulu bagaimana tata cara dalam membibitkan ikan lele secara alami. Di samping prosesnya lebih mudah, tingkat keberhasilan pembibitan secara natural ini pun lebih tinggi. Begitu pula dengan bibit-bibit ikan lele yang dihasilkan akan memiliki kualitas yang lebih baik. Jika Anda sudah berhasil dalam menerapkan metode ini, jangan ragu untuk menjajal kemampuan Anda dalam membibitkan ikan lele secara buatan. Di bawah ini langkah-langkah pembibitan ikan lele yang baik dan benar!

Pemijahan Indukan Ikan Lele Jantan dan Betina

Pindahkan kedua indukan ikan lele dari kolam karantina ke dalam kolam pemijahan menggunakan jaring yang halus. Setiap kolam pemijahan sebaiknya diisi dengan sepasang indukan ikan lele, yaitu 1 ekor ikan lele jantan dan 1 ekor ikan lele betina. Proses pemindahan ini sebaiknya dikerjakan pada waktu antara pagi dan siang hari. Setelah kedua ikan indukan telah masuk ke kolam, tutuplah kolam tersebut menggunakan tripleks atau kawat kasa untuk mencegahnya meloncat keluar.

Proses pemijahan ikan lele biasanya berlangsung pada malam hari, sekitar pukul 1-3 dini hari. Proses ini dimulai dari ikan betina yang mengeluarkan telur dan menempel ke kakaban. Lalu ikan jantan pun bakal mengeluarkan sel sperma untuk membuahi sel-sel telur tersebut.

ikan hiu megalodon – Keesokan harinya, Anda bisa mengecek apakah sudah ada telur ikan lele yang menempel di kakaban atau belum. Jika sudah ada, artinya proses pemijahan sudah selesai. Anda harus secepatnya mengeluarkan kedua indukan ikan lele dari kolam pemijahan biar tidak memangsa telur-telurnya sendiri. Kemudian kakaban-kakaban yang berisi telur ikan lele juga harus dipindahkan dari kolam pemijahan ke kolam penetasan telur. Pastikan seluruh permukaan kakaban karam di dalam air.

Penetasan Telur Ikan Lele

Telur ikan lele biasanya akan menetas dalam tempo antara 22-36 jam. Kolam penetasan telur ini sebaiknya dilengkapi dengan sirkulasi air yang halus dan perangkat aerator. Anakan ikan lele yang gres menetas biasanya akan lebih senang berada di dasar kolam. Keluarkan kakaban setelah dipastikan semua telur sudah menetas.

Perawatan Anakan Ikan Lele

Anakan ikan lele yang gres menetas tidak perlu diberikan pakan terlebih dahulu selama 3 hari. Hal ini dikarenakan anakan-anakan tersebut masih mempunyai cadangan makanan di dalam kantung kuning telur yang melekat di tubuhnya. Setelah itu, anakan ikan lele bisa diberi makanan berupa kutu air dan cacing sutera. Pakan diberikan secara teratur dan secukupnya biar jangan hingga timbul sisa pakan di dasar kolam.

You might be interested in …

Manusia sebagai makhluk berbudaya

Manusia sebagai makhluk berbudaya

Perikanan

Manusia sebagai makhluk berbudaya Manusia makhluk berbudaya karena memiliki akal, nurani dan kehendak. Kebudayaan berasal dari bahasa Sansekerta yang berarti budi atau akal. Kebudayaan adalah hasil dari cipta, rasa dan karsa manusia. Manusia dan kebudayaan merupakan dwi tunggal karena keduanya tidak dapat dipisahkan satu sama lainnya, dimana ada sekelompok manusia maka di situ ada kebudayaan […]

Read More
CARA PEMBENIHAN IKAN KOI Cyprinus Carpio

CARA PEMBENIHAN IKAN KOI Cyprinus Carpio

Perikanan, Uncategorized

CARA PEMBENIHAN IKAN KOI (Cyprinus carpio) Latar Belakang             Ikan koi (Cyprinus carpio) merupakan salah satu jenis ikan hias yang berpuluh – puluh tahun secara turun – temurun dibudidayakan oleh orang Jepang, bahkan dijadikan lambang bagi bangsa Jepang dan diangkat sebagai ikan nasional Jepang. Warna koi yang indah dan beraneka ragam, mendorong orang Jepang untuk menghasilkan berpuluh […]

Read More
Manfaat Biaya Perunit.

Manfaat Biaya Perunit.

Pendidikan, Perikanan

Manfaat Biaya Perunit. Perusahaan Munafaktur Sistem akuntansi biaya memiliki tujuan pengukuran dan pembebanan biaya sehingga biaya perunit dari suatu produk dapat ditentukan. Informasi biaya perunit adalah sangat penting bagi perusahaan manufaktur untuk penilaian persediaan, penentuan laba, dan pengambilan keputusan lainnya. Pengungkapan biaya persediaan dan penentuan laba adalah kebutuhan pelaporan keuangan yang dihadapi setiap perusahaan pada […]

Read More