BENTUK PSIKOTES DI PERUSAHAAN (SWASTA ATAU PEMERINTAH)

BENTUK PSIKOTES DI PERUSAHAAN (SWASTA ATAU PEMERINTAH)

Dalam kehidupan sehari-hari kita sering mendengar istilah tes psikotes (psikologi) namun mungkin diantara kita masih ada yang salah mengartikan tes psikotes tersebut.

Dikutip dari kamus besar bahasa Indonesia psikotes berasal dari kata psiko yang artinya kejiwaan atau mental sedangkan tes artinya ujian atu pengujian, secara sederhana kata psikotes artinya bentuk pengujian mental kejiwaan seseorang.

Pengujian mental adalah segala sesuatu yang berhubungan dengan kondisi batin, keadaan dalam pikiran atau sesuatu yang rohani. Kalau kejiwaan artinya segala sesuatu yang berhubungan dengan semangat, watak dan karakter seseorang.

Psikotes di Perusahaan

Psikotes yang ada di perusahaan-perusahaan baik swasta atau pemerintah (BUMN) cakupannya lebih meluas, tidak sebatas menilai watak atau karakter saja tetapi juga menguji: Kemampuan (ability), bakat (aptitude), kecerdasan (inteligence), kepribadian (personality) dan minat (interest).A. Kemampuan (Ability)
Menurut Robbin (2007:57) pengertian kemampuan yaitu kapasitas seseorang individu untuk melakukan beragam tugas dalam suatu pekerjaan.

1. Kemampuan intelektual (intelectual ability) yaitu kemampuan yang dibutuhkan untuk melakukan berbagai aktifitas mental-berfikir, menalar dan memecahkan masalah.
2. Kemampuan fisik (physical ability) yaitu kemampuan melakukan tugas-tugas yang menuntut stamina, keterampilan, kekuatan, dan karakteristik serupa.B. Bakat (aptitude) adalah kemampuan bawaan yang merupakan potensi yang masih perlu dikembangkan atau dilatih untuk mencapai suatu kecakapan, pengetahuan dan keterampilan khusus, misalnya kemampuan berbahasa, bermain musik, melukis, dan lain-lain

C. Kecerdasan (inteligence)
Dikutip dari laman wikipedia bahasa Indonesia, kecerdasan mencakup sejumlah kemampuan, seperti kemampuan menalar, merencanakan, memecahkan masalah, berpikir abstrak, memahami gagasan, menggunakan bahasa, dan belajar

D. Kepribadian (Personality)
Istilah personality berasal dari kata latin “persona” yang berarti topeng atau kedok, yaitu tutup muka yang sering dipakai oleh pemain-pemain panggung, yang maksudnya untuk menggambarkan perilaku, watak, atau pribadi seseorang. Perusahaan akan mencari kepribadian yang baik dan memiliki semangat kerja yang tinggi dan dapat memotivasi diri sendiri.

E. Minat (interest)
Minat pada dasarnya adalah penerimaan akan suatu hubungan antara diri sendiri dengan suatu diluar diri. Semakin kuat atau dekat hubungan tersebut, semakin besar minat bekerjanya di perusahaan.

Oleh karena itu minat yang besar cenderung menghasilkan prestasi yang tinggi. Sebaliknya minat yang rendah akan menghasilkan prestasi dalam bekerja yang rendah pula. Dalam konteks inilah diyakini bahwa minat mempengaruhi hasil bekerja

You might be interested in …

JENIS-JENIS KOLOID

Pendidikan

JENIS-JENIS KOLOID Sistem koloid tersusun dari fase terdispersi yang tersebar merata dalam medium pendispersi. Fase terdispersi dan medium pendispersi dapat berupa zat padat, cair, dan gas. Berdasarkan fase terdispersinya, sistem koloid dapat dikelompokkan menjadi 3, yaitu: Sol (fase terdispersi padat) Sol padat adalah sol dalam medium pendispersi pada Contoh: paduan logam, gelas warna, intan hitam […]

Read More

Resep Acar Timun Mentah Wortel dan Nanas, Menu Penting Idul Adha

Umum

Resep Acar Timun Mentah Wortel dan Nanas, Menu Penting Idul Adha Acar mentah tidak hanya dihidangkan sebagai cara untuk membuat selera makan bertambah. Lebih dari sekedar pelengkap atau pendamping maupun sebagai menu penyegar, akan tetapi acar mentah yang terdiri dai mentimun, wortel dan nanas juga diyakini memiliki manfaat menjaga dan menurunkan kadar kolesterol serta mengontrol […]

Read More
Manfaat Relationship Marketing

Manfaat Relationship Marketing

Pendidikan

Manfaat Relationship Marketing Menurut Kotler dan Amstrong (1996, pp. 579-582) suatu relationship marketing mengandung tiga manfaat, yaitu manfaat ekonomis, sosial, dan status, yang secara singkat dapat dijelaskan sebagai berikut: 1. Manfaat ekonomis Pendekatan pertama untuk membangun suatu hubungan nilai dengan pelanggan adalah menambah manfaat-manfaat keuangan atau ekonomis manfaat ekonomis dapat berupa penghematan biaya yang dikeluarkan […]

Read More