Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air

Cara Mudah Mengatasi Smartphone Terkena Air

Musuh utama dari smartphone sama dengan barang elektronik lainnya yaitu air. Sehingga berbagai cara pun dilakukan supaya ponsel tidak terkena air, walaupun terkadang tetap saja terkena air, baik air hujan atau jatuh ke dalam genangan air.

Walaupun sudah banyak ponsel pintar yang mempunyai sertifikat anti-air

khususnya di kelas high-end, akan tetapi masih banyak smartphone low-end yang belum dibekali sertifikat seperti itu.

Namun, jika sudah terkena air tak sedikit yang hanya bisa pasrah. Padahal kemungkinan besar smartphone yang terkena air tersebut masih diselamatkan. Nah berikut ini pertolongan pertama saat ponsel terkena air.

1. Langsung Matikan

Ketika smartphone terkena air, hal yang mesti dilakukan pertama kali yaitu

langsung mematikan. Hal itu dilakukan agar risiko smartphone yang terkena air tidak mengalami kerusakan yang parah pada mesinnya.

2. Buka Casing, Copot SIM card dan Kartu Memori

Setelah mematikan, kemudian buka atau lepaskan casing smartphone dan copot SIM card serta kartu memorinya. Setelah dicopot bersihkan SIM dan kartu memori menggunakan lap kering.

3. Lepas Baterai

Smartphone yang tidak memiliki sertifikat anti-air biasanya mempunyai baterai

yang bisa dilepas. Jika bisa, langkah selanjutnya yaitu melepas baterai.

4. Bersihkan menggunakan Lap Halus dan Kering

Setelah casing dibuka, kemudian SIM, kartu memori dan baterai dicopot, maka langkah selanjutnya yaitu membersihkan serta mengeringkan ponsel namun harus memakai lap yang halus serta kering. Anda bisa menggunakan tisu karena tisu bisa menyerap air atau lap lainnya yang sejenis.

 

sumber :

https://imii.co.id/

You might be interested in …

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

Teknologi

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah   Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah – Jangan merasa kesusahan saat tidak memiliki fasilitas wifi di rumah. Tidak memiliki wifi seperti yang ada pada tempat-tempat publik kebanyakan, tidak lantas membuat perangkat canggih Anda tidak dapat digunakan. Karena memiliki fiwi di rumah tidak […]

Read More
Sony Xperia 1 II Memasukkan dua sensor Sony dan dua Samsung

Sony Xperia 1 II: Memasukkan dua sensor Sony dan dua Samsung

Teknologi

Sony Xperia 1 II: Memasukkan dua sensor Sony dan dua Samsung   Sony Xperia 1 II secara resmi diumumkan bulan lalu, tetapi masih ada informasi yang belum diketahui. Contohnya adalah sensor apa yang akan digunakan oleh kamera ponsel pintar Sony. Jawaban untuk pertanyaan ini berasal dari kebocoran baru-baru ini, yang mengungkapkan bahwa Sony Xperia 1 […]

Read More

Google tegaskan Android One bisa sembunyikan poni

Teknologi

Google tegaskan Android One bisa sembunyikan poni Google mengkonfirmasi bahwa Android One tidak memiliki persyaratan yang akan memaksa pembuat ponsel pintar untuk menghapus fitur sembunyikan notch atau poni. Beberapa minggu lalu, dikutip dari Phone Arena, HMD Global berada di tengah perdebatan tentang menyembunyikan fitur poni pada Nokia 6.1 Plus. Banyak smartphone yang menawarkan opsi untuk […]

Read More