Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)
Belut Sawah atau Sugili (Monopterus albus Zeuiew)

 Nama belut di beberapa daerah memiliki sebutan yang berbeda, seperi welut, belut sawah, atau lindung (jawa dan sunda) dan sugile atau sugili (Manado).

Habitat asli belut

Berdasarkan habitat aslinya, dikenal 3 jenis belut, yaitu belut rawa (synbranchus bengalensis Mc clell, belut kali atau laut (macrotema caligans Cant), dan belut sawah (monopterus albus).

Habitat asli belut menyebar di perairan tropis meliputi daerah perairan Asia, yakni dari India, Cina, jepang, Malaysia, hingga ke Indonesia. Pola makan belut bersifat predator nocturnal, yaitu pemangsa yang aktif pada malam hari.Di habitat aslinya, hewan ini memakan anak ikan, cacing, crustacean, dan hewan akuatik lain yang berukuran tidak terlalu besar.

ikan hias – Pada dasarnya, belut termasuk jenis ikan. Hal yang membedakan hanya pada habitatnya. Pasalnya, belut ini tidak hanya membutuhkan air sebagai media hidupnya, tetapi juga lumpur. Fungsinya untuk melindungi dari panas matahari, sekaligus memudahkannya untuk mencari mangsa.

Sifat Ikan Belut

Namun, sebenarnya belut memiliki sifat “pemalu” atau menghindar jika melihat kehadiran manusia. Terbukti, belut akan segera masuk ke dalam  sarang jika melihat sesuatu yang mencurigakan. Selain itu, belut juga peka terhadap cahaya dan getaran. Akibatnya, hewan ini lebih banyak menghabiskan waktunya di dalam lubang atau sarang.

Karakteristik Ikan Belut

Lendir pada belut-yang membuat tubuhnya licin-berguna untuk menjaga kestabilan tubuhnya dari perubahan cuaca. Namun, perlu diingat, belut bukan termasuk hewan yang rakus dalam mengkonsumsi makanan, sehingga pertumbuhannya agak lambat. Hal ini disebabkan oleh bentuk pencernaannya yang tunggal memanjang, sehingga tidak bisa mencerna makanan dengan cepat.

Suhu yang sesuai bagi kehidupan belut berkisar 25-31°C. Pada musim kemarau-ketika habitat aslinya sulit air-belut akan menuju bagian tanah yang masih mengandung air. Tidak aneh jika musim kemarau tiba, belut dari hasil tangkapan alam akan sulit diperoleh. Karena itu, dengan membudidayakan belut dan menghasilkan bibit, diharapkan ketersediaan belut akan selalu ada tanpa mengenal musim

You might be interested in …

Masa Keemasan

Perikanan

Masa Keemasan Pada paruh pertama abad ke-10 yaitu antara masa jatuhnya Dinasti Tang dan naiknya dinasti Song, perdagangan dengan luar negeri cukup marak, terutama Fujian, Kerajaan Min dan negeri kaya Guangdong, Kerajaan Nan Han. Tak diragukan lagi Sriwijaya mendapatkan keuntungan dari perdagangan ini. Pada tahun 903, penulis Muslim Ibn Batutah sangat terkesan dengan kemakmuran Sriwijaya. […]

Read More
Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat

Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat

Perikanan

Cara Memilih Induk Ikan Guppy Yang Tepat Bagaimana cara memilih induk ikan guppy? Ada banyak orang yang mengaku suka memelihara ikan guppy. Alasannya alasannya ialah ikan air tawar ini tampak begitu rupawan dengan sirip lebar yang dimilikinya. Selain itu, warna ikan ini pun terlihat sangat menarik. Walaupun sekilas menyerupai mirip ikan cupang, sifatnya ternyata bertolak […]

Read More
Konsep Kronik dalam Ilmu Sejarah

Konsep Kronik dalam Ilmu Sejarah

Perikanan

Konsep Kronik dalam Ilmu Sejarah             Kata “kronik” dapat ditemukan dalam sejarah dinasti-dinasti dari kerajaan Cina. Kronik merupakan sejenis kumpulan tulisan-tulisan dari dinasti-dinasti yang berkuasa di Cina, seperti Kronok dinasti Chou, Chin, Tang, Ming, Sung dan dinasti-dinasti lainnya. Kronik itu merupan suatu kumpulan tulisan tentang perjalanan seorang musafir atau seorang pujangga dan juga […]

Read More