Cara Budidaya Bunga Kenanga

Cara Budidaya Bunga Kenanga

Cara Budidaya Bunga Kenanga

Cara Budidaya Bunga Kenanga

  1. Persiapan Pembudidayaan

    a.Tahap Pemilihan bibit

Cara sederhana dan gampang untuk mendapatkan bibit tanaman kenanga adalah dengan melakukan stek. Pilih cabang yang tidak terlalu tua, tapi juga jangan yang masih terlalu muda. Potong cabang, lalu potong-potong lagi sepanjang 10 cm untuk setiap batang stek. Pangkal batang diiris miring agar permukaannya lebih luas, sehingga akan banyak akar yang terbentuk. Nah, olesi permukaan yang miring dengan Rhizopon untuk mempercepat tumbuhnya akar.

Sebagian daun pada batang dikurangi. Tancapkan dalam media tumbuh (campuran pasir dan tanah subur) sedalam 3 – 4 cm. Lakukan penyiraman pagi dan sore. Jika tampak daun sekitar 10 – 12 helai, itu artinya bibit stek siap ditanam.

Sedangkan perbanyakan tanaman kenanga melalui cara mencangkok adalah sebagai berikut: pilih cabang yang sehat, lalu kerat melingkar sepanjang 3 cm. Setelah itu akan tampak bagian kayunya, hilangkan lapisan kambiumnya. Tutup bagian “terluka”itu dengan campuran tanah basah dan pupuk kandang. Balut dengan plastik transparan atau sabut kelapa. Setelah 1 – 2 bulan, tampak akar-akar mulai tumbuh. Itu berarti, bibit cangkokan siap dipisahkan dari induknya. Tanamlah. Berdasar pengalaman, jika pemisahan bibit cangkokan dilakukan ketika induknya sedang berbunga lebat, maka bibit tersebut juga akan cepat berbunga.

  1. Media Tanam
  2. Lahan Pertanian
  3. Dalam Pot

Sekalipun tanaman ini terkesan tinggi dan besar, tapi tetap bisa ditanam di dalam pot. Caranya:

  • Pot diisi dengan pecahan genting, arang kayu, lalu campuran tanah dan upuk kandang (2 : 1) sebanyak sepertiga bagian pot.
  • Tanaman bibit dengan posisi tegak di bagian tengah pot.
  • Tambahkan media tanam tadi, dan sisakan sekitar 5 cm dari permukaan pot.
  • Siramlah sampai air keluar dari bagian bawah pot
  • Berikan ajir sebagai penguat sementara.
  1. Pemupukan
  • Lakukan pemupukan NPK. Pada umur tiga bulan, beri pupuk NPK yang unsur Nitrogennya tinggi sebanyak setengah sendok teh per pot. Ulangi lagi pada umur enam bulan, tapi dosisnya dinaikkan menjadi satu sendok teh per pot, dan ulangi setiap 2 – 3 bulan sekali.
  • Jika perawatannya baik, kenanga dalam pot akan rajin berbunga.

 

  1. 2Pelaksanaan
  2. Teknik penanaman

Begitu mendapatkan bibit tanaman bunga kenanga, kita dapat menanamkan bibit tersebut ke media tanam yang sudah diberikan pupuk terlebih dahulu sebelum dilakukan penanaman. Di usahakan pada media tanam yang akan kita gunakan memiliki kedalaman 10-15 cm, kemudian masukan bibit dan tutup lubang tersebut dengan menggunakan tanah sampai rata serta tekan sampai padat supaya tanaman tidak mudah rubuh saat tertiup oleh angin.

Selain itu, dipastikan untuk memberikan jarak antara satu tanaman dengan tanaman yang lainnya. Hal ini dikarenakan, tanaman bunga kenanga dapat tumbuh mencapai 12 m dengan memiliki lebar mencapai 5 m. Sehingga sangat diperlukannya jarak antara satu tanaman dengan tanaman lainnya.

