Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)
Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

 Nama belut di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda, seperi welut, belut sawah, atau lindung (jawa dan sunda) dan sugile atau sugili (Manado).

Habitat asli belut

Berdasarkan habitat aslinya, dikenal 3 jenis belut, yaitu belut rawa (synbranchus bengalensis Mc clell, belut kali atau laut (macrotema caligans Cant), dan belut sawah (monopterus albus).

Habitat asli belut menyebar di perairan tropis meliputi daerah perairan Asia, yakni dari India, Cina, jepang, Malaysia, hingga ke Indonesia. Pola makan belut bersifat predator nocturnal, yaitu pemangsa yang aktif pada malam hari.Di habitat aslinya, hewan ini memakan anak ikan, cacing, crustacean, dan hewan akuatik lain yang berukuran tidak terlalu besar.

ikan hias – Pada dasarnya, belut termasuk jenis ikan. Hal yang membedakan hanya pada habitatnya. Pasalnya, belut ini tidak hanya membutuhkan air sebagai media hidupnya, tetapi juga lumpur. Fungsinya untuk melindungi dari panas matahari, sekaligus memudahkannya untuk mencari mangsa.

Sifat Ikan Belut

Namun, sebenarnya belut memiliki sifat “pemalu” atau menghindar jika melihat kehadiran manusia. Terbukti, belut akan segera masuk ke dalam  sarang jika melihat sesuatu yang mencurigakan. Selain itu, belut juga peka terhadap cahaya dan getaran. Akibatnya, hewan ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam lubang atau sarang.

Karakteristik Ikan Belut

Lendir pada belut-yang membuat tubuhnya licin-berguna untuk menjaga kestabilan tubuhnya dari perubahan cuaca. Namun, perlu diingat, belut bukan termasuk hewan yang rakus dalam mengkonsumsi makanan, sehingga pertumbuhannya agak lambat. Hal ini disebabkan oleh bentuk pencernaannya yang tunggal memanjang, sehingga tidak bisa mencerna makanan dengan cepat.

Suhu yang sesuai bagi kehidupan belut berkisar 25-31°C. Pada musim kemarau-ketika habitat aslinya sulit air-belut akan menuju bagian tanah yang masih mengandung air. Tidak aneh jika musim kemarau tiba, belut dari hasil tangkapan alam akan sulit diperoleh. Karena itu, dengan membudidayakan belut dan menghasilkan bibit, diharapkan ketersediaan belut akan selalu ada tanpa mengenal musim

You might be interested in …

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol

Perikanan

Teknik Pemeliharaan Larva Kerapu Kertang Di Bak Terkontrol Pada tahun 2011 Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menetapkan target budidaya sebesar 6.847 juta ton, dan sampai 2014 diharapkan target produksi ikan budidaya berada di posisi 16,8 juta ton, sebagaimana tertulis dalam Rencana Strategis (Renstra KKP 2010-2014). Sejalan dengan target budidaya tersebut Direktorat Jenderal Perikanan Budidaya KKP […]

Read More

Dampak Akibat Perubahan Sosial

Perikanan

Dampak Akibat Perubahan Sosial Arah perubahan meliputi beberapa orientasi, antara lain (1) perubahan dengan orientasi pada upaya meninggalkan faktor-faktor atau unsur-unsur kehidupan sosial yang mesti ditinggalkan atau diubah, (2) perubahan dengan orientasi pada suatu bentuk atau unsur yang memang bentuk atau unsur baru, (3) suatu perubahan yang berorientasi pada bentuk, unsur, atau nilai yang telah eksis atau ada pada masa lampau. Tidaklah jarang suatu […]

Read More
Manfaat Biaya Perunit.

Manfaat Biaya Perunit.

Pendidikan, Perikanan

Manfaat Biaya Perunit. Perusahaan Munafaktur Sistem akuntansi biaya memiliki tujuan pengukuran dan pembebanan biaya sehingga biaya perunit dari suatu produk dapat ditentukan. Informasi biaya perunit adalah sangat penting bagi perusahaan manufaktur untuk penilaian persediaan, penentuan laba, dan pengambilan keputusan lainnya. Pengungkapan biaya persediaan dan penentuan laba adalah kebutuhan pelaporan keuangan yang dihadapi setiap perusahaan pada […]

Read More