Bercak hitam

Bercak hitam

Penyebab: cendawan (jamur) Marsonina rosae (Lib.) Lind. (“Black spot”).

Gejala: daun bercak hitam-pekat yang tepinya bergerigi. Lambat laun bercak-bercak berdiameter ± 1 cm menyatu, sehingga jaringan daun di sekitarnya menjadi kuning. Dapat pula terjadi pada tangkai daun, batang, dasar bunga, kelopak dan tajuk bunga. Daun yang terserang akan mudah berguguran. Pengendalian non kimiawi: memangkas bagian tanaman yang sakit dan menjaga kebersihan kebun (sanitasi). Pengendalian kimiawi: disemprot fungisida yang berbahan aktif Propineb dan Mankozeb pada konsentrasi yang dianjurkan.

  1. Karat daun

Penyebab: cendawan (jamur) Phragmidium mucronatum (Pers. ex Pr.) Schlecht.

Gejala: bintik-bintik warna jingga kemerah-merahan pada sisi bawah daun, pada sisi daun atas terdapat bercak bersudut warna kemerah – merahan. Daun yang terserang berat akan mudah gugur (rontok). Pengendalian non kimiawi: pemotongan/pemangkasan daun sakit kemudian dimusnahkan.

Pengendalian kimiawi: disemprot fungisida yang berbahan aktif Zineb atau Maneb pada konsentrasi yang dianjurkan.

 

  1. Tepung mildew

Penyebab: cendawan Oidium sp.

Gejala: terdapat tepung/lapisan putih pada permukaan daun sebelah bawah dan atas. Daun/bagian tanaman yang terserang akan berubah warna dari hijau menjadi kemerah-merahan, lambat laun kekuningkuningan dan akhirnya daun-daun cepat rontok (gugur).

Pengendalian non kimiawi: memetik daun yang terserang untuk dimusnahkan dan menjaga kebersihan kebun (sanitasi).

Pengendalian kimiawi: disemprot fungisida Belerang, atau mengandung bahan aktif Pirazifos.

  1. Bengkak pangkal batang

Penyebab: bakteri Agrobacterium tumefacien (E.F Sm et Town.) Conn.

Gejala: terjadi pembengkakan pada pangkal batang dekat permukaan tanah, sehingga tanaman menjadi kerdil dan akhirnya mati.

  1. Mosaik (belang-belang)

Penyebab: virus (Virus Mosaik Mawar) (Rose mosaic Virus).

Gejala: daun menguning dan belang-belang, tulang-tulang daunnya seperti jala.

Pengendalian: penanaman bibit yang sehat, pemeliharaan tanaman secara intensif, penyemprotan insektisida untuk pengendalian serangga vektor, dan membongkar (eradikasi) tanaman yang sakit untuk dimusnahkan agar tidak menular kepada tanaman yang lainnya.

baca juga :

You might be interested in …

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial

Pendidikan

Berikut ini adalah contoh perubahan sosial # Perubahan Mode pakaian Apakah perubahan mode pakaian terjadi dengan sendirinya? Tentu saja perubahan mode pakaian itu terjadi karena ada faktor pendorongnya, seperti masuknya kebudayaan barat melalui televisi. Namun, perubahan mode pakaian itu bisa juga tidak terjadi di daerah lain yang masih terpencil. # Urbanisasi Urbanisasi bisa menyebabkan berkurangnya […]

Read More
17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN

17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN

Pendidikan

17 Siswa Asal Bekasi Peserta OSN Sebanyak 55 siswa Jawa Barat bersaing di ajang Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-18 yang diadakan di Manado, Sulawesi Utara pada 30 Juni – 6 Juli 2019. Dari jumlah tersebut, 17 siswa diantaranya berasal dari wilayah Bekasi. Belasan siswa tersebut yakni Aurelius Bryan Yuwana siswa SMA Victory Plus, Reza Anita […]

Read More
Upload File dengan PHP

Upload File dengan PHP

Pendidikan

Upload File dengan PHP PHP dapat digunakan meng-upload file ke server. Buat Form Upload-File Untuk memberikan kesempatan user dapat  meng- upload files dari suatu form dapat sangat bermanfaat /Perhatikan form HTML berikit  : <html> <body> <form action=”upload_file.php” method=”post” enctype=”multipart/form-data”> <label for=”file”>Filename:</label> <input type=”file” name=”file” id=”file” /> <br /> <input type=”submit” name=”submit” value=”Submit” /> </form> </body> […]

Read More