  1. Pemeliharaan Tanaman

Pada umumnya tanaman kenanga tidak membutuhkan air dalam jumlah yang banyak sehingga kita hanya perlu melakukan penyiraman seperlunya saja. Apabila perlu lakukan penyiraman secara berkala antara 2-3 hari sekali, supaya pertumbuhan tanaman bunga kenanga semakin baik. Dan selain penyiraman kita juga dapat melakukan dengan penyaingan secara berkala dan melakukan pemupukan supaya pertumbuhan dan produktivitas tanaman bunga kenanga semakin maksimal.

  1. Hama dan penyakit
  2. a)Semut

o    Gejala: merusak tunas muda.

o    Pengendalian: ciptakan lingkungan bersih di sekitar rak/ pot.

  1. b)Belelang

o    Gejala: pinggiran daun rusak dengan luka bergerigi tak beraturan. untuk jenis belalang berukuran kecil, perlu pengamatan cermat.

o    Pengendalian: segera semprotkan insektisida yang bersifat racun kontak/yang sistematik; bila jumlahnya sedikit bisa langsung dimusnahkan/dibunuh.

 

  1. 3Cara Panen dan Periode Panen

Masa panen bunga kenanga tergantung bibit yang ditanam, jika berupa stek/ cangkok usia panen 1-2 tahun sudah mulai berbunga, namun jika penanaman dari biji mungkin mencapai 2-4 tahun. Sebagai tanaman asli Indonesia, bunga kenanga sudah kesohor sebagai bunga yang menghasikan wewangiian alami. Tak heran bila bunga kenanga selalu laku. Sebagai bunga segar kenanga bisa dijual langsung ke pedagang dengan harga untuk di daerah sekitar Rp 5-7 ribu/per kg, sedangkan di Jakarta di pasar Rawa belong harga bunga segar kenanga mencapai R10.000 /kg. Apabila disuling menjadi minyak Atsiri, maka harganya mencapai 500-800 ribu/kg. minyak atsiri ini adalah merupakan bahan baku utama sebagai macam parfum, tak heran bila pasar Dunia selalu terbuka.


Sumber:

https://works.bepress.com/m-lukito/7/

You might be interested in …

Profil dan riwayat hidup Emile Durkheim

Perkebunan

Profil dan riwayat hidup Emile Durkheim Lahir di Epinal propinsi Lorraine, Perancis Timur pada tanggal 15 April 1858. Dia termasuk dalam tokoh Sosiologi yang memperbaiki metode berpikir Sosiologis yang tidak hanya berdasarkan pemikiran-pemikiran logika filosofis tetapi Sosiologi akan menjadi suatu ilmu pengetahuan yang benar apabila mengangkat gejala sosial sebagai fakta-fakta yang dapat diobservasi. Dia dilahirkan […]

Read More

Perlindungan dalam masa haid

Perkebunan

Perlindungan dalam masa haid           Padal Pasal 81 Undang-Undang Nomor 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan diatur masalah perlindungan dalam masa haid. Perlindungan terhadap pekerja wanita yang dalam masa haid tidak wajib bekerja pada hari pertama dan kedua pada waktu haid dengan upah penuh. Dalam pelaksanaanya lebih banyak yang tidak menggunakan haknya dengan alasan tidak mendapatkan […]

Read More
Cara Menanam Jeruk Manis dalam Pot

Cara Menanam Jeruk Manis dalam Pot

Perkebunan

Cara Menanam Jeruk Manis dalam Pot A. Sipat-sipat Jeruk Manis Digolongkan jeruk manis alasannya ialah jenis ini memiliki rasa yang manis. Jeruk manis umumnya hanya berbuah satu kali selama setahun. Buahnya berbentuk bundar atau mendekati bundar , berukuran agak besar , bertangkai berpengaruh , kulit buah mengilap , dan berwarna hijau hingga kekuningan. Bunganya berwarna […]

Read More