Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

 

Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda
Cara Memeriksa Dan Meningkatkan Kekuatan Wi-Fi Anda

Jika koneksi Internet Anda tampak lambat atau halaman web tidak memuat, masalahnya mungkin disebabkan oleh koneksi Wi-Fi Anda . Anda mungkin terlalu jauh dari sumber atau dinding tebal menghalangi sinyal. Berikut cara memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi Anda yang akurat .

Mengapa kekuatan sinyal Wi-Fi penting?
Sinyal Wi-Fi yang lebih kuat berarti koneksi yang lebih andal. Ini memungkinkan Anda untuk mengambil keuntungan penuh dari kecepatan Internet yang tersedia. Kekuatan sinyal Wi-Fi tergantung pada banyak faktor, seperti jarak Anda dari router, koneksi 2,4 atau 5 GHz, dan bahkan bahan di dinding di sekitar Anda. Semakin dekat Anda dengan router, semakin baik. Meskipun koneksi 2,4 GHz menyiarkan lebih banyak, mereka dapat memiliki masalah gangguan. Dinding yang lebih tebal terbuat dari bahan yang lebih padat (seperti beton) menghalangi sinyal Wi-Fi. Sinyal yang lebih lemah, di sisi lain, menyebabkan kecepatan yang lebih rendah, putus, dan (dalam beberapa kasus) pemutusan total.

Tidak semua masalah koneksi dihasilkan dari kekuatan sinyal yang lemah. Jika Internet di tablet atau ponsel Anda tampak lambat, mulailah dengan me-restart router Anda jika Anda memiliki akses ke sana.

Jika masalah tetap ada, langkah selanjutnya adalah memeriksa untuk melihat apakah masalahnya adalah Wi-Fi. Coba gunakan Internet dengan perangkat yang terhubung melalui Ethernet. Jika Anda masih memiliki masalah, jaringan adalah masalahnya. Jika koneksi Ethernet berfungsi dengan baik dan reset router tidak membantu, sekarang saatnya untuk memeriksa kekuatan sinyal.
Mudah memeriksa kekuatan sinyal Wi-Fi
Untuk memeriksa kekuatan jaringan Wi-Fi Anda, periksa terlebih dahulu perangkat yang mengalami masalah. Apakah Anda menggunakan iOS, Android, Mac, atau Windows, Anda harus memiliki indikator koneksi Wi-Fi. Biasanya, simbol Wi-Fi terdiri dari empat atau lima garis lengkung. Semakin penuh nilainya, semakin kuat koneksinya. Setiap ponsel, tablet, dan laptop berbeda dan dapat menunjukkan kekuatan Wi-Fi yang berbeda. Tapi ada baiknya melihat perangkat kedua atau bahkan ketiga. Jika Anda telah memeriksa ponsel, pertimbangkan untuk menguji tablet juga.

Bandingkan kinerja Internet pada kedua perangkat dan lihat apa yang ditampilkannya untuk meningkatkan Wi-Fi. Jika Anda mendapatkan hasil yang serupa dengan keduanya, Anda memiliki garis dasar yang sangat baik untuk digunakan. Jika Anda telah menentukan bahwa koneksi Wi-Fi Anda lemah di lokasi tertentu, maka Anda perlu bergerak dan memperhatikan bilah Wi-Fi di ponsel cerdas atau tablet Anda.

Melacak seberapa jauh Anda dari router dan berapa banyak dinding yang ada antara router dan router. Perhatikan

saat bilah Wi-Fi Anda naik atau turun. Ini cek yang belum sempurna, tetapi dalam kebanyakan kasus, itu sudah cukup.

Metode paling canggih (dan akurat) untuk memeriksa kekuatan Wi-Fi
Melihat bar di simbol memberitahu Anda banyak hal. Jika Anda ingin lebih memahami kekuatan jaringan Wi-Fi Anda, Anda perlu menggunakan aplikasi atau program (seperti aplikasi AirPort Utility atau Wi-Fi Analyzer) untuk mengukur desibelnya relatif terhadap miliwatt (dBm ).

