Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

 

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah
Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Hotspot Sendiri di Rumah – Jangan merasa kesusahan saat tidak memiliki fasilitas wifi di rumah. Tidak memiliki wifi seperti yang ada pada tempat-tempat publik kebanyakan, tidak lantas membuat perangkat canggih Anda tidak dapat digunakan. Karena memiliki fiwi di rumah tidak harus menghabiskan biaya sangat mahal seperti pada tempat publik yang selama ini ada. Anda dapat memasang wifi di rumah dengan memanfaatkan router dengan beberapa cara mudah berikut ini:
1. Siapkan Wireless Router 3G/ 4G GSM atau CDMA

Untuk memasang wifi di rumah, Anda dapat memanfaatkan perangkat router wireless tanpa harus memasang

perangkat broadband yang mahalnya luar biasa. Dengan perangkat router ini, Anda dapat terhubung internet melalui kabel yang disambungkan dengan perangkat hingga tanpa kabel atau wireless atau biasa disebut dengan wifi.

Pastikan memilih perangkat router wireless yang memiliki jangkauan jaringan 3G/ 4G terbaik di tempat tinggal Anda. Selain itu pilih perangkat router yang memiliki kecepatan akses internet sangat baik untuk menjamin kualitas jaringan wifi yang Anda pasang di rumah. Router ini dapat berfungsi mengkoneksikan internet kabel atau ADSL dan USB modem.
Baca Juga:

Cara Membuat Jaringan WiFi Dengan Modem
Cara Memperkuat Sinyal WiFi HotSpot Pada Ruangan Tertutup
Cara Mudah Membuat Aplikasi Android Hanya Dalam 5 Menit

2. Lakukan Konfigurasi Router

Untuk memastikan penggunaan router ini dapat mengaktifkan wifi di rumah, Anda harus lebih dulu melakukan konfigurasi. Pastikan router menyala dan terhubung dengan laptop atau komputer menggunakan kabel UTP. Atur IP Address dengan membuka Control Panel. Pilih Network and Internet lalu Network and Sharing Center. Pilih Change Adapter Setting.

Pada bagian Local Area Connection, lakukan klik kanan dan pilih Properties. Pada bagian Internet Protocol Version 4 (TCP/ Ipv4), lakukan klik dua kali. akan muncul pengaturan IP Address sesuai dengan router yang digunakan. Klik Oke pada bagian bawah kotak perintah. Selanjutnya cari alamat browser yang terdapat pada boks router.

Cara Mudah Membuat Jaringan Wifi Sendiri di Rumah
3. Buka Browser Sesuai Perintah Pada Boks Router

Setelah Anda melakukan pengaturan router dengan laptop atau komputer, buka browser yang terdapat pada bagian belakang book router. Biasanya di bagian belakang router dilengkapi alamat URL atau address yang dapat diakses dalam proses pengaturan router. Namun jika tidak ada, Anda dapat memakai 192.168.0.1 pada browser.

Anda juga dapat mengetikkan 192.168.1.1 atau dapat pula 192.168.0.254 hingga 192.168.1.254 untuk masuk pada

browser. Alamat browser ini diperlukan untuk membuat Anda melengkapi perintah selanjutnya dalam pengaturan router untuk memasang wifi di rumah. Sehingga router dapat difungsikan sebagai wifi di rumah yang tersambung dengan perangkat Anda lainnya.
4. Isikan Username dan Password

Jika Anda mampu mengakses alamat browser yang biasanya tertera pada boks router, atau mengetik beberapa alamat IP yang telah disebutkan di atas, maka Anda akan terhubung dengan jendela baru. Pada jendela baru ini Anda diminta untuk mengisi Username dan juga password untuk kepentingan privatisasi wifi Anda nantinya setelah diaktifkan.

Untuk kolom usernama, sebaiknya gunakan kata Admin untuk mengisinya. Demikian pula dengan pertanyaan Password isikan dengan kata Admin. Namun jika pengisian ini ditolak, coba periksa kembali bagian belakang router hingga boks pembelian. Jika Anda tidak juga menemukannya, tekan saja tombol reset dan ulangi mengisi dengan kata Admin.
5. Lakukan Setting Terakhir

Jika Anda telah mengisikan semua kolom pertanyaan pada website yang telah Anda buka sebelumnya, lanjutkan

dengan memilih tombol Login. Setelah Anda menekan tombol Login, akan ada beberapa pengaturan lanjutan yang muncul. Anda tidak perlu bingung karena pengaturan tersebut tidak jauh berbeda dari pengaturan sebelumnya.

Beberapa hal yang harus Anda isikan diantaranya nama wifi hingga password yang digunakan. Untuk memastikan Anda tidak keliru mengisinya, sebaiknya perhatikan dengan baik petunjuk pemasangan dan konfigurasi yang diberikan bersama books pembelian router. Sehingga wifi Anda dapat segera digunakan dan dapat disambungkan dengan perangkat lain seperti komputer, laptop dan ponsel hp android.

Sumber:

https://www.edocr.com/user/ilaah252

You might be interested in …

Menristekdikti sebut perlu adanya standardisasi kopi Sidikalang

Teknologi

Menristekdikti sebut perlu adanya standardisasi kopi Sidikalang Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi, Mohamad Nasir mengatakan perlu adanya standarisasi kopi Sidikalang yang berasal dari Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara. “Dairi memiliki potensi hasil pertanian dan juga perkebunan , salah satunya adalah kopi Sidikalang yang terkenal itu. Nah, bagaimana pengemasan maupun cita rasa kopinya harus sama […]

Read More
apa yang terjadi pada data pribadi kita di Internet

apa yang terjadi pada data pribadi kita di Internet?

Teknologi

apa yang terjadi pada data pribadi kita di Internet?   Penggunaan data pribadi kita , menyimpan sangat sensitif dan pribadi, sebagai bagian dari pengumpulan Big Data, dan sesuatu yang mempengaruhi kita semua, oleh karena itu secara langsung dan sangat intim. Jika perusahaan mengingini begitu banyak data pribadi, itu karena itu memungkinkan mereka untuk memiliki keunggulan […]

Read More
Desain Misterius Mi MIX 2S Mulai Terungkap!

Desain Misterius Mi MIX 2S Mulai Terungkap!

Teknologi

Desain Misterius Mi MIX 2S Mulai Terungkap! Xiaomi kembali membuat kejutan terkait dengan smartphone terbaru yang sedang digarap, Mi MIX 2S. Ya! Pabrikan smartphone asal Cina tersebut secara resmi memperlihatkan bentuk Mi MIX 2S yang dipegang oleh Brand Ambassador-nya, Wu Yifan (Kris Wu). Terlihat jelas, Mi MIX 2S tidak terlalu memiliki desain yang berbeda dibandingkan […]

Read More