Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas
Baru Rilis, PlayStation Classic Sudah Diretas

Seperti konsol Nintendo Classic yang meluncur di pasaran beberapa tahun lalu, PlayStation Classic memuat 20 judul gim.

Walau tampaknya tidak ada cara untuk menambah lebih banyak gim ke dalam konsol, baru-baru ini sejumlah hacker/gamer mampu meretas PlayStation Classic.

Adapun hal tersebut diperlihatkan pertama kali oleh pengguna Twitter dengan akun @bakueikozo. Dia menjelaskan, image file yang sudah dibuat sebelumnya mampu bekerja di PlayStation Classic via USB.

“Saat ini masih dilakukan secara manual, tetapi dapat berubah sewaktu-waktu,” tulis tweettersebut, sebagaimana dikutip dari laman Gamerant, Senin (10/12/2018).

PlayStation Classic baru saja meluncur di pasaran kurang lebih seminggu, karena itu cukup mengesankan konsol tersebut sudah diretas.

Komentar Warganet

Menurut posting di media sosial, masalahnya berasal dari sistem enkripsi yang sangat lemah.

Diketahui, perusahaan asal Negeri Sakura itu menggunakan GnuPG (sesuatu yang memungkinkan seseorang mengenkripsi dan mengubah data dan berkomunikasi) pada konsol dan secara tidak sengaja membiarkannya agar dapat diakses secara publik.

Karena ada “pintu terbuka” di dalam sistem, hal tersebut memungkinkan orang untuk mendekripsi data di konsol.

Bukan yang Terakhir

Video di akun Twitter @bakueikozo ini hanyalah salah satu contoh dari berkembangnya komunitas hacker PlayStation Classic.

Sebelumnya, seorang YouTuber mendemonstrasikan bagaimana gamer dapat mengakses pengaturan emulator di PlayStation Classic.

Dengan pengaturan ini, pemain dapat mengubah region konsol, cheats, dan masih banyak lagi.

Berdasarkan video tersebut, yang perlu gamer lakukan untuk bisa masuk ke pengaturan emulator adalah dengan menggunakan keyboard USB.

Ada 36 Judul Gim Rahasia di Dalam Konsol

Dengan mudahnya konsol ini diretas, jelas PlayStation Classic memiliki masalah besar dalam keamanannya.

Beberapa hacker juga sebelumnya mampu melhat source code di dalam konsol, dan menemukan ada 36 judul gim yang perusahaan uji untuk konsol tersebut.

Adapun 36 judul gim yang batal meluncur di dalam konsol, termasuk Crash Bandicoot, Toy Story 2, Gran Turismo, Harry Potter and the Philosopher’s Stone, dan sejumlah judul gim kenamaan lainnya.

Sayang, hanya sedikit dari judul gim tersebut yang masuk ke dalam daftar 20 gim di PlayStation Classic.

Informasi, PlayStation Classic saat ini sudah tersedia di pasaran dengan banderol harga Rp 1,8 jutaan.

Sumber: https://www.ram.co.id/

You might be interested in …

Proyek ContentsDeal menempatkan hak cipta di blockchain

Proyek ContentsDeal menempatkan hak cipta di blockchain

Teknologi

Proyek ContentsDeal menempatkan hak cipta di blockchain   Internetnya cukup bagus. Ini memberi kita hal-hal seperti YouTube, Facebook, Instagram, Reddit, dan Tumblr. Bagi orang-orang kreatif di antara kita, ada banyak kesempatan untuk mendistribusikan, berbagi, dan mendapatkan umpan balik tentang kreasi Anda. Yang mengatakan, di bawah permukaan, platform ini sering mengharuskan pengguna untuk mendaftar ke syarat […]

Read More
Perdagangan NYSE dan IPO tidak akan berhenti melalui COVID-19 kata wakil ketua

Perdagangan NYSE dan IPO tidak akan berhenti melalui COVID-19 kata wakil ketua

Teknologi

Perdagangan NYSE dan IPO tidak akan berhenti melalui COVID-19 kata wakil ketua   Perdagangan dan IPO di Bursa Efek New York akan berlanjut melalui segala guncangan ekonomi yang dapat ditimbulkan oleh krisis COVID-19. Itu menurut wakil ketua NYSE, John Tuttle , yang berbicara kepada TechCrunch tentang kesinambungan bisnis dan bagaimana pandemi coronavirus dapat berdampak pada […]

Read More

Pemerintah siapkan satelit multifungsi

Teknologi

Pemerintah siapkan satelit multifungsi Pemerintah Indonesia berencana akan meluncurkan satelit multifungsi untuk mendukung penggunaan teknologi internet berkecepatan tinggi, high throughput satellite (HTS), pada 2022 mendatang. Direktur Utama Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI), Kementerian Komunikasi dan Informatika, Anang Latif menjelaskan satelit digunakan untuk menjangkau sekitar 150.000 titik di Indonesia yang tidak terjangkau kabel serat optik. […]

Read More