Anda dapat mengukur sinyal Wi-Fi dengan beberapa cara. Pengukuran paling akurat adalah milliwatt (mW), tetapi juga yang paling sulit dibaca karena jumlah tempat desimal (0,0001 mW). Indikator Kekuatan Sinyal yang Diterima (RSSI) adalah opsi lain, tetapi penyedia layanan Wi-Fi mengelolanya secara tidak konsisten dan pada skala yang berbeda. Desibel menjadi milliwatt (dBm) menghindari masalah ini, dan banyak produsen masih mengonversi RSSI ke dBm, jadi kami akan membahas pengukuran ini.

Hal pertama yang perlu diketahui adalah bahwa pengukuran dBm akan ditampilkan sebagai angka negatif. Skala berkisar dari -30 hingga -90. Jika Anda melihat -30, Anda memiliki “koneksi sempurna” dan Anda mungkin berada di sebelah router Wi-Fi. Namun, jika Anda mengidentifikasi sinyal Wi-Fi yang terdaftar di -90, layanan ini sangat lemah sehingga Anda mungkin tidak akan dapat terhubung ke jaringan itu. Koneksi yang sangat baik adalah -50 dBm, sementara -60 dBm mungkin cukup untuk disiarkan, menangani panggilan suara dan lainnya. Untuk mengukur kekuatan sinyal Wi-Fi di ponsel atau tablet Anda, Anda dapat menggunakan aplikasi Airport Utility untuk iPhone dan iPad atau Wi-Fi Analyzer untuk Android. Keduanya mudah digunakan dan menampilkan hasil untuk semua jaringan nirkabel di wilayah Anda.

Untuk pengguna iPhone, aplikasi Airport Utility mengharuskan Anda untuk mengatur pengaturan perangkat Anda dan mengaktifkan pemindai Wi-Fi. Cukup akses pengaturan iPhone atau iPad Anda (bukan pengaturan aplikasi), ketik Airport Utility dalam daftar pengaturan, dan kemudian nyalakan Pemindai Wi-Fi. Sekarang kembali ke aplikasi Airport Utility dan mulai memindai. Anda akan melihat pengukuran dalam dBm yang dinyatakan dalam RSSI. Untuk pengguna Android, Wi-Fi Analyzer adalah langkah yang lebih mudah. Buka aplikasi dan cari jaringan yang ditemukan. Setiap entri akan menunjukkan kekuatan dalam dBm. Windows 10 tidak memiliki cara built-in untuk menampilkan kekuatan sinyal secara akurat, meskipun perintah antarmuka acara WLAN netsh memberi Anda kekuatan sinyal dalam persen.

Di masa lalu, kami merekomendasikan View Info Wifi NirSoft untuk memeriksa saluran Wi-Fi. NirSoft juga diberikan lampu hijau untuk memeriksa kekuatan Wi-Fi. Program ini gratis, mudah digunakan dan tidak memerlukan instalasi. Cukup unzip dan klik dua kali pada file EXE. Seperti halnya Mac dan iOS, Anda akan menemukan pengukuran dBm yang tercantum dalam entri RSSI. Di Mac, Anda tidak perlu mengunduh program atau aplikasi apa pun jika Anda ingin mengukur jaringan yang terhubung. Tekan dan tahan tombol Opsi dan klik simbol Wi-Fi. Anda akan melihat pengukuran dBm di entri RSSI.

Cara meningkatkan kekuatan sinyal Wi-Fi
Setelah Anda mengetahui seberapa kuat jaringan Anda, Anda akan memiliki ide yang lebih baik tentang cara meningkatkannya. Misalnya, jika Anda dapat mencapai batas rumah Anda saat menampilkan sinyal 60 dBm (atau sebagian besar pengukuran), tidak semua masalah yang Anda temui terkait dengan kekuatan Wi-Fi. Periksa gangguan, pertimbangkan mengganti saluran, atau beralih ke router yang mendukung 5 GHz jika router Anda saat ini tidak. Jika Anda menjauh dari router dengan cepat dan menemukan bahwa Anda kehilangan sinyal dengan cepat, saatnya untuk mempertimbangkan usia router Anda dan lokasinya. Entah dinding Anda sangat tebal dan padat, atau router Anda sudah tua dan tidak dapat disiarkan sangat jauh. Jika Anda memiliki dinding plester, pertimbangkan untuk memindahkan router sedekat mungkin ke tengah rumah.

Jika router Anda lebih lama, mungkin sudah saatnya untuk meningkatkan. Saat melakukannya, cari yang

mendukung sinyal Wi-Fi 2,4 dan 5 GHz. Sinyal 5 GHz tidak meluas ke 2,4 GHz, tetapi memiliki lebih banyak opsi untuk mem-bypass masalah interferensi. Jika Anda memiliki rumah besar, Anda mungkin ingin mempertimbangkan router mesh. Mereka adalah cara sederhana untuk meningkatkan sinyal Wi-Fi di seluruh rumah Anda dan menyertakan fitur hebat lainnya, seperti pembaruan firmware otomatis dan jaringan tamu. Namun, kebanyakan orang mungkin tidak memerlukan jaringan mesh, dan Anda dapat menemukan router yang lebih murah yang juga menawarkan pembaruan firmware dan jaringan tamu. Jika Anda tidak yakin apakah Anda membutuhkan router jala, Anda mungkin ingin mempertimbangkan untuk membuat peta panas Wi-Fi di rumah Anda.

Heat map adalah cara yang bagus untuk menentukan di mana jaringan nirkabel Anda paling kuat dan terlemah

dengan visual yang mudah dipahami. Anda membuat sketsa konfigurasi rumah Anda, lalu berjalan-jalan sementara program mengukur kekuatan Wi-Fi. Kemudian warna pada peta Anda untuk memberi Anda gambaran umum tentang kekuatan sinyal Wi-Fi. Jika Anda berada di tengah-tengah rumah Anda dan peta panas menunjukkan sinyal lemah di mana-mana, mungkin sudah waktunya untuk router mesh. Sayangnya, tidak ada solusi tunggal untuk memperkuat sinyal Wi-Fi di setiap rumah. Namun, jika Anda mencoba masing-masing metode ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang paling akurat untuk membuat keputusan tentang apa yang harus dilakukan selanjutnya.

Baca Juga:

 

You might be interested in …

Anak Suka Bengong Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Anak Suka Bengong? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya

Teknologi

Anak Suka Bengong? Kenali Penyebab dan Cara Mengatasinya Tak sedikit orangtua yang mendapat laporan dari para guru bahwa putra-putrinya kerap bengong saat mengikuti pelajaran di sekolah. Lalu bagaimana cara mengatasi kebiasaan bengong pada anak-anak ini? Karena jika dibiarkan kondisi ini akan menghambat anak dalam menerima materi pelajaran. Pendiri Kids Yoga Jakarta, Tina Maladi, mengatakan bahwa […]

Read More
Lebih dari 6.500 Orang Berminat untuk Membeli Huawei Mate 30 Pro

Lebih dari 6.500 Orang Berminat untuk Membeli Huawei Mate 30 Pro

Teknologi

Lebih dari 6.500 Orang Berminat untuk Membeli Huawei Mate 30 Pro   Beberapa waktu lalu, Huawei telah mengkonfirmasi bahwa smartphone flagship terbarunya, Huawei Mate 30 Pro akan segera hadir di pasar Indonesia pada tanggal 14 November 2019. Konsumen yang berminat untuk memiliki smartphone ini, sebelumnya telah melakukan pendaftaran online dan tahap berikutnya, yakni periode pre-order. […]

Read More
Membuat Popup dengan Wordpress Popup Scheduler

Membuat Popup dengan WordPress Popup Scheduler

Teknologi

Membuat Popup dengan WordPress Popup Scheduler   Bro.. pernah kan buka blog terus tahu-tahu muncul popup yang berisi iklan atau like facebook box? Nah, ternyata membuat popup di blog wordpress seperti itu gampang banget, gak perlu susah-susah koding, tinggal install plugin lalu masukkan kata-kata selamat datang dan sebagainya untuk konten popupnya. Kita juga bisa menyisipkan […]

Read More